Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Makanan Online

Daftar Isi [Tampil]

usaha makanan online

Usaha Makanan Online - Usaha online merupakan salah satu jenis usaha yang paling disenangi oleh masyarakat masa kini. Terutama bagi kalangan ibu-ibu dan juga para mahasiswa. Hal ini karena dengan usaha online, ada berbagai keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya adalah keuntungan memulai bisnis dengan modal yang kecil. Jika saat ini ataupun kemarin kamu pernah mimpikan usaha online, namun bingung ingin usaha apa, maka kami sarankan untuk menjalankan usaha makanan online saja.

Pemilihan usaha makanan online tentu sudah disesuaikan dengan banyak hal. Salah satunya adalah mengenai prospek usaha makanan online ini. Karena bagaimanapun, setiap harinya masyarakat tentu membutuhkan makan. Karena memang tubuh membutuhkan asupan energi agar bisa melakukan berbagai hal.

Mulai dari belajar, olahraga, memasak, membaca buku, dan lain sebagainya. Sehingga, sampai kapan pun usaha makanan akan terus dicari oleh orang-orang. Terutama jika kamu bisa memilih makanan yang tepat untuk dijual. Nah, daripada kamu bingung memikirkan usaha makanan online apa, berikut ini kami akan sajikan informasi mengenai usaha makanan online modal kecil yang bisa kamu coba.

Usaha makanan online modal kecil

Selama ini, mungkin kamu pernah disibukkan dengan mindset bahwa bisnis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mempunyai modal cukup besar. Maka, kamu harus membuang mindset itu terlebih dahulu. Karena modal utama seorang pebisnis yang sukses adalah tekad, kemauan yang kuat, bekerja keras, yakin, dan lain sebagainya.

Itu adalah modal terbesar seorang pebisnis. Bisnis apa pun itu, termasuk bisnis makanan ini. Nah, karena pada hakikatnya, yang membuat berat bisnis itu adalah kita sendiri. Jika kamu sudah bisa membuang jauh-jauh mindset bahwa usaha atau bisnis itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berduit, maka kamu bisa mulai menjalankan usaha makanan online nya. Berikut adalah usaha makanan online modal kecil yang bisa kamu pilih.

Brownies

Usaha makanan online yang pertama adalah brownies. Siapa sih yang nggak suka sama makanan unik satu ini. Nyaris semua orang suka ya. Nah, sekarang kamu pasti sering banget melihat adanya promosi-promosi brownies di berbagai media sosial, terutama di Instagram. Nah, kamu bisa menjadikan brownies sebagai usaha makanan online kamu loh. Modalnya juga kecil.

Kamu bisa menawarkan makanan ini dengan sistem sistem pre-order. Jadi, kelebihan dari sistem pre order ini ada banyak ya, yang pertama adalah kamu bisa menekan angka pengeluaran. Kedua, kamu bisa menekan angka kerugian. Karena jika kamu menyediakannya brownies terlebih dahulu, tentu jika ternyata banyak yang tidak laku akan membuat kerugian yang cukup besar. Dan ketiga, hemat waktu.

usaha makanan online brownies


Jika kamu memilih usaha makanan online satu ini, maka cobalah untuk benar-benar bisa menyajikan brownies yang rasanya berkesan. Karena selama ini, ada beberapa pebisnis brownies yang menyajikan browniesnya biasa saja, padahal gambar yang mereka iklankan itu menarik.

Maka, kamu harus bisa menyelaraskan antara rasa dengan gambar. Kalau bisa, buatlah ekspektasi brownies yang kamu sajikan itu jauh lebih baik dari ekspektasi mereka. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menjangkau pasar. Apabila kamu bisa menjaga konsistensi rasa brownies yang kamu buat, maka siap-siap deh kamu bakalan banjir keuntungan. Karena yang namanya brownies, penggemarnya banyak  banget loh. Apalagi jika kamu menyediakan varian cokelatnya. Beuh, auto ramai.

