Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Daftar Isi [Tampil]

 

Sekian cara menjadi dropshipper di Shopee

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee  - Sampai saat ini, banyak banget orang-orang yang ingin memulai usaha, baik yang konvensional ataupun online. Sayangnya, keinginan tersebut kerap hanya berakhir nihil, sebab merasa tidak bisa memulai usaha jika tidak memiliki modal yang cukup. Padahal mah, sekarang sudah banyak banget loh bisnis yang nggak terlalu membutuhkan modal finansial yang besar, karena sesungguhnya, modal terbesar seorang pengusaha itu keinginan dan tekad yang kuat.

Apalagi di zaman yang sudah canggih ini, telah memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal hanya dari rumah saja, mulai dari belanja online, beli makan, sampai bisnis. Lah bisnis bisa dilakukan dari rumah? Mungkin di antara kamu ada yang tanya demikian ya. Maka jawabannya adalah bisa, bisa banget.

Jika kamu ingin memulai usaha, maka salah satu usaha yang sangat menjanjikan adalah menjadi dropshipper. Pernah dengar istilah ini? Oke, simak penjelasan tentang pengertian dropship dan cara menjadi dropship. Kali ini kita akan ngebahas cara menjadi dropshipper di Shopee.

Pengertian Dropship?

Bagi kamu yang sering belanja di marketplace, pasti sudah pernah mendengar istilah dropship ya. Jadi, dropship merupakan system jualan yang bisa kamu lakukan meski tidak memiliki modal untuk nyetok barang, bahkan, kamu juga nggak perlu setok barang loh.

Karena nggak butuh modal dan nggak harus nyetok barang, nggak heran kalau akhirnya usaha satu ini sering digunakan oleh banyak orang. Nah system kerjanya sederhana, kamu hanya perlu mencari dulu nih toko yang memang menyediakan system ini, kemudian silahkan daftar, dan mulai melakukan promosi.

Kamu bisa mempromosikan barang dagangan yang ada di toko ke semua media social yang kamu miliki. Jika ada yang berniat membeli, maka kamu bisa menghubungi pihak toko dan menyediakan data detail pemesanan. Dan pesanan akan disiapkan. Semua prosesnya akan dilakukan oleh pihak toko ya. Kamu hanya perlu promosi. Semudah itu loh.

Kenapa Harus Shopee?

Jika kamu bingung hendak menjadi dropshipper dimana, maka Shopee bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena kamu tahu sendiri ya, bahwa sampai saat ini, Shopee masih tetap eksis memenuhi segala keperluan masyarakat Indonesia. Shopee sudah menjadi salah satu marketplace yang paling ramai dikunjungi.

Hal ini mungkin karena Shopee memberikan promo bebas ongkir ke sejumlah kota, harga yang ditawarkan juga tergolong sangat murah, berbeda dengan harga barang di tempat lain. Dan di sana, ada banyak banget pedagang online yang bisa kamu temukan. Peluang menjadi pengusaha Shopee dengan sistem dropship juga sangat menjanjikan.

Apalagi nih, ketika kamu sudah menemukan tokonya di Shopee, kamu bukan hanya bisa memasarkan barang ke media sosial kamu, tapi juga boleh kamu pasarkan ke Shopee lagi. Hanya saja, ada beberapa hal sih yang harus kamu lakukan. Jadi, yuk tentukan dulu nih produk yang ingin kamu jual, lalu cari tempatnya. Lalu ikuti cara menjadi dropshipper di Shopee.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee Bagi Pemula

Sebagai pemula di dunia e-commerce marketplace, kamu tentu harus mengetahui cara menjadi dropshipper di Shopee yang lengkap agar bisa memulai usaha dropship ini. Selain itu, kamu juga harus memahami dengan baik, bahwa sebagai e-commerce yang terkenal, Shopee tentu mempuyai kebijakan dan persyaratan yang memang harus kamu perhatikan ketika akan memulai berjualan atau berbelanja di sana. Berikut cara menjadi dropshipper di Shopee.

