Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Halo Millenial, Ini Dia Manfaat Bisnis Di Usia Muda Yang Wajib Kamu Tahu

Daftar Isi [Tampil]

Buat sobat millenial yang ingin mulai berbisnis di usida muda jangan ragu lagi. Karena manfaat bisnis di usia muda ada banyak sekali untuk Anda. Seperti kita ketahui bersama bahwa bisnis adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Selain itu juga memiliki resiko tersendiri bagi para pelaku bisnis. Makanya tidak heran jika sedikit sekali anak muda yang mau terjun ke dunia bisnis. Lebih memilih bekerja yang terlihat menjanjikan penghasilan pasti.

Padahal ketika mau memulai bisnis di usia muda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Lagi pula untuk sebuah bisnis membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi besar. Jika masih muda sudah berbisnis, maka ada kemungkinan hari tua akan menjadi sejahtera.

Bisnis adalah membangun nasib kita sendiri, mendirikan usaha kita sendiri sampai akhirnya kita tidak tergantung kepada orang lain. Dan juga untuk mengembangkan potensi diri kita menjadi lebih baik lagi karena harus menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Manfaat Bisnis Di Usia Muda

manfaat bisnis

Kali ini bisnisan.id akan menjelaskan kepada Anda semua mengenai apa saja manfaat bisnis di usia muda, antara lain sebagai berikut :

1. Melatih kemandirian hidup sejak muda

Manfaat yang pertama adalah melatih kemandirian hidup sejak muda. Karena dengan memilih berbisnis, artinya kita sudah tidak mau tergantung dengan orang lain lagi. Tidak tergantung dengan orang tua dan bahkan tidak tergantung dengan perusahaan manapun.

Dengan mendirikan bisnis orang tersebut berarti siap dengan semua resiko dan tantangannya. Dan menjadikan orang tersebut lebih hebat dan mandiri karena mampu mengatasi semua masalah sendiri. Zona bisnis adalah zona yang tidak nyaman, makanya pemuda yang sudah terjun ke bisnis biasanya akan terlatih untuk mandiri.

Hal tersebut tidak akan di dapatkan secara maksimal apabila seseorang lebih memilih untuk bekerja pada orang lain. Karena dengan bekerja pada orang lain, maka akan diatur dan banyak ketergantungan kepada orang yang mempekerjakannya.

2. Punya waktu lebih lama untuk mengembangkan bisnis

Sebuah bisnis yang dirintis membutuhkan waktu untuk bisa tumbuh dan berkembang. Dan itupun tidak butuh waktu yang sebentar alias membuthkan waktu yang lama.

Senagai contoh perusahaan besar biasanya membutuhkan waktu minimal 10 hingga 20 tahun. Dari yang dulunya perusahaan kecil sekarang menjadi perusahaan besar.

Maka dari itu manfaat bisnis di usia muda adalah memberikan ruang dan waktu yang lebih lama untuk bisa mengembangkan bisnis.

Sebagai contoh Anda mau merintis bisnis di usia 19 tahun. Maka ada kemungkinan nanti di usia 29 Anda sudah memiliki sebuah perusahaan sendiri. Dan kala Anda memiliki keluarga sendiri, bisnis Anda sudah tinggal menghasilkan uang saja.

Sampai disini Anda harusnya sudah sadar. Bahwa memulai bisnis di usia muda merupakan hal yang cukup penting.

3. Melatih skill dan keahlian dalam bisnis

Seseorang yang menjalankan bisnis secara otomatis akan mengasah skill dan keahlian yang dia miliki. Dengan catatan dia memilih jenis bisnis yang tepat sesuai dengan potensi yang dia miliki.

Contoh :

" Aldi adalah seorang yang bisa merakit pc dan troubleshooting komputer. Setelah ia membuka bisnis di usia yang masih muda. Akhirnya keahliannya meningkat drastis sampai dengan bisa menyelesaikan semua permasalahan dalam bidang komputer. "

Jadi ketika seseorang terjun dalam dunia bisnis. Secara otomatis dia akan meningkatkan skill yang dia miliki. Dan ini juga akan menjadikan Anda sebagai orang yang ahli dalam bidang tertentu di masa depan.

Karena terjun dalam dunia bisnis akan mengalami pembelajaran yang sebenarnya. Yang jauh lebih nyata ketimbang sebuah teori yang dulu diajarkan di sekolah atau waktu kuliah.

