Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Freelancer Online Sukses Dalam 7 Langkah

Daftar Isi [Tampil]

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin tahu cara menjadi seorang freelancer online yang sukses. Maka perbanyaklah belajar dan melakukan peningkatan dari banyak sisi. Karena kesuksesan seorang freelancer tidak akan di dapatkan dengan mudah apalagi hanya dengan bersantai dan enak-enakan saja. Namun bukan berarti kesuksesan tersebut tidak mungkin, selama Anda memperjuangkannya pasti nanti bakalan terwujud. 

Sebelum masuk kepada cara-caranya, saya mau bertanya dulu nih. Apa standart kesuksesan dari profesi freelancer yang Anda jalankan sekarang? Apakah dapat uang banyak? Job Banyak? Terkenal? Atau sukses yang bagaimana. Perjelas dulu tujuan Anda tersebut karena target yang Anda capai jika jelas maka akan semakin mudah untuk menggapainya. 

Kelebihan seorang freelancer adalah semua ada di genggaman Anda sendiri. Mulai dari bagaimana Anda menciptakan peluang, mengambil banyak peluang sampai dengan soal penghasilan. Jadi Anda harus pandai dalam mengoptimalkan semua sisi dengan baik. Dengan begitu soal penghasilan nanti akan mengikuti dengan sendirinya.

Cara Menjadi Freelancer Online Sukses Dari Nol

cara menjadi freelancer sukses

Baiklah sobat, sekarang waktunya kita bedah satu persatu mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan keinginan jadi freelancer sukses yang Anda cita-citakan. Antara lain sebagai berikut : 

1. Fokus pada satu jenis job freelance

Fokus pada satu jenis job freelance merupakan langkah awal untuk manjadikan diri Anda profesional. Fokuslah sesuai dengan potensi dan keahlian yang Anda miliki. Misalkan saja memutuskan untuk jadi freelancer penulis, maka fokuslah untuk menangani job penulisan saja.

Fokus ini penting karena dengan begitu Anda akan terus melakukan hal di bidang yang sama. Dan keahlian Anda pun akan terus menerus terasah dengan baik.

Jangan tergoda dengan bayaran tinggi dari job lain. Namun buatlah job yang sekarang kamu tekuni dibayar tinggi. Dari sinilah Anda akan berusaha untuk banyak perbaikan diri.

Kekuatan fokus itu luar biasa hloh. Banyak orang yang menjadi sangat ahli karena mereka fokus. Bukan cuma kerja asal dapat bayaran. Namun kerja untuk menyajikan sebuah hasil yang sempurna.

2. Tingkatkan potensi dirimu dalam menjadi freelancer

Upgrade merupakan hal penting, dan itu harus Anda lakukan. Misalkan saja menjadi freelancer penulis. Maka di waktu luang sempatkan diri Anda untuk belajar dan belajar. Terus mempelajari ilmu baru dalam bidang Anda agar keahlian meningkat.

Contoh sebuah updgrade seorang freelancer. Jika Anda dulu mampu menulis artikel hanya 1 dalam sehari, maka setelah ini Anda harus mampu menulis 2. Itu upgrade dari segi kecepatan. Jika dulu hanya mampu menulis bahasa indonesia, sekarang belajar menulis bahasa inggris. Itu upgrade dari segi keahlian. Dan masih banyak lagi upgrade lainnya.

Percayalah ketika kualitas hasil kerja Anda bagus. Maka bayaran Anda nantinya juga akan mengikuti. Klien yang mengerti pasti bisa menilai bagaimana hasil kerja yang Anda lakukan tersebut.

3. Jadikan profesi freelancer sebagai kerja fulltime

Meskipun disebut sebagai job freelance, tapi jangan setengah-setengah dalam mebgivestasikan waktu Anda. Mentang-mentang freelance aja cuma 1-2 jam perhari Anda kerjakan. Ya jelas Anda gak bisa cepat sukses sebagai freelancer.

Saya ada sebuah uangkapan buat Anda :

" Mending saya kerja 12 jam sehari untuk kesuksesan saya sendiri, daripada kerja 8 jam sehari untuk kekayaan orang lain"

Inilah bedanya Anda dengan karyawan-karyawan di perusahaan. Buat apa setengah-setengah, padahal job yang Anda kerjakan adalah untuk Anda sendiri. Dan biasanya orang yang mendedikasikan diri dengan waktu tinggi di usaha yang dia jalankan. Dia akan memiliki peluang sukses lebih besar. Dan yang cuma menganggap sebagai sampingan, ya hasilnya cuma sebatas sampingan.

