Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Kegiatan Wirausaha Dengan Langkah Sederhana Namun Anti Gagal

Daftar Isi [Tampil]

Memulai Kegiatan Wirausaha Dengan Langkah Sederhana Namun Anti Gagal - Menjalankan sebuah bisnis sendiri tentu memberikan banyak pengalaman dan kesenangan tersendiri dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan atau pegawai. Tetapi tidak berhenti sampai di situ, untuk bisa memiliki sebuah usaha yang berhasil dan menyenangkan banyak hal yang harus dilakukan dan dikerjakan, dan hal-hal inilah yang sering kali menyebabkan stres wirausaha atau tekanan. Alih-alih sukses yang ada malah boncos.

Bagaimana memulai kegiatan wirausaha yang tepat?. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “ Jika anda ingin lebih berhasil dibanding orang lain, anda harus bekerja lebih keras dibanding orang tersebut “. Namun, inilah yang sering kali malah menjadi masalah bagi para wirausahawan, mereka bekerja terlalu keras dan terlalu lama.

Memulai Kegiatan Wirausaha Dengan Langkah Sederhana Namun Anti Gagal


Akibatnya tingkat stres wirausaha yang diberikan akan berbeda dari menjalankan bisnis dengan bekerja meskipun dalam seminggu sama-sama menghabiskan waktu +- 40 jam. Tingkat stres wirausaha tersebut akan semakin meningkat jika ditambah dengan beban dan tanggung jawab dalam keluarga. Karena itulah tingkat stres akan lebih rawan melanda seorang ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai wirausaha.

Faktor lain penyumbang kegagalan melangkah adalah persoalan keuangan atau modal. Sebagian besar dari para wirausaha dalam urusan modal sering kali mengandalkan pinjaman dari pihak ketiga baik itu lembaga keuangan seperti bank maupun perseorangan. Kondisi ini tentu saja memberikan tambahan beban pikiran mengingat setiap jangka waktu tertentu harus menyediakan uang untuk membayar angsuran pinjaman tersebut.

Bagaimana mengatur keseimbangan keuangan itulah yang seringkali juga menambah beban stres wirausaha bagi pe wirausaha. Selain itu kondisi dunia usaha yang penuh persaingan juga menjadi faktor bagi bertambahnya tingkat stres. Sebagai pe wirausaha, seseorang dituntut untuk dapat mengambil keputusan dan tindakan dengan cepat dan tepat. Sebab keterlambatan dalam memutuskan dan mengambil suatu tindakan sama saja melepas peluang atau kesempatan dalam dunia wirausaha.

Namun, memulai kegiatan wirausaha dengan tepat tidak hanya akan mengatasi stres wirausaha dalam berwirausaha, namun juga mampu mendatangkan kesuksesan. Lagipula sebagai seorang wirausaha, sebenarnya tidak ada alasan untuk menyerah dalam ber wirausaha.

Beberapa tips berikut dapat dilakukan memulai kegiatan wirausaha dengan langkah sederhana namun sangat efektif, sehingga kegiatan ber wirausaha akan tetap menjadi kegiatan yang menyenangkan meski tentu saja masih ada beban dan tekanan didalamnya ;

Beberapa Langkah Penting Dalam Memulai Kegiatan Wirausaha

Mulai dari meja kerja. Banyak wirausaha yang tidak menyadari bahwa stres wirausaha dapat muncul dari kondisi meja kerja yang kotor dan tidak rapi. Jadi selalu memastikan meja kerja dalam keadaan bersih dan rapi akan sangat membantu dalam mengurangi stres. Di samping itu kondisi bersih dan rapi tersebut akan membantu seseorang untuk dapat berpikir lebih tenang dan jernih, sehingga membantu dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Bekerja secara teratur. Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus bukanlah suatu hal yang baik. Jika ada beberapa pekerjaan yang haru diselesaikan, akan lebih baik jika pekerjaan tersebut diselesaikan satu-persatu. Selain dapat memberikan kualitas hasil pekerjaan yang lebih baik, metode tersebut juga dapat membantu mengurangi tingkat stres wirausaha karena beban pikiran yang tidak menumpuk dalam waktu bersamaan.

Melipatgandakan diri. Maksudnya adalah dengan menyewa atau mempekerjakan orang lain untuk membantu penyelesaian pekerjaan. Salah satu ciri dan syarat sebagai pewirausaha yang sukses adalah mengetahui kapan saatnya dia membutuhkan bantuan dan mampu menemukan orang yang tepat untuk membantunya. Dalam dunia wirausaha dikenal istilah “ dua kepala lebih baik dari satu kepala “.

Membuat rencana pekerjaan. Membuat schedule pekerjaan yang akan dikerjakan akan membantu seorang pe wirausaha lebih fokus dalam pekerjaan. Jadwal pekerjaan tersebut juga akan membantu menghindarkan pe wirausaha dari melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Sebagian besar stres pe wirausaha juga berasal dari tidak teraturnya waktu bekerja sebagai akibat tidak adanya jadwal pekerjaan yang terencana dengan baik.

Membagi pekerjaan. Seperti pada poin “ melipatgandakan diri “, dengan membagi pekerjaan kepada orang yang tepat akan membantu seorang pe wirausaha untuk dapat memikirkan hal penting lainnya dalam kegiatan wirausahanya. Selain itu dengan mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat akan menghasilkan kualitas pekerjaan yang lebih baik.

Terus belajar. Seiring dengan perkembangan dunia wirausaha yang dinamis. Naik turun dalam wirausaha adalah hal yang lumrah dan biasa. Seorang pe wirausaha harus terus belajar dalam setiap kondisi yang ia hadapi. Sehingga ketika pada lain waktu menghadapi situasi dan kondisi yang sama, seorang pe wirausaha dapat menghindarkan dirinya dari melakukan kesalahan yang sama. Pengalaman juga membantu pe wirausaha menjadi lebih tenang dalam mengambil keputusan.

 

Terakhir…mengambil waktu untuk relaksasi. Bekerja terlaku lama dan terlalu berat tidak akan membawa kebaikan bagi siapa pun. Seorang pe wirausaha harus berani mengambil jeda waktu untuk mengistirahatkan pikiran, mengosongkan pikiran dan membuang semua kekhawatiran yang belum terjadi dalam ber wirausaha. Dengan melakukan hal tersebut, seorang pe wirausaha akan mampu kembali ke pekerjaannya dalam kondisi lebih segar dan bersemangat.

Itulah beberapa tips memulai kegiatan dalam wirausaha yang bisa dibuat pegangan sehari hari (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Memulai Kegiatan Wirausaha Dengan Langkah Sederhana Namun Anti Gagal"