Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Optimasi SEO On Page Di Blogspot Agar Page One Google

Daftar Isi [Tampil]

Penting bagi Anda untuk belajar cara optimasi seo on page di blogspot milik Anda. Tentu saja agar bisa menjadi atau mendapatkan page one google. Bukan sesuatu hal yang mudah memang, namun juga bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Sebelum kita bahas lebih lanjut pada caranya, kita akan kupas terlebih dahulu apa itu SEO dan apa itu SEO On page dan Off Page. SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization adalah sebuah langkah menyesuaikan konten atau website dengan mesin pencari atau search engine. Karena di search engine lah berkumpul jutaan orang melakukan pencarian atas kebutuhan informasi mereka.

Tindakan optimasi SEO ini juga disebut dengan tindakan menyesuaikan dengan apa yang orang cari dalam mesin pencari. Dan berusaha untuk tampil lebih depan agar mendapatkan traffic yang tinggi. Sedangkan untuk SEO itu sendiri di bagi menjadi 2 yakni SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah langkah optimasi dari dalam blog atau website. Sedangkan untuk SEO Off Page adalah optimasi dari luar website.

Cara Optimasi Seo On Page Di Blogspot

Lalu jika memiliki sebuah blog dengan menggunakan hosting free milik blogspot. Apa saja hal-hal yang harus dilakukan dalam optimasi SEO On page maupun Off Page agar bisa tampil lebih depan dalam pencarian google? Hal itulah yang akan kita bahas kali ini. Kita akan fokuskan dahulu pada SEO On page untuk blogspot. Hal-hal yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Lakukan riset keyword 

Riset keyword adalah suatu hal yang wajib dalam melakukan optimasi SEO. Yakni mencari sebuah kata kunci yang kita targetkan dalam pembuatan artikel blog. Hal ini juga untuk menysuaikan artikel kita tepat sasaran dengan pengunjung yang kita targetkan. 

Untuk melakukan riset keyword ini sediri ada banyak sekali tools yang akan membantu. Tolls tersebut akan memberikan informasi daftar kata kunci beserta volume pencarian. Beberapa tolls tersebut antara lain :

  • semrush.com
  • smallseotools.com
  • ubersuggest
  • ahref
  • moz
  • dan masih banyak yang lainnya.

Pilihlah keyword yang mempunyai volume pencarian namun rendah persaingan. Khususnya untuk blog baru, meskipun volume tinggi, kalau blog dan situs kompetitor banyak yang authoritynya lebih tinggi juga susah untuk bisa dapat halaman 1 hasil pencarian google. 

Jadi carilah keyword yang potensial. Misalkan saja sebuah keyword tersebut banyak yang mencari namun di halaman pertama persaingannya rendah. Nanti diakhir artikel akan saya tunjukkan hasilnya. 

2. Peletakan keyword pada judul utama artikel 


Setelah mendapatkan keyword, pada judul artikel pastikan juga untuk mengandung keyword tersebut. Misalkan saja keyword "cara optimasi seo on page pada blogspot". Pastikan keyword tersebut ada pada judul artikel. 

Lalu selanjutnya bumbui dengan imbuhan kata-kata yang menarik pada judul tersebut. pembuatan judul juga seperlunya saja asalkan cukup mencakup keyword dan beberapa kata pendukung atau imbuhan. 

3. Peletakan Fokus Keyword pada paragraf pertama 

Peletakan keyword selanjutnya adalah pada paragraf pertama artikel yang Anda buat. Namun ini juga tidak harus Anda paksakan. Kalau sekiranya itu membuat rancu sebuah kalimat maka sobat bisa meletakkannya di paragraph kedua. 

Hal itu bertujuan agar pada saat mesin pencari membaca artikel kita langsung menemukan keyword yang kita tuliskan. 

Lebih bagus lagi, khusus untuk blogspot bisa meletakkan keyword di awal kalimat dari awal paragraf. Jumlah kata-kata yang mengandung keyword tersebut maksimal adalah 150 huruf. Boleh dalam 1 kalimat atau 2 kalimat. Hal ini nanti akan berguna untuk point selanjutnya yakni pengisian deskripsi penelusuran. 

4. Guanakan pembahasan artikel yang mendalam 

Point ke 4 ini adalah hal yang sangat penting. Bahkan ketika sobat fokus pada point ke 4 ini saja bisa page one. Yakni tulislah artikel dengan pembahasan yang mendalam. Mulai dari pengertian luarnya, jenis, contoh, manfaat dan lampirkan juga gambar bahkan video. 