4. Menangkan persaingan dalam situs-situs freelancer

Selanjutnya penting bagi sobat untuk bisa memenangkan persaingan. Terutama untuk Anda yang bersaing di situs-situs freelacer misalnya jooble dan sejenisnya. Karena persaingan disana cukup tinggi, kalau gak bisa bersaing ya gak akan dapat job.

Menangkan persaingan dengan mengerjakan semua pekerjaan tepat waktu. Lebih baik jika bisa selesai sebelum dead line tiba. Lalu dari segi kualitas dan penawaran harga juga penting.

Di situs freelancer, bagi seorang pemula jangan fokus pasang harga tinggi. Tapi fokuslah dapat banyak pelanggan meskipun harga agak murah. Dari situ Anda kasih hasil sebaik mungkin untuk mendapatkan rating tinggi. Baru setelah raring bagus, Anda punya nama setelah pasang harga berapa saja bisa laku.

5. Perkuat personal branding

Memperkuat personal branding adalah hal penting yang harus dilakukan seorang freelancer. Karena seberapa kuat dan populer personal branding Anda, maka akan menentukan nilai jual dan minat pelanggan terhadap jasa Anda.

Ada sebuah cara yang cukup bagus untuk memperkuat personal branding. Yakni dengan membuat blog atau website. Buatlah sebuah blog yang menceritakan diri Anda itu bagaimana. Profil Anda, foto dan kegiatan-kegiatan Anda.

Selain pasang profil di blog atau website. Usahakan untuk membuat atau menampilkan seluruh hasil karya dalam blog tersebut. Dengan begitu orang akan tahu bagaimana diri Anda dan seberapa kualitas dari pekerjaan Anda.

Ini cukup efektif untuk memperkuat brand jasa freelance yang Anda sediakan. Dan jangan lupa juga untuk membuat nama brand yang mudah dikenal dan diingat orang-orang.

6. Atur keuangan hasil job freelance dengan baik

Selanjutnya jangan lupa untuk mengatur keuangan dari job freelance yang Anda lakukan. Jadu penting bagi sobat untuk berhemat. Apalagi masih pemula pelanggan baru satu, dapat hasil langsung di habiskan. Itu jelas salah, karena yang namanya job freelance kalau nama Anda belum besar bisa saja sepi job.

Makanya hemat itu diperlukan. Agar ketika sepi job Anda masih memiliki sejumlah uang tabungan. Selain itu dengan Anda menabung, nantinya bisa untuk mengiklankan jasa Anda dan keperluan yang lainnya.

Yang jelas yang namanya manajemen keuangan perlu dilakulan oleh siapapun. Termasuk oleh seorag freelancer. Dengam begitu keuangan Anda aman dan bisa untuk keperluan pribadi maupun keperluan usaha.

7. Bangun perusahaan jasa Anda sendiri

Selanjutnya adalah bagun perusahaan jasa Anda sendiri. Misalkan saja dengan membuat sebuah CV dan sejenisnya. Ini adalah sebuah langkah besar Anda menuju perusahaan milik Anda sendiri.

Dengan melegalkan jasa Anda, maka orang pun juga akan segan. Banyak pengaruhnya, terutama untuk harga pun pastinya juga bisa menjual dengan lebih mahal. Lalu kepercayaan pelanggan pun akan mudah Anda dapatkan ketika Anda menjalankan usaha dengan badan hukum yang jelas.

Lalu jika sudah memiliki banyak pelanggan Anda bisa membangun sebuah tim yang nantinya akan mengerjakan semua job dari sejumlah klien milik Anda.

Meskipun gampang diucapkan namun cukup sulit untuk dilakukan. Makanya Anda perlu yang namanya terus berjuang, berproses dang berusaha terus meningkatkan diri. InsyaAllah cita-cita Anda untuk menjadi freelancer sukses akan tercipta di kemudian hari nanti.

Oke sobat, demikian yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai cara menjadi freelancer yang sukses mulai dari nol. Selama Anda mau berjuang saya yakon Anda akan berhasil mencapainya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer Online Sukses Dalam 7 Langkah"