Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Bisnis Tahan Saat Krisis

Daftar Isi [Tampil]

Tips Membuat Bisnis Tahan Saat Krisis


Tips Membuat Bisnis Tahan Saat Krisis - Berjuang mempertahankan bisnis saat pandemi covid 19 belum mereda adalah tantangan yang harus sebisa mungkin ditaklukkan. Banyak bisnis ambruk karena wabah yang tidak hanya menyerang kesehatan juga menyerang sisi ekonomi.

 

Banyak sektor-sektor usaha yang tak lagi mampu mempertahankan labanya dan akhirnya bangkrut karena berbagai aturan pembatasan yang dilakukan untuk menghentikan penyebaran covid 19.

 

Kebutuhan terus berjalan tapi tak dibarengi dengan pemasukannya yang tak lagi cukup menopang jalanya usaha. Lalu kiat-kiat tips seperti apa yang harus dilakukan untuk membuat bisnis tahan saat masuk fase krisis ? Simak ulasan kami di bawah ini.

 

Mengoptimalkan Inovasi Karyawan

 

Untuk mempertahankan bisnis di masa Pandemi, maksimalkan segala sumber daya yang ada terutama pada karyawan-karyawan terbaik yang rajin memberikan inovasi. Aset-aset SDM seperti manajer program hingga direktur proyek harus lebih diperhatikan lagi, bila dirasa tak memiliki cukup andil segera lakukan evaluasi.

 

Lirik juga karyawan yang berasal dari perusahaan kompetitor yang mungkin menghadapi risiko PHK atau mendapatkan Gaji yang kecil. Cari calon karyawan potensial yang bisa diharapkan inovasinya untuk memajukan perusahaan.

 

Riset apa yang dibutuhkan pasar dan beri inovasi

 

Pelanggan adalah objek dari bisnis kita, jadi sangat penting untuk memahami suara pelanggan dan mencari tahu barang apa yang dibutuhkannya. Perilaku pelanggan bisa menjadi indikator yang akan menjelaskan secara gamblang tentang situasi pasar. Untuk bertahan dari krisis lakukan pendekatan yang langsung bisa menjawab kebutuhan pelanggan. Misal sekarang ini banyak orang membutuhkan Masker, nah kita bisa masuk pada industri itu, apa menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan kesehatan.

 

Senjata lainnya adalah inovasi, sebuah produk akan bertahan lama bila memiliki keunggulan dan perbedaan dari kompetitornya.

 

Berani Ambil Resiko dan Belajar dari Kesalahan

 

Mau tidak mau seorang pengusaha harus menunjukkan kepemimpinannya untuk mengambil resiko. Dengan situasi Pandemi yang tak terprediksi dan untuk melakukan langkah penyelamatan untuk perusahaan. Perlu keputusan yang cepat dan tepat. Dan keberanian itu seharusnya diambil dengan segala resiko yang ada.

 

"Ketidakpastian" adalah hak yang sangat dominan terasa saat bisnis mengalami krisis. Bisnis yang sebelumnya jaya kini berada dititik nadir yang paling rendah. Kecewa sangat wajar, tapi tunjukkan bahwa kita adalah pemenang, mental kita lebih kuat dari pada rasa menyerah kita.

 

Pandemi memaksa bisnis pada situasi yang tak diharapkan, dan mental, pengalaman dan kepemimpinan kita akan di uji. Resiko memang tidak sepenuhnya aman, tapi pada waktu tertentu kita harus berani mengambilnya dan nantinya ini bisa jadi pelajaran kita di masa yang akan datang.

 

Demikianlah beberapa tips dari kami untuk membuat bisnis tahan saat krisis. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Bisnis Tahan Saat Krisis"