Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Personal Branding Dalam Bisnis, Ini Alasannya

Daftar Isi [Tampil]

Peran pentingnya personal branding sangat dibutuhkan dalam bisnis. Karena dengan personal branding yang kuat maka mudah mendapatkan kepercayaan. Mulai dari kepercayaan pelanggan atau pembeli, mitra bisnis dan masyarakat secara umum. Maka dari itu Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu menunjukkan personal branding Anda dengan baik. 

Personal branding adalah sebuah brand yang melekat pada diri seseorang. Biasanya orang tersebut cukup populer dan dikenal sebagai brand tertentu. Dan untuk personal branding yang kuat akan mempunyai pengaruh kepada sejumlah massa yang cukup besar.

Maka dari itu penting bagi sobat untuk menignkatkan personal branding yang dimiliki. Yakni berusaha untuk memperkenalkan sebagai dan seperti apa sobat di hadapan publik atau di tengah masyarakat. Contoh personal branding yang kuat biasanya nama orang tersebut selalu dikaitkan dengan usaha yang dijalankan, contoh Pak min sate, karena beliau punya warung sate yang cukup sukses. Pak darto tukang, karena dia seorang tukang mebel yang handal dan masih banyak lagi lainnya. 

Alasan Pentingnya Personal Branding Dalam Bisnis

personal branding

Baiklah sobat, agar sobat lebih semangat dalam membangun personal branding. Beberapa alasan mengenai pentingnya personal branding untuk bisnis antara lain :

1. Personal branding mampu meningkatkan kepercayaan

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa personal branding menjadi sangat penting karena bisa meningkatkan kepercayaan. Baik itu kepercayaan terhadap apa yang dia katakan dan apa yang dia jual.

Misalkan saja ada seorang artis yang memakai sebuah produk tertentu. Maka produk tersebut akan menjadi terpercaya. Kenapa bisa begitu? Karena personal branding artis tersebut sudah sangat kuat.

Makanya tidak heran kan jika banyak artis yang mendapatkan tawaran iklan atau endorse. Bukan cuma karena mereka memiliki followers yang banyak. Melainkan juga untuk mendongkrak citra brand di mata para pembeli.

Lalu jika personal branding pemilik bisnis bagus. Maka bisnis yang dijalankan pun akan cepat berkembang. Karena si pemiliknya adalah seseorang yang terpercaya. 

Contoh : Ada seorang pengelola rekber yang bernama Tri Hariyanto. Sebagian Anda pasti sudah kenal. Personal brandingnya sudah kuat sehingga banyak sekali orang yang percaya jika melakukan transasksi memalui Mas Tri Hariyanto atau yang dikenal Mbah Tri.

2. Personal branding adalah strategi promosi yang jitu

Selanjutnya personal branding merupakan strategi promosi yang jitu. Seperti yang saya sebut pada point 1 tadi. Jika beriklan pada artis maka produk tersebut promosinya akan lebih cepat terangkat. 

Jadi kalau Anda ingin memaksimalkan perkembangan bisnis, jangan lupa untuk memperkenalkan dan meningkatkan personal branding Anda. Karena semakin Anda dikenal baik oleh banyak orang. Maka semakin mudah pula Anda dalam membesarkan sebuah bisnis.

Semakin populer seorang pemilik bisnis maka bisnis tersebut pun akan mudah untuk terangkat. Bagi sebagian orang, tidak segan-segan untuk meminjam nama seorang yang terkenal dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena itu merupakan strategi promosi yang cukup jitu.

Misalkan saja ada seorang pengusaha warung makan yang meminjam nama Rafi Ahmad dengan kerjasama dan membayar royalti. Maka dengan personal branding kuat tersebut bisnis akan di promosikan secara otomatis dari sebuah nama.

Sampai disini saya yakin sobat semakin paham bahwa pengaruh personal branding memang cukup besar dalam sebuah bisnis.  

3. Personal branding sebagai penguat citra bisnis

Selanjutnya adalah citra bisnis, atau pandangan masyarakat tentang sebuah bisnis yang berjalan. Personal branding akan sangat berpengaruh terhadap citra atau nilai sebuah bisnis tersebut. 

