Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ETIKA PROFESI AKUNTANSI IFAC (IFAC Code of Ethics)

Daftar Isi [Tampil]

ETIKA PROFESI AKUNTANSI ICA (IFAC Code of Ethics)


ETIKA PROFESI AKUNTANSI IFAC (IFAC Code of Ethics) - Etika profesi akuntansi sudah diatur dalam ikatan/ asosiasi dan undang-undang. Organisasi global untuk profesi akuntansi disebut IFAC (International Federation of Accountans). Misi dari IFAC sendiri adalah membangun dan meningkatkan profesi akuntansi di segala bidang selaras dengan standar, tinggi secara konsisten bagi kepentingan publik. Dalam pencapaian misi tersebut, IFAC membentuk sebuah komite etika IFAC.

Selain IFAC di Indonesia ada beberapa Ikatan/ asosiasi yakni IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), IAPI (Institut Akuntan Pablik Indonesia), IAMI (Institut Akuntan Manajemen Indonesia), IAI KASP (IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik).

Kali ini kita akan membahas Etika Profesi Akuntansi IFAC (IFAC Code of Ethics) terlebih dahulu.

 

ETIKA PROFESI AKUNTANSI IFAC (IFAC Code of Ethics)

IFAC berkomitmen untuk melindungi kepentingan umum dengan mengembangkan standar internasional menjadi berkualitas tinggi, mempromosikan nilai-nilai etika secara intensif, mendorong pembangunan di segala bidang profesi di seluruh dunia. Karena IFAC (International Federation of Accountans) merupakan organisasi global untuk profesi akuntansi.

Misi dari IFAC sendiri adalah membangun dan meningkatkan profesi akuntansi di segala bidang selaras dengan standar, tinggi secara konsisten bagi kepentingan publik. Dalam pencapaian misi tersebut, IFAC membentuk sebuah komite etika IFAC, untuk menciptakan dan menerbitkan dengan kewenangan standar-standar etika berkualitas tinggi dan pernyataan-pernyataan lainnya bagi profesi akuntan untuk digunakan di seluruh dunia.

Kode etik ini menempatkan persyaratan etika bagi profesi akuntan. Seorang anggota dari IFAC mungkin menerapkan standar-standar ini kurang ketat sebagaimana yang dimaksudkan dalam kode etik ini. Jika akuntan dilarang untuk mematuhi beberapa bagian dari kode etika ini oleh hukum atau peraturan, maka untuk bagian selain yang dilarang harus dipatuhi secara keseluruhan.

Beberapa wilayah hukum mungkin mempunyai persyaratan yang berbeda-beda terhadap kode etik ini. Profesi akuntan harus memperhatikan perbedaan- perbedaan ini dan mematuhi secara ketat persyaratan-persyaratan kode etik ini, kecuali yang dilarang oleh undang-undang atau hukum yang berlaku di masing-masing wilayah.

 

Buku Digital Etika Profesi Akuntansi

Untuk informasi lebih lengkap dan detail tentang etika profesi akuntansi IFAC (IFAC Code of Ethics), Anda bisa membaca buku digital yang sudah kami siapkan di bawah ini:

 

Link Buku

 

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami sampaikan tentang etika profesi akuntansi IFAC (IFAC Code of Ethics). Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "ETIKA PROFESI AKUNTANSI IFAC (IFAC Code of Ethics)"