Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendidik Anak di Jaman Modern

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Mendidik Anak di Jaman Modern

Cara Mendidik Anak di Jaman Modern - Perkembangan digital mempunyai pengaruh yang besar terhadap akhlak anak-anak. Hal ini dapat kita lihat bagaimana mulai menurunnya moralitas anak remaja sejak berada di usia belia. Kita  tidak dapat mengelak dari fenomena yang memang membuat kita harus mengelus dada.

Memang, perkembangan digital juga memberikan dampak yang baik, namun pada faktanya dampak buruk jauh lebih terlihat, terutama dengan beredarnya media sosial. Kini, anak-anak yang masih berusia 4 tahunan sudah mulai diberikan handphone, padahal di usia tersebut seharusnya ia masih sibuk bermain dengan teman-temannya. Tapi, yang terjadi malah sebaliknya, anak-anai lebih suka berdiam diri di rumah bersama telepon pintarnya yang lama-lama membuat akhlaknya menurun.

Bagaimana bisa menurun? Ya bisa saja karena tontonan. Namanya anak kecil, tentu memainkan hp sebatas apa yang ingin ditekannya saja, dan itu bisa saja membuatnya melihat apa yang seharusnya tidak boleh dilihat.

Belum lagi anak-anak remaja yang kecanduan game online hingga membuatnya lupa segalanya. Hal ini tentu membuat kita sangat sedih, karena semua orang tua pasti mendambakan anak-anak yang bisa menjadi penyejuk hati, yang bisa menjadi penolongnya kelak di akhirat.

Maka dari itu, orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam akhlak seorang anak, karena orang tua dan rumah adalah sekolah pertamanya, yang jika seisi rumahnya diisi oleh orang-orang yang taat terhadap agama, memiliki sopan santun, dan dapat menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya. Namun jika ternyata hal buruk sudah terjadi, katakanlah anak-anak mulai kurang akhlaknya, mungkin Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini dalam mendidik anak.

Menjadi Contoh

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menjadi contoh bagi anak-anak Anda di rumah. Anak-anak selalu meniru dengan cepat apa pun yang diperbuat oleh orang tuanya, baik yang baik ataupun buruk. Sehingga, ketika Anda menginginkan seorang anak yang baik, santun, rajin, dan tekun, maka contohkanlah terlebih dahulu perilaku tersebut.

Jangan hanya mencoba menyuruh dan memerintah, karena jika Anda hanya memerintah tanpa memberikan contoh, biasanya anak hanya akan mendengarkan tanpa mematuhi apalagi mengerjakan, karena ia hanya akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya di rumah.

Memperdengarkan Kitab Suci

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengenalkan anak dengan kitab suci, bila seorang muslim memperdengarkan anak dengan bacaan al-Quran secara rutin akan membawa banyak dampak positif. Bahkan akan lebih baik jika Anda sudah memperdengarkan al-Quran sejak anak masih di dalam kandungan, alias ketika masih hamil. Memperdengarkan anak bacaan al-Quran merupakan sebuah terapi yang bagus bagi akhlak anak, karena ada banyak energi positif yang masuk ke dalam pikiran anak.

Memerintahkan Ibadah

Cara terakhir adalah dengan memerintahkan anak untuk mengerjakan shalat. Sebagaimana disebutkan pada poin pertama, Anda harus menjadi contoh lebih dulu, yakni dengan mengerjakan shalat. Dengan memberikan contoh, anak Anda lama kelamaan pasti akan mencontoh kebiasaan ini. Anda harus bisa memberikan pemahaman mengenai alasan mengapa seorang muslim harus mengerjakan shalat.

Rasulullah bahkan sudah menyampaikan perintah menyuruh anak untuk shalat yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud.

"Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukullah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.”

Hadis tersebut sangat jelas sekali, bahwa Rasulullah sangat menekankan Anda untuk terus memotivasi anak agar bisa shalat dan istiqamah.  Dengan mendirikan shalat, perlahan akhlak anak Anda pasti akan terbentuk.

Membiasakan Hidup Sehat

Membiasakan hidup sehat juga sangat penting bagi anak. Dalam badan yang sehat akan ada jiwa yang sehat pula. Anak akan lebih mudah kita ajak komunikasi dan banyak melakukan kegiatan positif bersama orang tua bila kesehatan mereka terjaga.

Biasa hidup sehat juga akan membuat mereka terhindar dari berbagai macam alergi, karena tubuh mereka lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam radikal bebas atau zat-zat pemicu alergi. Kebiasaan hidup sehat itu biasanya akan terbawa sampai merek tumbuh dewasa.

Menjaga Kesehatan Fisik Anak

Masih terkait dengan pola hidup sehat, yaitu menjaga kesehatan fisik anak. Fisik anak yang sehat tentu akan menjaga kebahagiaan keluarga dan lingkungan. Dalam mendidik anak akan semakin mudah dan berkualitas.

Kenali karakteristik fisik anak, misalnya anak yang punya kulit sensitif atau karakter fisik lainnya. Jagalah kesehatan fisik mereka dengan menggunakan produk-produk perawatan yang berkualitas. Tidak harus mahal yang penting adalah aman bagi mereka.

Ada salah satu produk yang kami rekomendasikan dalam merawat kesehatan fisik anak, yaitu Ms Glow Kids. Produk perawatan Ms Glow kids  adalah produk yang berada di sebuah bendera perusahaan besar kecantikan Indonesia yaitu MS GLOW. Sebuah brand lokal Indonesia yang sudah tentu paham betul karakteristik kesehatan anak-anak Indonesia.


Ms Glow Kids terdiri dari perawatan kulit, rambut dan juga nutrisi vitamin yang dikemas & dihadirkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau untuk memastikan kesehatan buah hati Anda. Mereka punya tiga komitmen yang sangat penting yaitu:

·         Made with Love, mengutamakan keamanan bahan yang kamu gunakan untuk perawatan dan menunjang tumbuh kembang anak.

·         Clean Formula, mengandung formula yang aman.

·         Hypoallergenic, tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi dan iritasi. Karena kulit anak yang masih sensitif sehingga memerlukan perhatian khusus.

Demikianlah ulasan kami tentang cara mendidik dan menjaga anak di era modern yang bisa Anda terapkan di rumah. Intinya, mulailah dari diri Anda juga perlihatkan bahwa Anda punya perhatian pada mereka, agar anak Anda juga bisa menirunya, terutama hal-hal yang positif.

Akhir kata semoga Anda dan keluarga selalu dikaruniai kesehatan dan bahagia selalu. Salam Sukses dari bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "Cara Mendidik Anak di Jaman Modern"