Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Bisnis Ternak Modal Kecil Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

Ide bisnis ternak modal kecil adalah sebuah upaya melakukan budidaya ternak tertentu dengan modal kecil, bisa 300 rb sampai dengan dibawah 1 juta. Barangkali diantara sobat semua sedang ada rencana untuk ternak hewan tertentu modalnya mepet alias cuma punya sedikit. 

Jangan kuatir, karena bisnis ternak sendiri sangat bervariasi. Banyak jenis ternak yang bisa kita kembangkan dengan modal yang relatif murah dibawah 1 juta rupiah. Selain modalnya murah potensi untungnya pun juga lumayan. Dengan catatan bisa memilih jenis ternak yang tepat dan bisa cara memeliharanya. 

Untuk menentukan jenis ternak yang tepat. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal yang ada pada diri Anda. Mulai dari pengetahuan tentang hewan ternak itu sendiri, media atau lahan yang dimiliki, musim dan modal. Dengan beberapa pertimbangan tersebut sobat bisa menentukan ternak mana yang paling sesuai untuk dibudidayakan. 

Ide Bisnis Ternak Modal Kecil 

ternak modal kecil


Dan kali ini bisnisan.id akan membantu sobat dalam memilih jenis ternak yang hendak di budidayakan. Beberapa ide bisnis ternak modal kecil tersebut antara lain : 

1. Ternak Ikan Lele 

Ikan lele adalah salah satu ikan yang banyak sekali dikonsumsi setiap harinya di dunia ini. Bayangkan saja ada berapa ribu warung pecel lele, restoran dan rumah makan yang memasak lele setiap harinya. Dari situlah budidaya ikan lele menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan buat Anda. 

Selain itu, ternak ikan lele juga masuk dalam kategori ternak modal kecil. Karena bisa dimulai dengan nominal kecil 300 ribuan saja. Atau bahkan 100 ribu pun bisa jika Anda ingin memelihara lele dalam jumlah yang lebih kecil. 

Jika Anda ingin ternak ikan lele modal kecil, gunakanlah media drum atau terpal. Dengan begitu tidak perlu menggali dan membuat kolam yang membutuhkan biaya yang lebih mahal. 

Dengan modal Rp.300.000,- Anda bisa memulai ternak ikan lele dengan rincian berikut :

  • Modal bibit lele Rp.100.000,- 
  • Modal terpal dan bambu Rp. Rp.100.000,- 
  • Modal pakan lele Rp.100.000 

Dengan biaya Rp.100.000,- Anda akan mendapatkan bibit sekitar 100 - 200 ekor dengan ukuran lele yang masih kecil. Makanya medianya juga menggunakan terpal dengan memanfaatkan lahan sempit pun bisa. Lalu untuk masa panen dengan modal segini biasanya membutuhkan jangka waktu sampai dengan 6 bulan atau setengah tahun dengan harga jual per ekornya mencapai Rp.4000,- per ekor. 

2. Ternak Ayam 

Selain lele, ayam juga termasuk ke dalam hewan yang paling banyak dicari setiap harinya. Entah itu dagingnya maupun telurnya. Tidak heran kan jika pedagang ayam bisa terus laku setiap hari. Karena konsumsi makan ayam banyak dilakukan di tengah masyarakat kita. 

Dari situlah yang menjadikan budidaya ayam merupakan jenis bisnis yang menguntungkan. Selain itu juga bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Sebagai contoh untuk budidaya ayam modal Rp.300.000,- maka akan mendapatkan rincian sebagai berikut : 

  • Modal beli anakan ayam Rp. 150.000,- 
  • Pembuatan kandang ayam Rp. 50.000,- 
  • Pembelian makan ayam Rp. 50.000,- 

Untuk makan ayam agar lebih irit campur saja dengan makanan ayam yang bisa kita peroleh secara gratis. Misalkan saja dengan mencarikan daun-daunan yang ditumbuk lalu dicampur dengan sentrat. Dan dengan modal Rp.150.000,- bisa mendapatkan anakan ayan 10 biji dengan umur sekitar 2 bulan. Sehingga dalam waktu 4 - 6 bulan ayam sudah bisa menghasilkan keuntungan jika dijual kembali. 

3. Ternak Ikan Nila 

Ikan nila merupakan jenis ikan hias sekaligus ikan konsumsi. Karena memang ada sebagian yang memilih membeli nila sebagai ikan hias akuarium. Namun ada pula yang dijadikan sebagai lauk atau hidangan makanan. 

Dan jika Anda ingin membudidayakan ikan nila, maka harus tahu cara melakukannya. Mulai dari pembuatan media ternak, pemberian pakan sampai dengan penjualan ikan nila itu sendiri. Sama dengan 2 jenis ternak sebelumnya. Ikan nila juga bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah. Artinya termasuk juga dalam kategori tenak modal kecil. 

4. Ternak Belut 

Belut merupakan hewan yang berbentuk bulat panjang yang hidup dalam lumpur. Meskipun bentuknya yang bisa membuat orang geli. Namun rasa belut ketika di konsumsi bisa membuat banyak orang ketagihan. Hal itulah yang menjadikan permintaan belut terjadi setiap hari. 

Dan jika sobat berminat dengan hewan yang satu ini, maka sobat bisa mempelajari bagaimana cara budidaya belut yang benar. Untuk belut sendiri bisa dibudidayakan dengan modal kecil yang bernilai ratusan ribu saja. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media ternak seperti tong, terpal dan kolam kecil untuk melakukan ternak belut ini. 

