Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuka Usaha Toko Kelontong Sederhana Hingga Sukses Dalam 9 Langkah

Daftar Isi [Tampil]

Membuka usaha toko kelontong sederhana. Mungkin Ada diantara Anda yang sedang merencanakan hal tersebut namun masih bingung bagaimana caranya, persiapan dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan. Apalagi ditambah dengan persaingan yang cukup ketat untuk untuk saat ini. 

Yang namanya usaha tergantung dari yang menjalankannya. Apapun usahanya jika memiliki strategi yang bagus maka akan berhasil. Termasuk dalam mendirikan sebuah toko kelontong. Jadi Anda harus melakukan tindakan-tindakan khusus agar toko kelontong yang didirikan bisa cepar berkembang dan menjadi besar.

Prospek usaha toko kelontong sendiri cukup bagus. Karena termasuk dalam jenis usaha atau bisnis yang laku setiap hari. Selama Anda bisa mengoptimalkannya dengan baik. Pemasukan harian dari toko kelontong ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong

usaha toko kelontong

Gak usah berlama-lama lagi, mari kita bedah satu persatu mengenai langkah apa saja untuk mendirikan toko kelontong sederhana hingga sukses, Antara lain sebagai berikut :

1. Melakukan riset pasar sebelum membuka toko

Melalukan riset pasar adalah langkah awal yang harus Anda lakukan untuk.membuka toko kelontong. Riset pasar ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal penting sebagai dasar untuk membuka toko milik Anda.

Mulai dari mengetahui harga-harga barang di pasaran. Jadi nanti Anda punya pedoman untuk menentukan harga di warung toko kelontong milik Anda. Jangan sampai Anda tidak riset lalu menjual barang dengan harga yang kelewat mahal.

Riset pasar untuk mengetahui kebutuhan masyarakat setempat. Jadi barang apa saja yang paling laris dan banyak dicari. Sampai dengan barang apa saja yang jarang laku. Dengan begitu Anda bisa tahu untuk menyediakan stock dalam toko yang Anda dirikan.

Riset pasar juga untuk mengetahui dan mencari tempat belanja yang murah. Jadi agar lebih maksimal tentu harus bermintra dengan pemasok atau distributor yang paling murah harganya.

2. Pilih lokasi pembukaan usaha toko kelontong

Dari hasil riset tersebut Anda juga bisa mengetahui lokasi pembukaan toko kelontong yang tepat. Karena lokasi toko akan sangat menentukan seberapa banyak lakunya dagangan di toko milik Anda.

Masyarakat akan lebih suka berbelanja di tempat yg lebih dekat. Makanya kalau bisa bukalah toko kelontong di lokasi yang strategis.  Bisa buka dirumah Anda sendiri jika memang Anda memiliki rumah yang letaknya strategis. Namun jika rumah Anda sulit dijangkau berarti Anda harus cari tempat yang lebih baik.

3. Persiapkan modal

Setelah menemukan lokasi yang tepat, ini waktunya Anda untuk mempersiapkan dan menghitung modal yang diperlukan. Hitung semua kebutuhan dan keperluan saat menbuka toko sampai dengan berjalannya usaha toko kelontong milik Anda.

Kalau bisa Anda harus mencari sewa ruko yang lebih murah. Karena dengan begitu akan bisa menghemat modal.

Kalau bicara masalah modal usaha toko kelontong, berarti Anda harus membuat sebuah list barang belanjaan apa saja yang dibeli. Kemudian pembelian etalase, lemari dan beberapa sarana prasarana lain yang dibutuhkan.

4. Mulai mencari supplier dengan harga murah

Setelah dapat tempat dan modal udah siap. Maka lengkah selanjutnya adalah melakukan belanja barang-barang yang dibutuhkan. Serta belanja barang dagangan yang ingin dijual.

Pada tahapan ini tentu saja harus memperhitungkan yang namanya harga beli. Jadi usahakan untuk mencari harga yang murah. Semakin murah harga beli Anda, maka bisa menjualnya sedikit lebih murah dan memaksimalkan untung yang di dapat.

Ini penting hloh, karena toko kelontong yang terkenal murah itu biasanya laris. Meskipun selisihnya berapa ratus perak biasanya toko tersebut lebih ramai. Jadi jangan sampai Anda belinya mahal karena akan sulit bersaing harga nantinya.

