Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Usaha Bisnis Toko Pertanian dan Peluang Keuntungannya

Daftar Isi [Tampil]

Ide Usaha Bisnis Toko Pertanian dan Peluang Keuntungannya


Rekomendasi Usaha Toko Pertanian apakah Menggiurkan ?

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya berprofesi petani. Tanahnya yang luas dan subur hingga tongkat kayu pun jadi tanaman. Alangkah makmurnya bangsa ini jikalau mampu memaksimalkan segala potensi di bidang pertanian. Banyak yang malu untuk mencoba Ide usaha bisnis toko Pertanian. Alasannya macam-macam.

Baca juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Termudah

Ada yang menganggap usaha ini tidak memiliki prospek yang jelas, tidak memiliki penghasilan sebesar pengacara, ahli tambang dan sebagainya. Padahal Usaha Bisnis Toko Pertanian memiliki pangsa pasar yang jelas. Jelas dibutuhkan para petani. Mereka butuh bibit tanaman, pupuk, alat pertanian dan obat hama. 

Bayangkan bila petani susah mendapatkan kebutuhannya ? Siapa yang akan menyediakan beras, sayuran. Maka dari itu, bila anda memiliki hasrat dibidang agribisnis, kami sarankan untuk membuka Usaha Toko Pertanian. 

Berikut ini adalah uraian lengkapnya:

Tentukan Target Pasar

Setiap bisnis itu harus ada target pasarnya termasuk memulai usaha toko Pertanian. Bidang ini bakalan laris kalau di sekitar tempat kita memang mayoritas lahannya untuk sawah, ada banyak petaninya. Kita bisa data dulu berapa jumlah petani yang ada. Peralatan apa yang dibutuhkan mereka karena bidang pertanian itu spesifik. Petani padi dan petani palawija punya kebutuhan masing-masing. 

Belum lagi dengan perubahan musim dan resiko hama. Petani butuh yang namanya pupuk baik kompos, kandang atau organik. Mereka juga butuh anti hama agar tumbuhan mereka terjaga. Mengetahui target pasar menjadi modal penting dalam usaha apapun. Buatlah toko yang mampu menyediakan apa yang dibutuhkan petani.


Pilihlah Produk Yang Di Jual

Setelah memiliki informasi mengenai target pasar, kita bisa mulai merencanakan produk apa yang di jual. Toko Pertanian yang bagus bisa menyelesaikan segala kebutuhan petani secara lengkap. Mulai dari bibit tanaman, pupuk, media tanam, peralatan berkebun, supplement dan yang lainnya.

Agar lebih menarik bisa membuat program semacam membership, nantinya kita bisa memberikan diskon, penawaran khusus seperti itu. Penting untuk membuat usaha bisnis toko pertanian ini menarik dibanding kompetitor.

Baca juga: Manfaat PDF untuk Keberhasilan Bisnis


Pilihlah Supplier Yang Bagus

Untuk yang pertama kali membuka bisnis toko pertanian harus mencari supplier dulu. Tentunya kita harus mencari yang menawarkan harga khusus untuk reseller.. karena keuntungan kita nanti berasal dari selisih harga. Carilah supplier yang menyediakan barang lengkap dan mempunyai dukungan terhadap komplain. Mengingat persaingan dalam toko pertanian itu sangat ketat. Kita juga harus belajar mengetahui seluk-beluk informasi produk, dan update mengenai berita Pertanian.

Untuk fase awal, fokus untuk memperkenalkan nama toko, bisa dimulai dengan memberikan harga produk yang terjangkau. Nantinya secara perlahan, kita bisa memasang harga yang lebih tinggi lagi agar keuntungannya berlipat.

Supplier Toko pertanian ada banyak seperti: Cahayatani.id, petrokayaku.com dan tanismart.com


Pilihlah Lokasi Strategis

Lokasi terbaik untuk toko pertanian adalah daerah dengan industri agribisnis. Jangan menyepelekan masalah ini, kita perlu memastikan bisnis toko pertanian dilihat banyak orang dan menarik untuk dikunjungi. Bila diperhatikan lakukan dekorasi, taruh barang sesuai dengan kategorinya. Sediakanlah etalase agar memudahkan pelanggan memilih barang. Agar lebih jelas setiap unit barang juga perlu ditambahkan nametag.


Beri Layanan Maksimal

Bila toko pertanian kita sudah memiliki produk lengkap, aspek yang perlu sempurnakan adalah pelayanan. Sambut calon pembeli dengan senyuman dan keramahan. Kita bukan hanya penjual saja namun kita juga punya kewajiban untuk memberikan informasi dan memberikan solusi jika pelanggan membutuhkan.