5. Ternak Kroto 

Kroto adalah anakan si semut merah atau angkrang. Namun besarnya melebihi semut biasa ya. Hewan yang satu ini adalah makanan favorit bagi burung kicau. Jadi banyak kroto dibutuhkan terutama oleh para pembudidaya burung kicau. 

Tenak kroto bisa Anda lakukan dengan modal yang sangat kecil. Berkisar Rp.300.000,- saja sudah bisa memulainya. Caranya buatlah kandang kroto, berikan makan dan pelihara agar berkembang biak. Selama Anda diketahui banyak pembudidaya burung kicau. Maka kroto Anda akan laris manis setiap harinya. 

6. Ternak Kelinci 

Selanjutnya adalah kelinci. Kelinci sendiri banyak dibudidaya dengan tujuan sebagai hewan kesayangan namun ada pula yang untuk konsumsi. 

Dan untuk restoran yang menyediakan daging kelinci pun banyak sekali. Terutama adalah rumah makan yang berada di tempat dingin seperti pegunungan dan sejenisnya. Karena memang mengkonsumsi kelinci bisa membantu untuk menghangatkan badan. 

Hal itulah yang menjadikan kelinci terus laku setiap hari. Meskipun permintaannya tidak setinggi ternak ayan maupun lele. 

Dan untuk sobat yang ingin membudidayakan kelinci bisa dimulai dengan modal kecil. Namun tentu saja dengan jumlah yang sedikit. Dan pakannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mencarikan rumput setiap harinya. 

7. Ternak Bebek 

Selain ayam, ada juga bebek yang patut untuk dipertimbanhkan sebagai pilihan hewan ternak. Karena yang namanya bebek cukup banyak di konsumsi setiap harinya. Hal inilah yang menjadikan bebek dibutuhkan setiap hari di tengah masyarakat kita. 

Lalu jika sobat ingin beternak bebek pun bisa dimulai dengan modal yang cukup kecil. Dengan ratusan ribu rupiah saja sobat bisa memelihara puluhan bebek di rumah. 

Kelebihan ternak bebek sendiri adalah kemudahannya dalam betahan hidup dan berkembang biak. Bisa dikatakan jauh lebih bandel dibandingkan ayam yang mudah sakit lalu mati. Sobat bisa memanfaatkan pekarangan yang ada dengan diberi pagar untuk melakukan ternak hewan yang satu ini. 

8. Ternak Burung Dara 

Yang selanjutnya adalah burung dara. Seperti kita ketahui burung yang satu ini dibudidayakan dengan tujuan. Ada yang dijadikan sebagai burung kesayangan dan dilombakan. Namun ada pula yang dijadikan sebagai konsumsi. Seperti banyak dijual di rumah makan maupun tempat pecel. 

Dalam upaya pemeliharaan burung dara sendiri cukup mudah dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Biasanya burung dara ini lebih cepar berkembang dengan bertelur dan mentaskan anak tersebut. 

Cuma membutuhkan indukan 2 pasang saja seorang pembudidaya bisa menghasilkan puluhan burung dara dalam waktu 1 tahun. Makanya yang paling penting adalah mencari indukan yang bagus untuk dikembangkan. 

9. Ternak Ikan Hias 

Selanjutnya adalah ternak ikan hias. Ikan hias adalah salah satu jenis ternak yang cukup banyak diminati di tengah masyarakat kita. Biasanya orang akan membelo sebagai koleksi hiasan dalam akuarium dirumah. 

Untuk ikan hias sendiri jenisnya sangat beragam. Sobat bis memilih ikan hias mana yang sesuai dengan modal yang dimiliki. Sebagai contoh untuk ikan hias cupang dam sejenisnya sobat hanya perlu modal 100.000 saja sudah cukup. Karena harga jualnya berkisar 5000 hingga 10 ribuan. 

Prospeknya untuk ternak ikan hias inipun sangat bagus. Karena untuk ikan hias sendiri penikmatnya dari segala kalangan dari anak-anak hingga dewasa. 

10. Ternak Jangkrik 

Jangkrik merupakan salah satu jenis hewan kecil yang ternyata banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk pakan burung berkicau. Karena dengan dikasih makan jangkrik biasanya kicau burung akan semakin bagus. 

Selanjutnya untuk melakukan bisnis budidaya ternak ini juga bisa dijalankan dengan modal yang sangat kecil. Dengan uang ratusan ribu saja Anda bisa menjalalankan budidaya jangkrik. Anda hanya pelu membuat kandang, pengaman dan mengisinya dengan makanan jangkrik. 

11. Ternak Burung Puyuh 

Selanjutnya adalah ternak burung puyuh. Burung puyuh adalah jenis burung konsumsi yang banyak dibutuhkan selain untuk konsumsi telurnya pun bisa dijual secara terpisah. Dengan membudidayakan burung yang satu ini Anda bisa mendapatkan keuntungan ganda. 

Selain itu untuk menjalankan bisnis ternak burung puyuh sendiri bisa dimulai dengan modal kecil. Yakni melalukan ternak puyuh dengan jumlah yang sedikit. Dengan modal 300-500 ribu Anda sudah bisa menjalankan ternak yang satu ini. 

Demikian sobat penjelasan kali ini mengenai ide bisnis ternak modal kecil. Dan dari beberapa jenis ternak diatas pilihlah jenis ternak yang paling Anda senangi. Karena dengan menjalankan bisnis yang Anda sukai maka akan lebih mudah untuk menjalankannya. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dam terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "11 Ide Bisnis Ternak Modal Kecil Yang Menguntungkan"

Berlangganan via Email