Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Komitmen Tinggi Yang Dimiliki Seorang Wirausaha Antara Lain

Daftar Isi [Tampil]

Beberapa komitmen tinggi harus dimiliki seorang wirausaha yang menjalankan usaha mereka. Antara lain adalah hal-hal yang bisa memajukan usahanya. Komitmen tersebut sudah seharusnya di bentuk dari awal dia menjalankan bisnis, selama menjalankan bisnis sampai dengan mendapatkan hasil.

Dengan memiliki sebuah komitmen yang serius maka seorang wirausaha akan menjalankan usahanya dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Hal inilah yang seharusnya Anda lakukan juga untuk usaha Anda. Yakni mempunyai segenap konsistensi terhadap apa yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. 

Memang bukan sesuatu hal yang mudah, karena dalam menjalankan sebuah usaha, ada saja rintangan serta halangan yang melunturkan komitmen seseorang. Terutama adalah dalam kesebaran mengembangkan bisnis. Karena tidak kunjung berhasil kebanyakan wirausaha menyerah dan melepaskan komitmen yang sebelumnya dia pegang. Padahal yang namanya bisnis harus selalu membutuhkan kesebaran dalam perjuangan yang panjang.

Komitmen Tinggi Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Komitmen Tinggi Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Kali ini bisnisan.id akan mengupas tuntas satu persatu mengenai komitmen tinggi yang harus dimiliki seorang wirausaha, antra lain sebagai berikut :

1. Komitmen dan fokus pada jenis usaha yang dipilih

komitmen yang pertama adalah komitmen pada jenis bisnis yang dipilih. Sebagian pebisnis justru malah tidak kunjung berhasil karena dia selalu berganti jenis bisnis. 

Jadi degan fokus pada satu bisnis maka hasil Anda akan menjadi lebih maksimal. Fokus disini juga berarti tergoda pada peluang lain saat menjalankan bisnis yang sudah.

Satu komitmen terus menatap kedepan pada bisnis yang dipilih. Karena dengan fokus Anda akan terus menggali bisnis tersebur dengan baik.

Dengan fokus pula seluruh waktu dan potensi diri Anda akan tercurahkan secara maksimal pada bisnis yang Anda jalankan.

2. Komitmen pada tujuan awal dibentuknya sebuah usaha

Seseorang yang sudah lama berjuang terkadang mereka lupa dengan tujuan awal mereka memulai perjuangan tersebut. Begitu pula dalam menjalankan sebuah usaha.

Kadang karena usaha berjalan lama mereka lupa tujuan awal mendirikan usaha tersebut. Apa tujuan awal Anda membangun sebuah usaha, itulah yang harus terus Anda pegang.

Karena dengan memegang tujuan awal tersebut, maka Anda tidak akan mudah untuk kehilangan arah.

3. Komitmen pada impian yang dimiliki sebelumnya

Selanjutnya adalah komitmenpada jmpian yang dimiliki. Setiap orang pasti punya donk sebuah impian. Dan kebanyakan orang yang terjun ke dalam bidang usaha adalah mereka yang memiliki impian tersediri.

Contoh impian memiliki perusahaan besar, impian membeli mobil, impian membahagiakan orang tua, impian jadi laya atau impian yang lainnya.

Komitmen lah pada impian Anda tersebut, maka Anda akan menjalankan usaha dengan semangat dan dengan senang hati. Karena akan membantu mu lebih kuat dal berjuanh menjalankan usaha Anda.

4. Konsiten pada mengelola keuangan usaha dengan baik

Komitmen dan konsistensi yang selanjutnya adalah masalah keuangan. Jadi sebagai pelaku usaha kita harus mempunya manajemen keuangan yang baik dan benar. Selain itu juga harus terus konsisten dan disiplin dalam menjalankannya.

Ini penting sekali, karena dengan cara mengelola keuangan usaha yang baik, maka usaha akan jauh dari yang namanya kerugian. Serta dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka sebuah usaha akan bisa maksimal dalam menghasilkan keuntungan. 

Komitmen keuangan juga termasuk dalam berhemat. Jika kita menjalankan usaha namun kita sendiri merupakan orang yang boros. Maka keuangan usaha akan rentan terganggu dengan sifat boros yang kita.

5. Komitmen pada janji yang dibuat dengan pelanggan

Salah satu ciri seorang wirausahawan yang akan berhasil adalah bisa dipercaya. Jadi dia akan menepati semua janji dan kesepakatan yang sudah di buat

Makanya penting bagi kita untuk menjaga komitmen kita pada janji yang kita buat dalam menjalankan usaha. Misalkan saja janji dengan pelanggan, mitra bisnis, janji dengan investor atau janji-janji yang lainnya. 

Kepercayaan itu mahal sekali harganya. Kalau kita bisa menjaganya dengan baik maka akan membawa dampak baik bagi usaha kita. Namun kalau kita mengecewakan orang, maka akan bedampak buruk pada usaha kita. 

