Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Bisnis Editing Video Agar Sukses

Daftar Isi [Tampil]

 

cara mudah bisnis editing video

Cara Mudah Bisnis Editing Video Agar Sukses - Salah satu jenis bisnis yang cukup seksi dan bisa menjadi ladang basah adalah bisnis editing video. Bisnis satu ini terbilang mempunyai prospek yang sangat bagus ke depan. Hal ini seiring dengan berubahnya media pemasaran, dan juga banyaknya orang-orang yang ingin menjadi content creator, tapi tidak bisa melakukan editing video sendirian.

Sebagian besar para youtuber yang kamu kenal itu, mereka mempunyai editing videonya masing-masing loh. Sehingga, ketika menyaksikan video Si A dengan si B, kamu akan menemukan adanya perbedaan-perbedaan dari segi editing videonya. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis bagi kamu. Jadi, kalau kamu merasa mempunyai skill dan juga kemampuan di bidang editing video ini, akan lebih baik jika kamu menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Berikut ini adalah cara mudah bisnis editing video yang bisa kamu lakukan.

Menyiapkan Alat

Cara mudah bisnis editing video yang pertama adalah menyiapkan alat dan juga software editing videonya. Sebelum benar-benar memulai bisnis editing video ini, kamu harus menyiapkan media dan juga alat ataupun software yang akan kamu gunakan. Untuk memulai bisnis ini, kamu harus benar-benar memperhatikan software yang kamu gunakan ya, usahakan untuk tidak tidak ngasal atau memaksakan diri ketika memilih software editing video.

Karena jika kamu terlalu memilih software editing yang cukup canggih, memaksakan diri menggunakannya, sementara kondisi laptop kamu tidak memadai, maka hal ini malah berimbas kepada laptop kamu yang akan rusak. Sehingga, kamu tidak bisa memulai bisnis ini secepatnya. Maka, kamu harus benar-benar mempertimbangkan adanya keseimbangan antara software yang kamu gunakan dengan laptop yang kamu miliki.

Hal ini sangat perlu untuk kamu pertimbangkan dengan matang ya, jika memang laptop kamu spesifikasinya masih rendah, maka alangkah baiknya jika menggunakan software yang memang cocok untuk laptop kamu. Dan pada umumnya, software yang sering digunakan oleh para pebisnis editing video adalah Adobe Premiere Pro.

Apalagi nih, biasanya software yang sudah sangat canggih tentu mengharuskan kamu untuk membayar sejumlah uang langganan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membeli lisensinya. Dan pada umumnya, harga yang ditawarkan oleh para pemilik software terbilang cukup besar. Maka, dengan laptop kamu yang biasa saja, kamu bisa memulai bisnis ini dengan memilih software editing video yang sifatnya gratis ataupun freeware ya.

Meskipun termasuk software gratis, namun kualitas video yang dihasilkan juga tetap gak bakalan kalah jauh dengan software yang mengharuskan kamu membayar. Dan hal ini tentu terkait dengan keahlian kamu menggunakan software tersebut. Jika kamu tidak mempunyai laptop, maka  tenang saja, kamu tetap bisa menjalankan bisnis editing video ini dengan memanfaatkan ponsel yang kamu miliki kok. Sampai saat ini, sudah banyak banget loh software editing video yang bisa didownload ke ponsel kamu, contohnya adalah Kinemaster dan Filmora.

Karena canggihnya ponsel masa kini, maka bisnis editing video memang nggak harus melulu menggunakan laptop ataupun komputer ya, meskipun jika ditanya soal kenyamanan, tentu akan lebih nyaman menggunakan laptop, karena layarnya lebih lebar.

Sementara ponsel layarnya terbatas. Tapi kini, para vendor ponsel sudah mulai mengembangkan layar ponsel kok, sehingga ukurannya sudah jauh lebih besar.

Oh ya, ini adalah langkah awal sebagai pebisnis editing video pemula ya. Untuk kelas profesional yang kamu bisa targetkan dalam jangka panjang ya harus pakai setidaknya Adobe Premiere Pro, After Effect dst. Sambil mengumpulkan modal untuk membangun PC dengan spesifikasi yang mumpuni.