4. Dengan berbisnis akan berpenghasilan besar

Manfaat bisnis di usia muda yang selanjutnya adalah berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Karena di dalam berbisnis kita tidak akan dibatasi dengan yang namanya gaji pokok dan yang lainnya.

Mungkin jika Anda bekerja menjadi seorang manajer akan mendapatkan gaji Rp.25.000.000, sampai Rp.50.000.000,- namun jika Anda berbisnis dan memiliki usaha sendiri berkemungkinan lebih dari itu, bisa 100 juta atau bahkan bisa sampai lebih dari 1 milyar.

Meskipun di balik itu juga memiliki resiko tersendiri berupa penghasilan yang tidak pasti bahkan berujung kerugian. Itulah yang namanya bisnis, ada keuntungan dan juga ada resiko yang harus dipertaruhkan.

5. Menjadikan sukses di usia muda

Semakin cepat seseorang dalam memulai bisnis maka semakin cepat pula orang tersebut untuk sukses. Meskipun ada juga yang mulai belakangab tapi langsung sukses. 

Namun kebanyakan yang namanya bisnis membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi besar. Maka dari itu lebih cepat dimulai juga akan membuat usaha lebih cepat besar.

Sebagai contoh, kawan saya lulusan SMK yang tekun membuka bengkel semenjak dia berumur 18 tahun. Yang laun pada saat itu sibuk mencari kerja. Meskipun bengkelnya masih sepi kala itu, namun teman-teman yang lain sudah dapat kerja dan mendapatkan gaji bulanan lumayan besar.

Namun yang terjadi sekarang 7 tahun berlalu bengkelnya sudah ramai dan punya 3 karyawan. Yang lain masih sama jadi pekerja di usia 25 tahun. Sedangkan teman saya tadi sudah punya bengkel dan bisa gaji orang.

Sampai disini kita bisa tahu bahwa peluang sukses jadi lebih besar kalau kita mau mulai bisnis di usia yang lebih muda.

6. Mampu mewujudkan impian besar di masa depan

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu mewujudkan impian besar. Impian besar biasanya akan butuh banyak biaya. Dan bisnis yang sukses akan membantu mewujudukannya.

Misalkan saja di usia 25 tahun ingin membeli mobil dan membuat rumah sendiri. Dengan berbisnis sejak muda maka keinginan tersebut akan lebih mudah untuk dicapai.

Apalagi jika bisnisnya segera sukses. Maka bisa menjadi kaya di usia muda bukan hanya impian semata. 

Atau sobat memiliki impian yang lain? pergi haji, membahagiakan orang tua, segera menikah, atau yang lainnya. Dan dengan berbisnis serta menjalankan usaha sungguh-sungguh akan membantu mewujudkan keinginan tersebut. 

7. Mengurangi jumlah pengangguran di usia muda 

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu mengurangi jumlah pengangguran. Jelas sekali, di kala yang lain sibuk mencari kerja Anda sudah memiliki pekerjaan Anda sendiri. 

Namun sayangnya masih banyak anak muda yang lebih memilih menganggur dan mencari kerja daripada memulai bisnis kecil-kecilan. Alasan malu dan yang lainnya sering diutarakan. 

Padahal kalau pemuda di Indonesia banyak yang terjun ke dunia bisnis maka pengangguran akan berkurang secara oromatis. Dan dengan memiliki usaha, selain menciptakan lapangan kerja untuk kita juga bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. 

8. Meningkatkan taraf sosial masyarakat 

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan taraf sosial. Meskipun hal ini tidak terlalu penting, namun memang dipandang di tengah masyarakat kita. 

Sebagai contoh jika ada pengusaha dalam sebuah kampung. Biasanya orang tersebut akan dipandang masyarakat sekitar. Dan juga akan dihormati oleh masyarakat sekitar. 

Karena untuk citra seorang pengusaha adalah spesial melebihi seorang karyawab biasa dari taraf sosial di masyarakat kita.

Kesimpulannya bahwa manfaat bisnis di usia muda memang ada banyak sekali. Mulai dari melatih kemandirian, berpeluang berpenghasilan besar, sampai dengan membantu mewujudkan impian yang dimiliki. Dengan catatan mampu mengembangkan sebuah bisnis dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Halo Millenial, Ini Dia Manfaat Bisnis Di Usia Muda Yang Wajib Kamu Tahu"

Berlangganan via Email