Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji 2 Juta

Daftar Isi [Tampil]

Kalau tahu cara bagaimana menabung yang benar, maka dengan gaji 2 juta rupiah untuk beli rumah impian bisa kamu wujudkan suatu saat nanti. Dengan beberapa sayarat tentu saja. Memang bukan sesuatu hal yang mudah, namun juga bukan sesuatu hal yang tidak mungkin. 

Diantara Anda mungkin ada yang sedang mengalami masalah yang satu ini. Mungkin selama ini masih kos, ngontrak atau bahkan masih tinggal sama orang tua. Jika sudah cukup dewasa, apalagi sudah mempunyai keluarga sendiri, memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian yang tidak terelakkan. 

Bagi kamu yang bekecukupan atau mempunyai penghasilan besar, saya rasa tidak akan ada masalah. Namun di luaran sana ada saja orang yang memiliki gaji kecil dan belum bisa juga untuk beli sebuah rumah. 

Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji 2 Juta

menabung beli rumah

Kali ini bisnisan.id akan coba memberikan solusi buat Anda mengenai masalah yang satu ini. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang juga antara lain : 

1. Tentukan Harga Rumah Yang Ingin Di Beli

Baiklah sobat, karena target menabung Anda adalah bisa membeli sebuah rumah. Maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui harga rumah itu sendiri. 

Untuk gaji yang kecil, saya ada ide bagus. Yakni membeli rumah yang setengah jadi. Biasanya ada rumah yang sudah berdiri namun belum sampai tahap finishing. Hal ini akan jauh lebih murah daripada rumah yang sudah jadi.

Kan minimal Anda bisa menempati sebuah rumah dan bisa tinggal bersama dengan keluarga. Anda bisa membuka sebuah situs yang menjual rumah secara lengkap. Rumah.com misalnya, di dalamnya ada beberapa info mengenai harga rumah dari berbagai daerah di Indonesia. 

harga rumah

Harganya pun sangat beragam. Mulai dari harga Rp.65.000.000 sampai dengan harga milyaran rupiah. Itu sebagai contoh adalah rumah di daerah tempat saya tinggal, yakni cikarang, Bekasi. 

Coba lakukan survey dan perjelas jenis rumah, ukuran rumah dan harga rumah yang Anda inginkan. Dari situ nanti Anda akan lebih mudah untuk menabung.

2. Buat Perhitungan Menabung dan Jadwal Menabung 

menghitung

Setelah memastikan harga rumah dan tipe rumah yang Anda inginkan. Maka langkah selanjutnya adalah membuat perhitungan dan jadwal menabung.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli sebuah rumah seharga Rp.100.000.000,-. Maka Anda perlu menabung setahun minimal 10 juta rupiah dan selama 10 tahun baru bisa terkumpul. Apalagi dengan gaji 2 juta rupiah saja.

Untuk itu saya memberikan saran untuk Anda. Yakni menabung untuk bisa melakuakan DP rumah. Jadi Anda membeli rumahnya dengan cara kredit. Hal ini biasanya lebih work it untuk orang-orang yang memiliki gaji kecil.

Misalkan saja dalam 1 tahun pertama Anda menabung untuk DP rumah yakni sebesar Rp.10.000.000,-. Maka ditahun kedua Anda sudah memiliki sebuah rumah. Ya meskipun kredit, tapi hampir sama dengan Anda kontrak rumah. Bedanya kalau kredit rumah nantinya rumah itu akan menjadi milik Anda sendiri.

DP Rumah Rp.10.000.000,-, maka setiap bulan Anda harus menabung sebesar Rp.900.000,- selama satu tahun. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan gaji Rp.2.000.000,- 

3. Mulai Menabung Secara Konsisten

menabung-konsisten

Oke langkah selanjutnya adalah mulai menabung secara konsisten sampai dengan target Anda tercapai. Hal ini Anda lakukan setiap bulan atau setiap minggu, sesuaikan saja dengan tanggal gajian Anda agar lebih mudah. 

Perlu Anda ingat baik-baik, bahwa menabung kuncinya adalah rutin. Jangan pernah bolong dengan jadwal yang sudah Anda buat sendiri. Usahakan untuk terus menabung tepat waktu.

Jika memang target Anda menabung adalah sekitar 1 juta dalam sebulan. Maka usahakan untuk biaya hidup dan lain-lain Anda cukup dengan 1 juta saja, karena gaji Anda cuma 2 juta rupiah.

Berhemat merupakan kunci yang mendukung kesuksesan dalam menabung. Anda bisa melakukan beberapa penghematan biaya sehari-hari yang bisa mendukung suksesnya menyisihkan 1 juta rupiah perbulan.

4. Terus Berusaha Meningkatkan Penghasilan

Yang terakhir adalah berusaha untuk terus bisa meningkatkan penghasilan. Ini merupakan hal yang sangat penting. Karena semakin besar penghasilan Anda, maka semakin mudah Anda dalam menyisihkan uang. 

Lagi pula untuk Anda yang memiliki gaji 2 juta perbulan, apa cukup jika gaji Anda terus segitu? Makanya Anda harus memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan lebih besar agar impian untuk beli rumah Anda bisa segera tercapai. 

Ada beberapa cara meningkatkan penghasilan Anda agar bisa sukses dalam menabung untuk beli rumah, antara lain : 

  • Mengambil jadwal kerja lembur
  • Mengambil atau menjalani double job
  • Menjalankan bisnis atau usaha sampingan
  • Narik ojek online
  • Dan lain lain . . . . . 

Dan ini bisa menjadi sebuah kesuksesan untuk bisa membeli rumah impian Anda hloh. Jadi jangan malas untuk terus berusaha dengan baik. 

Kesimpulan

Kesimpulan untuk cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta, apakah mungkin? Jawabannya sangat mungkin. Tergantung daripada konsistensi Anda dan juga tekat Anda dalam mengumpulkan uang itu sendiri. Selain itu Anda juga harus memikirkan bagaimana penghasilan Anda bisa terus meningkat, karena semakin besar penghasilan semakin mudah dalam menabung. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke situs belajar bisnis dan keuangan.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji 2 Juta"

Berlangganan via Email