Seblak

Usaha makanan online yang kedua adalah seblak. Seblak merupakan salah satu jenis makanan berkuah, kental, dan mempunyai cita rasa yang unik. Mungkin sampai saat ini, masih jarang sekali kita bisa menemukan jenis makanan seperti seblak ya. Maka, tak heran jika kemudian makanan seblak sangat diincar oleh banyak orang, terutama para kaum muda.

Hal ini karena memang citarasa seblak yang unik  disajikan dengan berbagai macam pilihan level, sehingga para anak muda, pecinta pedas, terus merasa bahwa citarasa seblak tak ada duanya. Apalagi jika mereka bisa memilih berbagai macam pilihan topping. Nah, kamu bisa menjalankan usaha seblak dengan sistem pre order. Karena bagaimanapun, seblak akan sangat lebih nikmat jika disantap ketika masih panas.

Untuk langkah awal memulai usaha ini,  kamu bisa kok mempromosikannya di media sosial yang kamu miliki. Seperti WhatsApp, misalnya. Biasanya, jika di awal-awal usaha, teman-teman kamu pasti akan mulai order, istilahnya mah cicip-cicip. Ketika memang kamu bisa menyajikannya dengan sempurna, rasanya yang luar biasa berkesan, ada banyak pilihan topping, levelnya juga banyak, maka jangan heran jika mereka akan repeat order.

Roti Bakar

Usaha makanan online berikutnya adalah roti bakar. Jenis makanan satu ini adalah salah satu makanan yang dijajakan oleh para pedagang pada malam hari. Namun, nggak ada salahnya kalau kamu memulai usaha satu ini untuk waktu-waktu di luar jam malam. Seperti pagi, siang, ataupun sore. Karena banyaknya pedagang roti bakar, maka kamu dituntut untuk bisa menyajikan roti bakar dengan cita rasa yang berbeda dari roti bakar biasanya.

Kalau kamu hanya menyajikan roti bakar seperti pada umumnya roti bakar yang hanya dipanggang, diberikan selai, menggunakan blue band, maka tak ada yang special. Sehingga para konsumen akan lari kepada penjual roti bakar yang memang sudah mereka kenal.

Maka, cobalah untuk berpikir keras bagaimana caranya mengolah roti bakar ini menjadi sesuatu yang luar biasa . Misalnya adalah dengan menambahkan pastry di dalamnya, atau kamu bisa menambahkan topping yang berbeda dari roti bakar pada umumnya. Kan biasanya roti bakar itu disajikan dengan selai ataupun toping yang manis-manis, seperti pisang, durian, meses, coklat, selai nanas, selai strawberry, dan sebagainya, maka cobalah untuk menawarkan roti bakar dengan varian rasa yang tidak hanya menyajikan toping manis, tetapi juga ada gurihnya.

Misalnya dengan menambahkan topping ikan tuna, sosis, dan lain sebagainya. Memang, modal yang akan kamu butuhkan dengan menyajikan menu gurih ini akan lebih besar, tapi jika kamu berani mematok harga yang lebih tinggi dari dari roti bakar manis  biasa, tentu tak ada salahnya. Jika memang rasanya enak, konsumen biasanya tetap akan memesan kembali kok, meskipun harga yang kamu tawarkan agak tinggi. Karena yang dicari adalah sensasi dan juga rasa yang kamu tawarkan.

Oke, demikian usaha makanan online yang bisa kamu mulai. Sebelum memulai usaha makanan online ini, saya akan memberikan beberapa tips sederhana. Bagi kamu yang akan memulai usaha ini, cobalah untuk membuat rancangan usaha terlebih dahulu. Membuat rancangan ketika akan membuka sebuah usaha terbilang sangat penting, karena sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha yang kamu jalankan ke depannya. Buatlah rancangan yang matang. Kemudian, sering melakukan promosi. Jadi, kunci sebuah usaha bisa dikenal oleh masyarakat adalah gencarnya mereka melakukan promosi. Gunakan media sosial dalam melakukan promosi ya. Yuk semangat belajar bisnis! Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Usaha Makanan Online"