Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sembilan Kiat Sukses Usaha Laundry Rumahan

Daftar Isi [Tampil]

 

Sembilan kiat sukses usaha laundry

Sembilan Kiat Sukses Usaha Laundry Rumahan - Kebutuhan masyarakat masa kini kian bertambah. Hal ini kemudian menuntut semua orang untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Dan kebutuhan demi kebutuhan kadang higga membuat banyak orang tidak lagi memiliki waktu untuk mengerjakan berbagai pekerjaan runah, salah satunya adalah mencuci pakaian. Kegiatan satu ini memang terbilang cukup memakan waktu. Nah, untuk menjawab permasalahan tersebut, mulai ramailah bisnis laundry di Indonesia. Saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali usaha laundry yang beredar di setiap daerah, dan tampaknya akan terus menjamur. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis satu ini tergolong jenis bisnis yang menguntungkan dan memiliki prospek yang jelas.

Prospek Bisnis Laundry

Dari waktu ke waktu, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini. Hal ini seiring dengan perkembangan populasi manusia di Indonesia. Bertambahnya populasi penduduk di Indonesia telah membuat kebutuhan akan pakaian bersih terus bertambah. Dan sampai detik ini, banyak sekali masyarakat yang menggunakan dan membutuhkan laundry, seperti kalangan pekerja kantor yang terlampau sibuk, mahasiswa, orangtua, dan lainnya. Fenomena keren ini menjadi sebuah peluang yang besar bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Semakin cepat kamu memulai bisnis ini, maka akan semakin bagus.

Tips Sukses Usaha Laundry

Salah satu keinginan dan tujuan seseorang adalah mendapakan keuntungan. Dan jika kamu mencari orang-orang yang berbisnis hanya hoby, sekedar ngabisin waktu, atau beramal, rasanya sulit, karena mungkin hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki kekayaan tujuh turunan. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan orang biasa, dimana, bisnis merupakan jembatan pembaharuan ekonomi yang diharapkan dapat mengubah taraf hidup. Agar bisnis laundry yang kamu jalankan berjalan lancar, berkembang perlahan, maka kamu harus mengetahui berbagai tips sukses usaha laundry. Jangan sampai nih, kamu sudah menghabiskan dana banyak, mengorbankan waktu, tapi hasilnya malah nggak maksimal.

Menimbang dengan Tepat

Kiat sukses usaha laundry yang pertama dimulai dari proses menimbang barang. Begitu pelanggan datang, timbanglah semua pakaian yang dibawanya dengan akurat, tepat, dan baik. Dan jangan lupa untuk mencatat. Nah, untuk memberikan pelayanan yang maksimal, kamu bisa menjelaskan kepada seluruh pelanggan yang datang, kapan pakaian akan selesai, berapa lama bisa dikerjaakan, dia akan menggunakan layanan yang mana, dan sebagainya. Tips sukses ini cocok banget buat bisnis laundry kamu yang baru buka. Beda dong sama yang sudah lama bukanya. Kadang, malah suka ditinggal pergi sama pelanggan, padahal pakaiannya belum ditimbang.

Mencuci dengan Baik

Tips sukses usaha laundry yang kedua adalah dengan mencuci semua pakaian dengan baik. Agar hasil cucian di laundry kamu maksimal, cobalah untuk memisahkan pakaian berdasarkan dengan jenis dan juga warnanya. Kamu harus bisa mengenali, mana pakaian yang tipenya mudah luntur, atau tidak, dan seterusnya. Hal ini sangat penting kamu lakukan, agar hasil cucian maksimal ya, karena kualitas pakaian menjadi tanggung jawab kamu. Ketika konsumen mempercayakan pakaiannya ke sebuah tempat laundry, itu artinya mereka percaya. Maka, satu-satunya cara untuk menjaga kepercayaan mereka adalah dengan memberikan hasil cucian yang baik, semurna, dan maksimal.

Mengeringkan Pakaian

Bagian mengeringkan pakaian harus menjadi perhatian khusus ya. Hal ini karena kamu sembarangan, maka pakaian yang akan kamu strika nantinya tidak akan maksimal. Awalnya kamu harapkan memberikan aroma wangi, malah sebaliknya. Maka, kamu harus memastikan bahwa, pakaian yang akan kamu strika sudah benar-benar kering, karena ketika kamu memaksakan diri untuk menggosoknya dalam keadaan lembab, maka aromanya akan tidak akan sedap, sebanyak apapun kispray atau pewangi yang kamu berikan.

