Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Freelance Adalah Pengangguran Yang Menghasilkan Uang

Daftar Isi [Tampil]

Freelance adalah pengangguran yang bisa menghasilkan uang. Disebut pengangguran karena memang tidak terikat kontrak kerja khusus dalam jangka panjang. Namun bukan berarti tidak punya ikatan kerja sama sekali, karena setiap freelancer (Orang yang menjalankan job freelance) akan tetap memiliki kesepakatan tertentu. 

Freelancer adalah seorang yang menangani job atau pekerjaan tertentu dengan perhitungan satu kali project. Sebagai contoh pekerjaan freelance yang memasarkan produk tertentu. Ketika produk laku dan mendapatkan komisi, maka sampai disitulah project atau job tersebut. Berbeda pekerja kontrak yang terus melakukan pekerjaan dalam sebuah kontrak jangka panjang.

Benarkah Freelance Adalah Seorang Pengangguran?

freelance adalah pengangguran

Banyak komentar di internet yang saya lihat bahwa freelance adalah pengangguran. Lalu apakah benar penyataan tersebut? Kalau untuk orang yang menilai bahwa kerja adalah jadi karyawan saja, maka bisa dibenarkan. Padahal selain bekerja belum tentu pengangguran, bisa berbisnis atau menjadi seorang freelancer.

Berarti ungkapan tersebut tidak benar. Karena meskipun tidak memiliki kontrak jangka panjang, namun seorang freelancer tetap memiliki pekerjaan. Yang membedakan adalah dari sisi penghasilannya. Tetap atau tidak tetap. Karena jika menjadi karyawan akan mendapatkan gaji tetap bulanan, sedangkan menjadi freelancer gajinya tidak pasti.

Kenapa Seseorang Memilih Menjadi Freelancer?

Lalu kenapa ada banyak orang yang ingin menjadi freelancer bukan menjadu karyawan kontrak atau karyawan tetap sebuah perusahaan? Pastinya akan ada yang mempertanyakan pertanyaan tersebut. Padahal pendapatannya tidak pasti, tapi kenapa malah memilih menjadi freelancer.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang lebih suka job freelance atau menjadi freelancer, antara lain sebagai berikut :

  • Tidak terikat jam kerja khusus, freelancer bebas menentukan jam kerjanya sendiri
  • Mengejar penghasilan yang lebih besar dari karyawan kontrak
  • Menjadi freelancer karena ingin mengembangkan potensi diri yang dimiliki
  • Ingin memiliki usaha dan bisnis yang mandiri
  • Karena sudah lelah dengan tekanan kerja kontrak 

Khususnya dalam hal penghasilan, bahwa frealancer justru memiliki peluang mendapatkan hasil yang tidak terbatas. Misalkan saja menjual produk secara freelance. Maka dia bisa menjual sebanyak mungkin dan mendapatkan komisi atau penghasilan yang tidak terbatas.

Lalu bicara mengenai potensi diri, terkadang seseorang memilih jadi freelancer karena memang ingin mengembangkan potensi yang dimiliki. Sebagai contoh menjadi penulis freelance. Selain menghasilkan uang, orang tersebut juga berniat untuk mengembangkan potensi dan bakat menulis yang dia miliki. 

Freelancer Onffline dan Freelancer Online

Pekerja freelance atau freelancer sendiri dibagi menjadi 2 kategori. Yakni freelancer offline dan online. Bedanya di medianya saja. Freelancer offline adalah mengerjakan sebuah job secara offline. Sedangkan freelancer online adalah mengerjakan sebuah job yang memanfaatkan media online.

Contoh untuk freelancer offline adalah orang yang mengambil job penjualan produk maupun jasa secara langsung. Misalkan saja dagang properti secara offline dan mendapatkan. Mengerjakan job jasa pasang ac secara freelance dan beberapa job lain yang dikerjakan secara offline.