Buat Akun

Cara menjadi dropshipper di Shopee yang pertama adalah, buat akun dulu nih. Kalau selama ini kamu belum punya akun Shopee, yuk buat dulu. Karena kelebihan memiliki akun dan tidak memiliki akun tentu berbeda. Jika kamu tidak memiliki akun, maka kamu Cuma bisa lihat-lihat produk yang ada saja. Buat dulu deh, caranya juga gampang kan.

Cari dan Beli Barang

Jika sudah membuat akun, tentukan barang yang ingin sudah dijual. Apabila ada berbagai varian produk, silakan dipilih, lalu jangan lupa simpan ke keranjang dulu jika kamu masih ingin membeli produk lain. Akan tetapi, untuk mempermudah kamu menjalankan usaha ini, akan sangat bijak jika kamu hanya memilih satu vendor saja ya, hal ini akan menghemat ongkir loh.

Selain itu, juga bisa membuat kamu lebih fokus ketika menjalaninya. Misal ini, ada yang membeli baju dan tas. Kedua barang tersebut tentu akan dikirim dari daerah yang berbeda, yang secara otomatis pasti akan membuat ongkos kirim melonjak. Maka, saran saya nih, pilih satu vendor aja, kecuali vendor yang kamu pilih memang menyediakan gratis ongkos kirim.

Checkout

Cara menjadi drophipper di Shopee selanjutnya adalah checkout. Apabila semua barang yang dipesan beres, silakan menuju halaman belanja, lalu centang semua barang, dan pilih checkout.

Isi Alamat

Selanjutnya adalah masukkan alamat konsumen di form yang ada. Kalau sudah lengkap langsung klik oke saja.

Kirim Sebagai Dropship

Apabila sudah mengklik oke, maka kamu akan diberikan form baru, di sana, kamu bisa mencentang tulisan ‘kirim sebagai dropshipper’. Kemudian masukkan nama dan juga nomor aktif kamu. scrol ke bawah, silakan pilih saja pembayaran yang kamu gunakan, dan lakukan proses pembelian pada umumnya.

Namun, jika kamu memilih untuk mempromosikannya ke Shopee lagi, ada beberapa hal yang meski kamu perhatikan ya.

Sekian cara menjadi dropshipper di Shopee


Nah, jika kamu merasa bahwa mendapatkan konsumen hanya mengandalkan jualan di platform miliki Shopee, kamu bisa kok menawarkan produk yang kamu jual di media social. Caranya juga sangat simpel.

Pertama, kamu bisa menentukan dulu nih, media social yang akan kamu gunakan, dalam hal ini, saya sarankan kamu untuk menggunakan Facebook, Instagram, dan Wa ya. Pemilihan ketiga media sosial tersebut adalah karena ketiganya adalah platform yang digunakna hampir semua orang, sehingga peluang kamu untuk mendapatkan konsumen jauh lebih besar.

Apabila sudah, kamu bisa mulai melakukan penjualan di media social tersebut. Upload lah barang yang akan kamu tawarkan. Nah, ketika menawarkan barang, kamu harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari deskripsi produk, harga, warna, dan sebagainya. Buatlah semenarik mungkin. Dan yang terpenting, masukkan link akun kamu di Shopee, arahkan semua konusmen yang ingin membeli ke akun Shopee kamu. Cara satu ini terbilang sangat sering dilakuka oleh mereka yang dropship barang di Shopee loh. Maka, tak ada salahnya juga jika kamu mencoba.

Apabila kamu merasa kurang efektif karena pertemanan kamu hanya sedikit, tenang saja, kamu bisa mendapatkan konsumen dengan bergabung ke berbagai grup jual beli. Di sana, ada banyak sekali calon konsumen yang bersedia melarisi produk kamu. Dengan catatan, kamu harus rajin-rajin upload ya.

Done. Gimana? Gampang banget kan? So, nggak ada alasan buat menunda bisnis ya. Sekian cara menjadi dropshipper di Shopee, semoga bermanfaat. Semangat promosinya ya (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Dropshipper di Shopee "

Berlangganan via Email