Artikel dengan pembahasan yang lengkap akan sangat menentukan peringkat di pencarian google di samping beberapa faktor eksternal lainnya. Mengenai jumlah kata sebenarnya bebas. Yang pembahasan tuntas sampai tidak menimbulkan pertanyaan lagi. 

Biasanya yang saya lakukan adalah mengecek kompetitor lain di halaman pertama pencarian google. Saya harus memastikan apa yang mereka bahas juga ada dalam artikel saya. Lalu saya harus melengkapi apa saja yang tidak ada pada mereka. 

Dengan melihat kompetitor seperti ini sobat akan mampumenyajikan sebuah konten yang lebih lengkap. Dengan begitu artikel yang sobat buat akan unggul daripada yang lain. 

5. Maksimalkan penggunaan heading pada judul dan sub judul 

Selanjutnya pastikan untuk memaksimalkan penggunaan heading. Apabila sobat membahas sesuatu yang ada item-item submenu atau sub judul di dalamnya. Sebagai contoh artikel yang saya buat kali ini. Untuk penyebutan setiap sub judul saya buat sub heading. 

Ketika pembuatan heading berhasil maka hasil di pencarian akan seperti ini : 

Itu adalah salah satu contoh artikel yang saya tulis dengan memaksimalkan heading.  

Lalu dengan adanya sub heading sobat juga bisa meletakkan keyword turunan dari keyword utama milik Anda. Contoh misalkan keyword pertama adalah pengertian seo, maka di subheading bisa meletakkan keyword turunan berupa macam-macam seo, contoh seo dan beberapa keyword lain yang berhubungab dengan keyword utama. 

6. Gunakan tabel Of Content (TOC)

Selanjutnya adalah penggunaan tabel of content, atau nama lainnya adalah daftar isi. Perhatikan contoh gambar diatas. Itu akan memperjelas kepada pengunjung materi apa saja yang ada dalam sebuah blog. 

Lalu selain memperjelas kepada pengunjung. Juga akan memperjelas kepada mesin pencarian mengenai point-point apa saja yang ada dalam sebuan artikel. Contoh penggunaan table of content yang terbaca dalam mesin pencarian : 

Munculnya menu loncat ke pada gambar diatas adalah efek dari TOC yang saya buat. Meskipun pada gambar tersebut bukan keyword utama namun dapat rangking di pencarian. 

7. Gunakan label artikel yang tepat 

Selanjutnya adalah pengisian label artikel. Ini juga hal penting yang harus sobat isi. Buatlah sebuah labeh yang menjelaskan topik atau bahasan dalam artikel. Seperti yang saya buat pada artikel kali ini, saya memberikan label optimasi seo on page. 

Untuk artikel yang lain saya juga menggunakan label yang masih bersangkutan dengan apa yang saya bahas. Dan hasilnya akan terbaca di pencarian google seperti ini :  

Diatas adalah contoh artikel yang membahas mengenai menabung, dan saya berikan label tips keuangan. Jadi label ini akan memperjelas topik apa yang dibahas dalam sebuah artikel.

8. Setting permalink dengan keyword 

Pembuatan permalin atau url dari artikel yang kita terbitkan juga akan mempengaruhi SEO. Jadi usahakan untuk mengisi permalink dengan keyword yang kita targetkan. Atau minimal isikan dengan topik yang sejenis dengan artikel kita. 

Caranya setting permalink blog antara lain sebagai berikut : 

  • Lihat menu edit sebelah kanan
  • Klik pada tulisan permalink
  • Pilih permalink khusus
  • Masukkan keyword

lalu sebelum publish pastikan permalink sudah sesuai apa yang kita inginkan. 

9. Jangan lupa mengisi deskripsi penelusuran 

Selanjutnya jangan lupa untuk mengisi kolom deskripsi penelusuran. Karena disinilah kalimat yang mewakili seluruh artikel. Buatlah deskripsi penelusuran tersebut maksimal adalah 150 huruf. 

Pengisian deskripsi penelusuran ini ada sangkut pautnya dengan point ketiga pada materi kali ini, yakni fokus keyword pada 150 huruf pada awal paragraf. Kalau sobat bisa membuatnya seperti digambar juga lebih bagus. tapi kalau tidak yang penting ada keyword dan kalimat penjelas dalam deskripsi penelusuran. 

10. Optimasi gambar artikel dengan keyword atau topik bahasan

Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan optimasi gambar. Ini penting karena dengan melakukan optimasi gambar sobat bisa memperjelas tujuan dan maksud artikel yang dibuat kepada search engine.