Contoh untuk freelancer online adalah orang yang mengerjakan job freelance dengan media online. Misalkan saja mengerjakan job penulisan atikel online, penerjemah online, jasa desainer online, seorang edukator online, programer online yang mengerjakan job freelance dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Menjadi Freelancer Online

Yang lebih populer sekarang ini adalah freelancer online. Karena mendapatkan jobnya lebih luas dan bisa dikerjakan dengan cara yang lebih simple dari rumah. Dan untuk menjadi freelancer online tersebut Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Kenali Potensi Diri Terlebih dahulu

Sebelum menjadi seorang freelancer alangkah baiknya jika Anda mengenali potensi dan kemampuan diri Anda terlebih dahulu. Hal ini akan menjadikan Anda lebih mudah menentukan job apa saja yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan potensi diri Anda, maka Anda akan memghasilkan pekerjaan yang sesuai. Contoh :

" Alvian adalah orang yang suka menulis artikel dan mampu membuat artikel yang berkualitas.  Maka job freelance yang sesuai dengan Alvian adalah job penulisan artikel website, bergabung dengan team penulis freelance dan sejenisnya"

Lalu bagaimana dengan Anda? Potensi apa yang Anda miliki, itulah yang perlu Anda kembangkan dan mencari job freelance yang sesuai.

2. Mencari Job Di Situs Freelancer

Langkah selanjutnya ketika Anda sudah jalas mengenai keahlian Anda. Maka Anda tinggal mencari job yang sesuai. Mencari job freelancer online sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari mempromosikan langsung di media sosial, situs pasang iklan dan situs freelancer.

Untuk yang paling banyak jelas di situs freelancer. Disana memang gudangnya job freelance. Setiap pemberi job dan freelancer akan dipertemukan disana. Beberapa contoh situs freelancer antara lain :

  • Freelancer.co.id
  • Fiverr.com
  • Fastwork.id
  • Sribu lancer
  • project.co.id
  • Upwork.com
  • Dan lain lain . . . . 

Buatlah profil Anda dan carilah kategori job yang sesuai disitus-situs tersebut. Lakukan negosiasi dan menangkan job tertentu. Sampai disini Anda sudah berhasil mendapatkan job freelance

3. Mengerjakan Job Freelance dan mendapatkan bayaran

Setelah mendapatkan job tersebut tentu langkah selanjutnya adalah menyelesaikannya dengan baik. Perhatikan kesepakatan yang sudah Anda buat dengan customer Anda. Lakukan pekerjaan tepat waktu dan hasilkan karya yang sebaik mungkin. Karena hasil yang baik akan mampu mensukseskan Anda ke job-job yang selanjutnya.

Setelah selesai mengerjakan job maka setelah itu Anda akan mendapatkan sejumlah bayaran. Dan tentu saja bayaran tersebut sesuai dengan kesepatakan.

Bagusnya job freelance adalah bisa mengerjakan job sesuai dengan keinginan kita. Kalau mau dapat duit banyak ya silahkan cari job yang mahal. Atau kerjakan job sebanyak mungkin yang Anda bisa selesaikan.

4. Mengembangkan Brand Freelancer Milik Sendiri

Dari seorang freelancer Anda akan mempunyai usaha sendiri. Asalkan Anda mampu membangun brand milik Anda sendiri. Dan setelah itu Anda tidak perlu lagi bersaing dengan freelancer lain di situs-situs freelancer.

Caranya buatlah brand khusus untuk jasa freelancer yang Anda sediakan. Lalu promosikan kepada setiap klien yang Anda. Buat website Anda sendiri dan buka pelayanan jasa Anda di website Anda sendiri. Ketika website Anda terkenal dan memiliki banyak pelanggan, maka dari situlah Anda akan mendapatkan area usaha Anda sendiri. Sampai disini yang awalnya adalah freelancer lalu Anda memiliki usaha jasa milik Anda sendiri.

Namun untuk menjadi seorang freelancer yang sukses bukan hal yang mudah. Anda harus mampu menghasilkan sesuatu yang spesial dari apa yang Anda kerjakan. Selain itu juga harus mampu memenangkan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Kalau nama Anda sudah populer saya yakin job akan datang terus menerus kepada Anda.

Oke sobat, saya rasa cukup untuk artikel kali ini yang membahas tentang freelancer adalah pengangguran atau bukan. Yang jelas jawabannya adalah bukan. Karena seorang freelancer juga memiliki pekerjaannya sendiri. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Freelance Adalah Pengangguran Yang Menghasilkan Uang"

Berlangganan via Email