Strika dengan Rapi

Tips sukses usaha laundry yang berikutnya adalah menyetrika pakaian dengan rapi. Jangan sampai kamu menyetrika pakaian asal-asalan ya. Perhatikan setiap bagiannya untuk memastikan pakaian sudah rapi, karena strika yang rapi bisa menjadi penunjang paling penting dalam bisnis laundry.

Packing dengan rapi.

Setelah pakaian diproses sedemikian rupa, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pengemasan atau packing dengan rapi. Meski kegiatan satu ini terbilang kegiatan yang paling mudah di antara yang lainnya, namun tetap saja, packing juga memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena jika kamu tidak memperhatikan proses packingnya, maka hasil akhirnya akan kacau, pakaian yang ada di dalam plastic akan sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan yang sangat buruk. Maka, usahakan mem-packing dengan sangat hati-hati ya.

Sembilan kiat sukses usaha laundry


Pelayanan cepat dan ramah

Sesempurna apapun kualitas yang kamu tawarkan, pelanggan tetap tidak akan betah dan mau dilayani tidak baik ya. Sekali saja kamu memberikan pelayanan yang tidak ramah, maka siap-siap deh kehilangan pelanggan. Kamu tentu pernah mendengar istilah ‘pembeli adalah raja’. Nah, sebagai pebisnis, sudah sepatutnya kamu menjalankan dan memegang tegus pribahasa tersebut. So, berikan pelayanan yang cepat dan juga ramah ya. Meski terlihat sangat sederhana, namun hal ini bisa menjadi alasan terkuat mengapa mereka harus kembali ke laundry kamu.

Mempunyai Kemauan yang Kuat

Jika tips sukses usaha laundry di atas berkaitan dengan teknis, maka tips sukses usaha laundry yang juga tak kalah pentingnya adalah mental. Yap, di tengah ketatnya persaingan di dunia bisnis laundry ini menuntut kamu agar memiliki kemauan yang keras, kuat, dan tekad yang luar biasa. Pesaing-pesaing kamu akan terus bertambah seiring dengan waktu. Sama seperti kamu, mereka juga ingin memanfaatkan momen ini untuk memperbaiki taraf ekonominya.

Harga terjangkau

Kiat sukses usaha laundry berikutnya adalah dengan memberikan penawaran harga yang terjangkau. Kalau ingin memberikan harga yang terjangkau dan lebih murah daripada biasanya, maka jangan pernah mematikan pasar atau bisnis laundry orang lain ya. Caranya adalah dengan tetap memberikan harga yang lebih murah, tapi selisihnya tidak terpauh jauh, misalnya, kamu hanya memberikan harga lebih murah Rp. 500 jika dibandingkan dengan laundry yang lain. Meski angkanya terbilang sangat kecil, namun percayalah, hal ini juga bisa menjadi strategi marketing yang sangat tepat.

Pemilihan lokasi usaha yang strategis

Sebelum memulai bisnis, kamu meski survey tempat dulu. Pastikan bahwa tempat yang akan kamu gunakan untuk membangun bisnis ini adalah tempat yang memang strategis. Jangan sampai salah tempat, karena pemilihan lokasi yang tepat bisa mempercepat perkembangan bisnis kamu. Lokasi yang tepat untuk membangun bisnis ini adalah daerah kampus, kost-kostan mahasiswa, perkantoran, dan perumahan.

Setelah melakukan berbagai tips sukses usaha laundry di atas, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pemasaran. Bagaimanapun, pemasaran adalah hal yang juga tak kalah penting dengan tips sukses di atas. Lakukan pemasaran yang tepat, dan terus lakukan inovasi.

Demikian Sembilan kiat sukses usaha laundry yang harus kamu coba. Bisnis satu ini memang membutuhkan modal yang lumayan ya, namun keuntungan yang akan kamu peroleh juga nggak main-main. Semoga bermanfaat dan sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Sembilan Kiat Sukses Usaha Laundry Rumahan"