6. Komitmen pada disiplin waktu dalam menjalankan usaha

Serorang wirausahawan yang baik akan memiliki disiplin waktu yang baik pula. Karena dengan memanfaatkan waktu dengan baiklah kita akan menjadi lebih produktif.

Makanya komitmen kita soal waktu juga harus kita jaga dengan baik. Sebagai contoh, kalau jam 07.00 harus membuka toko milik kita, ya harus kita buka. Mau sepi, mau rame, mau malas, atau kondisi apapun. Karena kita sudah membuat sebuah jadwal maka kita wajib untuk mentaatinya. 

Semakin kita bisa menggunakan waktu dengan baik, maka kecepatan perkembangan usaha kita juga semakin baik. Namun kalau kita banyak menyia-nyiakan waktu bisa saja usaha kita tidak berkembang. Karena diluaran sana kompetitor kita mungkin sedang bergerak secepat mungkin.

7. Terus menjaga kualitas produk yang dihasilkan

Komitmen dalam menjaga kualitas produk juga tidak kalah penting. Khususnya buat Anda yang berbisnis dalam memproduksi barang tertentu. 

Karena kalau kualitas terus terjaga dengan baik, maka pelanggan dan pembeli semuanya akan puas. Namun jika kualitas menurun maka pelanggan kecewa dan akan berpindah membeli di usaha yang lain.

Makanya penting bagi kita untuk melakukan pengecekan proses produksi yang ada. Lakukan kontrol sebaik mungkin agar kualitas yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik. 

8. Selalu menjaga kepuasan pelanggan

Yang namanya kepuasan pelanggan akan menjadi hal utama yang wajib diperjuangkan oleh seorang pelaku usaha. Karena jika pelanggan puas, maka akan memberikan banyak dampak baik bagi usaha kita. Namun sebaliknya jika pelanggan kecewa maka akan berdampak buruk bagi usaha kita. 

Kepuasan pelanggan sendiri terdiri dari banyak sebab. Mulai dari pelayanan yang baik, memberikan produk yang bagus, mencarikan solusi untuk mereka, bisa dipercaya oleh mereka dan beberapa penyebab lainnya. Selama kita bisa memuaskan pelanggan dengan baik, maka kelangsungan usaha kita pun akan terjaga dengan baik.

9. Tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan usaha

Selanjutnya adalah komitmen dalam memperjuangkan usaha yang kita jalankan. Apapun tantangan usaha yang akan kita temui, maka kita tidak boleh menyerah. Sikap seperti ini harus di tanamkan pada diri kita sebagai pelaku usaha agar kita siap mental dalam menjalankan sebuah usaha. 

Karena yang namanya usaha tidak akan lepas dari resiko, tantangan dan juga kesulitan. Kalau kita tidak bermental baja, maka kita akan menyerah di tengah jalan. Banyak pengusaha sukses dulunya juga pemula, namun mereka tidak pernah menyerah sampai bisa sesukses sekarang ini. 

10.  Komitmen dalam memenangkan persaingan pasar

Selanjutnya adalah komitmen dalam memenangkan persaingan pasar. Seperti yang kita ketahui, kita berbisnis tidak sendirian. Ada ratusan bahkan ribuan pesaing di bidang yang sama diluaran sana. Kalau kita tidak bisa memenangkan persaingan pasar, ya kita tidak akan mendapatkan apa-apa.

Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar adalah memiliki keunggulan. Mulai dari kualitas, pelayanan, skill, kecepatan, relasi dan yang lainnya. Ketika kita bisa unggul dari segala sisi dengan kompetitor kita. Maka kemungkinan memenangkan pasar juga akan besar.

11. Komitmen membesarkan usaha yang dijalankan

Pantang mundur sebelum usaha menjadi besar, berani prihatin sebelum usaha menjadi besar. Hal seperti sudah seharusnya tertanam pada jiwa seorang wirausahawan. Jika sudah punya komitmen membesarkan usaha, pastinya tekad pun semakin bulat dalam menjalankan usaha. 

Banyak orang yang sering terlena, padahal baru dapat untung sedikit saja. Akhirnya setelah itu tidak ada simpanan dari usaha yang dijalankan. Jadi teruslah berhemat dan berfokus untuk mengembangkan usaha. Membesarkan jumlah volume penjualan, memperbanyak item yang dijual sampai dengan bisa membuka cabang usaha yang baru. 

Komitmen tinggi yang dimiliki seorang wirausaha diatas sudah seharusnya kita tumbuhkan dalam diri kita dan kita jaga dengan baik. Dengan begitu usaha yang kita jalankan InsyaAllah akan berkembang secara maksimal. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "11 Komitmen Tinggi Yang Dimiliki Seorang Wirausaha Antara Lain"

Berlangganan via Email