Namun sebelumnya pilihlah gambar yang benar-benar sesuai dengan bahasan terlebih dahulu. Karena kejelasan terhadap pengunjung juga jauh lebih penting. 

Bisa dilihat pada artikel kali ini, saya mencoba untuk menjelaskan juga dengan gambar pada beberapa menu yang saya buat. Dengan begitu Anda pasti akan mudah untuk memehaminya.

Untuk melakukan optimasi gambar yang diupload pada artikel di blogspot, antara lain sebagai berikut :

  • Klik pada menu tambahkan gambar
  • Pilih gambar dari galeri
  • Kemudian upload
  • Klik pada gambar tersebut lalu pilih pengaturan
  • Masukkan text alternatif dan teks judul
  • Lalu klik simpan
Untuk pemberian nama pada text alternatif dan text judul bisa menggunakan keyword atau bisa juga menjelaskan gambar apa yang sobat upload tersebut

11. Gunakan internal link ke artikel pendukung 

Internal link merupakan hal yang sangat penting dalam hal SEO on page. Hal ini menjelaskan bahwa artikel yang kita buat juga memiliki artikel pendukung yang lain. 

Selain bagus untuk SEO, internal link juga bagus untuk menurunkan bounce rate dari pengunjung karena kita arahkan untuk membaca artikel-artikel yang lain. 

Ada fungsi lain dalam pembuatan internal link adalah penekanan pada anchor text untuk artikel yang dituju. Mungkin akan kita bahas lain kali untuk masalah yang satu ini. 

12. Berikan kesimpulan artikel 

Yang terakhir adalah buatlah kesimpulan artikel. Ini penting bagi pengunjung dan penting juga bagi optimasi mesin pencari. 

Bagi pengunjung kesimpulan akan menjelaskan intin dari pembahasan artikel yang kita buat. Dan bagi mesin pencari, pembuatan paragraf kesimpulan adalah kesempatan kita untuk menekankan keyword satu kali lagi. 

Contoh hasil optimasi SEO yang saya lakukan : 

Dari materi yang saya sampaikan diatas sudah saya praktekkan juga pada beberapa domain blog yang saya tulis. Beberapa diantaranya berhasil dapat halaman 1 pencarian google. Tentu saja untuk keyword yang rendah saing karena blog tersebut authoritynya masih cukup rendah. Hasilnya antara lain sebagai berikut : 

Contoh 1 

Contoh 2 
Contoh 3 : 

Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Namun hal itu juga tidak serta merta page one begitu saja. Menurut pengalaman, rata-rata page one adalah dalam jangka 1 sampai dengan 3 bulan. Justru optimasi yang dalam waktu singkat page one itu kurang bagus. Karena biasanya spam keywordnya terlalu tinggi. 

Pasti akan ada yang bertanya atau menyangkal. Ya iyalah keyword rendah saing pasti gampang page one. Ya karena memang untuk page one tidak bisa dari seo on page saja. Domain authority atau popularitas sebuah brand juga pengaruh. Sebagai contoh saya menulis artikel di viva dan menulis artikel lebih lengkap di blog baru, hasilnya pun beda. ini cuma iseng-iseng beberapa waktu yang lalu. perhatikan gambar 1 dan 2 berikut ini : 

Gambar 1 : 

Gambar 2 : 

Sama2 artikel tersebut saya yang buat karena saya penasaran akan domain authority waktu itu. Padahal di viva saya nulis tidak lengkap, cuma potongan artikel saja dan justru page one, yang lengkap malah di halaman ke 3. Jadi dalam membuat sebuah optimasi SEO juga harus disesuaikan dengan takaran kekuatan domain dan situs itu sendiri. Baru nanti ketika situs sudah mulai berumur naik ke tingkatan yang atasnya lagi dan lagi.

Kesimpulan 

Oke sobat, saya kira sudah cukup jelas mengenai cara optimasi seo on page di blogspot. Dengan melakukan beberapa langkah diatas InsyaAllah artikel yang Anda buat akan menjadi lebih depan dibandingkan artikel dari kompetitor Anda. Tidak ada jaminan untuk page one, tapi jika sobat melakukan ke 11 cara diatas dan di optimalkan dengan backlink dan optimasi off page yang lain saya yakin akan mudah bisa page one. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "12 Cara Optimasi SEO On Page Di Blogspot Agar Page One Google"

Berlangganan via Email