Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Rumput Sintetis Sebagai Komponen Penting Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Daftar Isi [Tampil]

 

Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Harga Rumput Sintetis Sebagai Komponen Penting Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer – Apa itu mini soccer? Mengapa bisnis penyewaan lapangan mini soccer bakal menjanjikan? serta bagaimana menentukan dan memperhatikan hal-hal penting dalam menyediakan lapangan mini soccer? Temukan jawabannya di artikel ini.

Sebelum membahas tentang prospek bisnis penyewaan lapangan mini soccer, kita mulai dulu dengan apa itu mini soccer? Mungkin banyak orang yang menyamakan mini soccer dengan futsal, keduanya adalah sama dan hanya beda penyebutan nama.

Pandangan ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, juga tentu saja tidak sepenuhnya benar. Oke deh, kita lihat apa saja perbedaan dan persamaannya.

Kita mulai dengan persamaannya dulu ya. Apa saja itu? Inilah beberapa persamaan antara mini soccer dengan futsal.

  • Tidak ada offside. Keduanya tidak menggunakan aturan offside. Jadi tidak seperti sepak bola konvensional.
  • Waktu pertandingan. Untuk waktu pertandingan futsal dan mini soccer normalnya adalah 20 menit setiap babak. Namun, juga bisa dimainkan dengan waktu 15 menit.
  • Pergantian pemain. Kedua olahraga ini sama-sama memungkinkan untuk melakukan pergantian pemain secara bebas, tetapi tetap atas seizin wasit, bahkan saat pertandingan berlangsung, tidak menunggu bola mati.

Lalu apa saja perbedaannya? Perbedaan antara mini soccer dengan futsal diantaranya adalah:

  • Jumlah pemain. Jumlah pemain dalam tim futsal adalah 5 orang dengan 4 orang sebagai penyerang dan 1 orang penjaga gawang. Sedangkan jumlah pemain dalam mini soccer adalah 7 atau 9 orang termasuk penjaga gawang.
  • Lemparan ke dalam. Aturan lemparan ke dalam di mini soccer mirip seperti sepak bola, jika bola keluar lapangan harus dilempar dengan tangan, sementara aturan di futsal harus ditendang.
  • Ukuran bola. Ukuran bola futsal adalah bola ukuran nomor 4 dengan berat mencapai 400-440 gram. Sedangkan ukuran bola pada mini soccer adalah bola ukuran nomor 5 dengan berat antara 410-450 gram.
  • Ukuran lapangan. Ukuran lapangan futsal standard nasional adalah minimal 25 x 15 m dan maksimal adalah 42 x 25 m. Sedangkan ukuran lapangan standar nasional mini soccer adalah 50 x 20 m = 1000m2 dan boleh 50 x 30 m = 1500m2 dan standar internasionalnya adalah 57 x 38 m = 2166m2.
  • Jenis Lapangan. Bila futsal dimainkan di lapangan berbahan vinyl (karet), parquette (kayu), karpet plastik, hingga rumput sintetis. Untuk lapangan mini soccer sama seperti sepak bola, yaitu dimainkan di lapangan dengan rumput asli atau rumput sintetis.

Harga Rumput Sintetis


Penggunaan rumput sintetis

Nah, di dua poin terakhir ini sangat terkait dengan ukuran dan jenis lapangan yang harus kita sediakan agar lapangan yang kita sewakan sesuai dengan standar nasional. Percuma dong, bila kita bangun lapangan tanpa memperhatikan dua poin utama tersebut. Jangan sampai kita mengeluarkan biaya yang banyak namun tidak dapat digunakan untuk menarik penghasilan dengan maksimal.

Poin terpenting setelah luas lapangan adalah penggunaan jenis rumput karena ini adalah salah satu komponen penting biaya pembuatan lapangan mini soccer. Biasanya yang paling banyak digunakan adalah rumput sintetis. Mengapa? ya karena secara ekonomis jauh lebih murah, terutama untuk biaya perawatan dan bisa digunakan dengan volume pemakaian yang tinggi.

Harga rumput sintetis sudah cukup ekonomis kok, banyak yang menyediakan dengan harga yang kompetitif. Harga per meter dari rumput sintetis ini berkisar mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 400.000 sudah termasuk pemasangan.

Tips dari kami sebelum mengambil keputusan pembelian rumput sintetis adalah selalu melihat dan mencari tahu performa rumput sintetis tersebut secara langsung. Banyak kok penjual sampai jasa pemasangan yang menyediakan contoh yang sudah digunakan. Maka ada baiknya Anda melihat dan mencoba langsung lapangan tersebut.

 

Perkembangan mini soccer

Bisnis penyewaan lapangan mini soccer ini masih cukup menjanjikan, terutama untuk daerah perkotaan. Perkembangan mini soccer ini semakin hari semakin cepat saja. Salah satu penyebabnya adalah kemiripan karakter permainan yang cenderung lebih mirip dengan sepak bola. Berbeda dengan futsal yang sudah punya gaya dan karakter tersendiri.

Pemain mini soccer relatif lebih mudah beradaptasi dengan permainan sepak bola dan begitu pula sebaliknya. Hal ini yang menjadi poin pembeda dengan futsal.

 

Bisnis penyewaan lapangan

Melihat perkembangan olah raga mini soccer ini, maka peluang bisnis penyewaan lapangan ini masih terbuka lebar. Sebab masih belum banyak yang menyediakan lapangan sesuai dengan standar nasional, apalagi internasional.

Pandemi covid-19 ini juga membuat olah raga mini semakin banyak penggemarnya, karena tidak melibatkan banyak orang serta lebih terkontrol dalam menjalankan protokol kesehatan.

Akhir kata, semoga sedikit informasi dari kami ini bisa bermanfaat dan salam sukses selalu. Selamat berbisnis dengan sehat (bisnisan.id).

Berlangganan via Email