Contoh : 

" Pak Irfani adalah seorang pemilik usaha rumah makan. Dan baru-baru ini pak irfani terkenal karena berhasil menjadi Pak Camat yang sukses membangun kecamatannya semakin maju. Maka secara otomatis warung rumah makan yang dia miliki pun akan mendapatkan citra yang positif " 

Berbeda jika ternyata seorang pemilik bisnis yang sudah terkenal ternyata adalah koruptor. Maka citra bisnis yang dia jalankan juga akan jatuh. 

Makanya jika Anda menjalankan sebuah bisnis harus menjaga personal branding dengan baik. Karena seberapa baik personal branding milik Anda akan berpengaruh pada seberapa baik citra usaha milik Anda. 

Cara Meningkatkan Personal Branding

Sebagai tambahan selain pentingnya meningkatkan dan menjaga personal branding dalam bisnis. Kali ini bisnisan.id akan memberikan beberapa tips mengenai bagaimana meningkatkan personal branding milik Anda. Antara lain sebagai berikut : 

1. Membuat diri sendiri populer dengan cara yang positif

Branding yang bagus adalah brand yang sudah terkenal. Jika Anda ingin mengenalkan brand melalui diri Anda, maka buatlah diri Anda terkenal. Namun tetap harus dengan cara yang positif. Karena nanti setelah Anda terkenal akan berpengaruh besar pada bisnis yang Anda jalankan.

Lalu bagaimana cata agar bisa terkenal? Banyak cara, mulailah dari hal-hal sepele di dekat Anda sendiri. Misalkan saja mulai banyak bergaul. Perkenalkan Anda dengan baik di lingkungan sekitar. Aktif di kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Tampil di depan publik adalah cara yanf bagus untuk membuat diri dan personal branding Anda terkenal. Manfaatkan acara-acara besar, bergabung dengan panitia dan tampil di depan banyak orang.

Semakin sering tampil di depan banyak orang, maka semakin banyak orang melihat. Saat itulah moment personal branding Anda mulai dikenal dan telusuri lebih banyak orang.

3. Beperan di media sosial dengan maksimal

Media sosial adalah sebuah media yang sangat berpengaruh terhadap personal branding seseorang. Banyak orang yang sudah berhasil terkenal melalui facebook, instagram, youtube dan juga twetter.

Anda juga bisa, Buatlah akun media sosial untuk meningkatkan personal branding Anda. Tarik sebanyak mungkin teman dan followers dengan rutinitas menarik yang Anda lakukan di media sosial.

Di youtube adalah cara yang cukup efektif meningkatkan personal branding. Buatlah video menarik tentang diri Anda atau tentang apa yang Anda lakukan. Kalau bisa targetkan pangsa pasar yang sesuai dengan bisnis Anda.

Contoh misalkan saja Anda penjual fashion anak muda. Maka personal branding Anda harus akrab dan diterima Anak muda. Dan buat konten di media sosial pun, adalah konten yang mampu menarik banyak anak muda.

Selain Anda terkenal, nanti Anda akan lebih midah mengarahkan massa untuk mengkonsumsi keluaran bisnis yang Anda sediakan tadi.

3. Menjaga citra personal branding dengan baik.

Seseorang yang sudah terkenal memang harus lebih berhati-hati. Karena gerak gerik Anda akan diperhatikan banyak orang. Salah sedikit bisa dikomentari, apalagi jika melakukan kesalahan besar, maka hancur citra personal branding yang Anda bangun. 

Yang perlu Anda ingat adalah semakin bagus citra dalam diri Anda. Maka semakin bagus pula citra bisnis Anda. Karena memang Anda terkenal dan mengunakan poplaritas untuk sebuah branding. 

Oke sobat, saya kira sudah jelas sekali mengenai pentingnya personal branding dalam berbisnis. Sekaligus diatas ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan personal branding itu sendiri. Semoga saja dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Pentingnya Personal Branding Dalam Bisnis, Ini Alasannya"

Berlangganan via Email