Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Pakaian Bekas

Daftar Isi [Tampil]

 

Tips Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Pakaian Bekas

Tips Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Pakaian Bekas - Di Amerika Serikat ada 11,3 Milyar Kg pakaian bekas terbuang percuma tiap tahunnya. Angka sangat fantastis bahkan melebihi jumlah total pakaian bekas yang ada di seluruh dunia. Masyarakat Amerika serikat memang memiliki tingkat konsumerisme yang tinggi. Terutama saat produk-produk fashion baru diluncurkan. Alhasil banyak sekali pakaian lama yang sebenarnya masih bagus, ditinggalkan oleh pemiliknya karena sudah memiliki yang baru.

Kebiasaan ini tentunya merupakan hal buruk yang sebaiknya dihindari. Kita bisa berkontribusi untuk mengurangi jumlah sampah di dunia, salah satunya dengan membeli pakaian bekas. Selain itu harga pakaian bekas juga lebih ekonomis.

Berikut ini adalah tips yang perlu diketahui saat membeli pakaian bekas berkualitas.

 

Beli Pakaian Bekas dari Brand Berkualitas

Tidak ada salahnya untuk melirik pakaian bekas dari brand ternama, terlebih bila kita menginginkannya namun memiliki uang yang terbatas. Meskipun bukan barang baru tapi kualitas yang dimiliki sebuah brand ternama bisa menjamin keawetan dari baju bekas.

Biasanya pakaian bekas bisa ditemukan di thrift shop. Tentunya kita bisa mendapatkannya dengan harga lebih terjangkau dari harga pakaian baru. Dengan membeli pakaian bekas, kita sudah membantu pengurangan sampah.

 

Teliti Kondisi Pakaian Bekas

Tentunya langkah pengecekan tidak boleh dilewatkan saat membeli pakaian bekas. Lihat kondisi baju apakah ada lubang atau tidak, apakah ukuran bajunya pas dan sebagainya. Sering kali kita tertarik dengan pakaian karena bentuknya yang menarik namun sering lupa melihat kondisi bajunya.

Baju bekas yang masih bagus bisa terlihat dari kondisi kainnya yang masih halus, lapisannya tidak berlubang, tidak kaku dan resleting masih bisa digunakan.

 

Abaikan kelemahan baju bekas yang masih bisa diperbaiki

Tentu memilih baju bekas memang ada kelemahannya terutama pada kondisi kain tidak sebagus baju baru. Tapi untuk kelemahan minor tidak apa-apa asalkan tidak terlalu mengganggu fungsi utamanya. Jika jago menjahit tak ada salahnya membeli baju bekas dan perbaiki sisi yang kurang seperti menambal bagian baju yang berlubang atau memperbaiki resleting yang tidak bisa berjalan.

Intinya bila menemukan baju bekas favorit namun ada kelemahan minor, kita tetap bisa membelinya dan pastikan juga harga yang dipatok dari penjual tidak terlalu mahal, mengingat tujuan utama membeli pakaian bekas adalah untuk menghemat.

 

Beli pakaian yang belum dipunyai

Sebagai langkah efisiensi, baiknya belilah pakaian yang belum pernah dimiliki. Agar tidak lupa juga bisa membuat list pakaian bekas yang ingin dibeli seperti: Jeans, Kaos dan yang lainnya. Kita tinggal fokus mencari pakaian yang ada di list.

Mencatat list juga melatih kedisiplinan agar kita tidak berlebihan dalam membeli barang. Membeli pakaian bekas yang dibutuhkan tentu merupakan langkah pintar dalam menghemat pengeluaran.

 

Cuci Pakaian

Tips terakhir saat membeli pakaian bekas adalah mencucinya sebelum dipakai. Pastikan baju bekas dalam keadaan bersih dan wangi agar tidak menjadi tempat tinggal bakteri/ virus mematikan. Baju bekas yang dicuci juga akan membuat penampilannya seperti baru.

 

Demikianlah beberapa tips yang perlu diketahui saat membeli pakaian bekas berkualitas. Semoga bermanfaat. Bergaya juga bisa dengan keuangan yang hemat (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Tips Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Pakaian Bekas"