Memperluas Pengetahuan

Cara yang kedua adalah dengan memperluas pengetahuan kamu sekitar editing video. Hingga kini, ada banyak sekali model ataupun ragam editing video yang bisa kamu temukan. Maka, alangkah baiknya jika kamu terus mengupgrade pengetahuan kamu seputar teknik-teknik editing video, seperti menyambungkan potongan-potongan video, foto-foto, dan lain sebagainya. Hal ini berguna untuk membuat intro sebuah video.

Untuk pengetahuan seputar editing ini sendiri, bisa kamu lakukan dengan mencarinya di berbagai media, seperti di youtube dan Google. Saat ini, sudah banyak banget kok pembelajaran terkait editing video yang bisa kamu pelajari. Namun, alangkah lebih baiknya jika memang kamu mempunyai dana yang cukup, kamu bisa mempelajari editing video ini kepada yang ahlinya secara langsung.

Karena memang, hasil dari belajar editing video dengan yang ahli akan lebih maksimal ketimbang kamu hanya belajar dengan memanfaatkan internet sendirian. Selain memperhatikan teknik-teknik dalam mengedit video, dan jenis-jenis pengeditannya, kamu juga harus benar-benar mempelajari dengan baik terkait karakteristik kategori di tiap video.

Nah, hal yang harus kamu tahu adalah, bahwasanya setiap jenis video tentu membutuhkan karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari konten hiburan, konten pendidikan, konten tutorial, dan lain sebagainya. Dan biasanya, ketika kamu mengedit video tidak sesuai dengan karakter videonya akan membuat hasil video kamu menjadi terkesan ‘tidak nyambung’ dan para penonton pasti akan memikir ulang ketika akan nonton video editan kamu.

Membuat Portofolio

Cara mudah bisnis editing video selanjutnya adalah dengan membuat portofolio dan dokumentasi. Bisnis satu ini bisa kamu jalankan hanya dengan dari rumah saja, atau bahkan di manapun. Selain itu, bisnis editing video ini juga bisa dilakoni siapapun. Modal yang dibutuhkanpun cukup sedikit. Cukup miliki saja ponsel, computer, laptop, dan sejenisnya.

Nah, karena memang benar-benar tidak membutuhkan modal yang besar dan sangat mudah untuk dilakukan, tak heran jika kemudian ada banyak sekali orang-orang yang ingin memulai bisnis editing video ini. Akan tetapi, saya sarankan, jika kamu belum mempunyai skill mengedit video, alangkah baiknya jika kamu belajar terlebih dahulu. Asah dulu kemampuan editing video kamu.

cara mudah bisnis video


Hal ini berguna sekali, karena dengan mempunyai skill yang benar-benar matang, kamu akan mendapatkan klien yang juga totalitas dalam memberikan pembayaran. Untuk mendapatkan pelanggan, maka kamu bisa membuat portofolio dan juga dokumentasi terlebih dahulu. Dengan melihat portofolio dan dokumentasi yang kamu miliki, para calon klien biasanya akan melakukan pertimbangan terlebih dahulu, apakah nantinya akan benar-benar menggunakan jasa bisnis editing video kamu atau malah tidak sama sekali.

Untuk waktu terbaik membuat portofolio dan dokumentasi kamu adalah saat ini. Jika memang kamu sudah merasa mempunyai skill yang bagus, maka kamu bisa mulai membuat portofolio.

Jika kamu belum juga mempunyai keahlian ini, ada baiknya jika kamu belajar terlebih dahulu. Belajarlah dengan matang, pelajari dengan dalam dan maksimal, agar nanti hasil editing video kamu juga sempurna.

Iklan atau Promosi

Cara mudah yang selanjutnya adalah dengan melakukan iklan dan juga promosi. Cara ini jelas ya, karena yang namanya bisnis pasti selalu membutuhkan promosi dan juga iklan. Kamu bisa mencoba untuk melakukan promosi ke berbagai media sosial. Ketika melakukan promosi, saya sarankan untuk menggunakan media sosial Instagram terlebih dahulu. Nah, ketika kamu melakukan promosi, jangan lupa untuk selalu menyertakan # alias tagar di bagian caption yang kamu buat.

Demikian cara mudah bisnis editing video yang bisa kamu lakukan. Mulai belajar dari sekarang, perdalam skill kamu, dan jangan lupa untuk selalu melakukan promosi. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Bisnis Editing Video Agar Sukses"

Berlangganan via Email