5. Melakukan display menarik dalam toko kelontong

Lanjut pada langkah ke 5. Jika sudah belanja semua kebutuhan dalam toko kelontong. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan display barang.

Disinilah Anda harus menyajikan bentuk yang bagus. Display yang enak dipandang pembeli. Dan juga nyaman buat Anda melayaninya.

Usahakan untuk membuat layout yang nyaman untuk pelanggan masuk ke toko Anda. Suasana yang rapi, indah, wangi dan juga bersih.

Bagaimana tampilan toko Anda, ini juga mencerminkan seberapa bagusnya Anda dalam mengelola usaha tersebut. Jadi pastikan setiap hari juga melakukan penataan agar senantiasa rapi dan enak dipandang.

6. Melakukan promosi toko

Kemudian jika toko Anda sudah dibuka selanjutnya adalah melakukan promosi. Ini penting Anda lakukan. Jadi jangan cuma menunggu orang lewat dan datang. Tapi Anda harus berusaha mengundang mereka datang dan berbelanja di toko milik Anda.

Promosikan toko Anda kepada seluruh masyarakat sekitar yang memungkinkan untuk menjangkau toko Anda. Kalau Anda berada di pemukiman penduduk, tidak ada salahnya dengan membagikan kue kepada seluruh warga sekitar sebagai upaya pengenalan usaha Anda kepada masyarakat.

Karena yang namanya toko kelontong, Anda akan bertemu dengan pembeli yang sama secara terus menerus. Jadi alangkah lebih baik jika Anda bisa menjalin hubungan baik dengan mereka semua. Biasanya nih, kalau si penjual tokonya di kenal baik sama masyarakat sekitar toko tersebut akan jadi lebih ramai.

7. Memberikan pelayanan terbaik

Selanjutnya jika pembeli sudah datang pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik. Yang namanya pembeli pastinya ingin nyaman ketika berbelanja di tempat Anda. Jadi layani mereka dengan ramah dan buat mereka nyaman dalam berbelanja di tempat Anda. 

Pelayanan yang baik juga akan mampu meningkatkan omset toko kelontong Anda. Karena jika pembeli merasa nyaman, maka mereka tidak akan berbelanja ke tempat lain

Dalam ini juga mencakup bagaimana Anda menangani setiap pertanyaan mereka, setiap permintaa dan juga keinginan mereka. Apalagi jika sudah ada warga atau pembeli yang memesan sesuatu pada toko Anda. Maka saat itulah waktunya melayani dan mendapatkan kepercayaan dari mereka.

8. Membuat pembukuan keuangan dengan baik

Jika toko Anda sudah berjalan, kemudian sudah mendapatkan banyak pembeli, maka jangan lupa untuk merapikan pembukuan keuangan Anda. 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak uang yang keluar masuk di toko Anda. Selain itu juga bertujuan untuk menyisihkan uang hasil dagang Anda. 

Karena yang namanya toko kelontong, kalau gak pandai hitung-hitungan dalam jumlah kecil. Maka keuntungan tidak akan cepat terkumpul.

Anda juga pasti sudah tahu kan kalau yang namanya barang dagangan di toko kelontong hitungan untungnya dalam ratusan perak saja. Kalau tidak bisa mengelola dengan baik pasti toko akan sulit berkembang. 

9. Membuka cabang toko baru

Jika usaha toko kelontong Anda sudah besar dan ramai. Omsetnya juga sudah lumayan banyak. Maka kumpulkan keuntungan tersebut untuk persiapan membuka cabang baru. 

Namun jangan buru-buru untuk membuka cabang baru. Pastikan bahwa uang untuk membuka cabang baru tersebut merupakan uang yang tidak terpakai. Jadi pengaturan keuangan untuk cabang toko baru tidak akan mengganngu toko yang sudah ada.

Salah satu ciri calon pebisnis sukses adalah mereka yang memikirkan perluasan  bisnis. Jadi jangan terburu-buru untuk bergaya hidup mewah, namun simpan uang tersebut untuk pembukaan cabang selanjutnya. 

Begitulah sobat penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara membuka usaha toko kelontong sederhana sampai dengan sukses. Semoga saja bisa memberikan manfaat untuk Anda dan terima kasih sudah berkunjung ke situs belajar bisnis

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Membuka Usaha Toko Kelontong Sederhana Hingga Sukses Dalam 9 Langkah"

Berlangganan via Email