Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung 10 Juta Dalam 6 Bulan Yang Mudah Dilakukan

Daftar Isi [Tampil]
Cara menabung 10 juta dalam 6 bulan. Mungkin diantara sobat ada yang sedang menjalankan program satu ini. Atau sedang menargetkan uang 10 juta dalam 6 bulan lagi dengan menabung. Yang paling penting adalah disiplin dan konsisten. Asalkan sobat bisa menepati jadwal menabung yang dibuat, saya yakin bisa terkumpul.

Menabung adalah sebuah proses menyisihkan dan mengumpulkan uang berkali-kali. Jadi yang paling penting adalah seberapa sering Anda menabung, bukan seberapa besar dalam sekali menabung. Namun jika sobat memiliki target tertentu juga harus dengan perhitungan yang benar. Agar taeget menabung tersebut bisa tercapai.

Dengan menargerkan jumlah 10 juta dalam 6 bulan artinya sobat sudah memiliki keperluan tertentu donk. Entah itu beli barang impian atau keperluang lainnya. Yang jelas jadinkalah tujuan menabung sobat tersebut sebagai motivasi agar terus disiplin dalam proses menabung.

Cara Menabung 10 Juta Dalam 6 Bulan

cara menabung 10 juta dalam 6 bulan

Ada beberapa langkah yang perlu sobat kerjakan dalam upaya atau program cara menabung 10 juta dalam 6 bulan kali ini, antara lain sebagai berikut : 

1. Tentukan perhitungan yang tepat dalam menabung

Perhitungan menabung menjadi sangat penting, karena dengan perhitungan yang benar akan memudahkan Anda dalam proses menabung. 

Lalu sebelum sobat melakukan rutinitas menabung cobalah buat perhitungan menurut sobat sendiri, atau bisa mengikuti ide hitung-hitungan dari saya berikut ini. 

Target menabung adalah selama 6 bulan dengan target uang terkumpul adalah 10 juta. Yang harus Anda fikirkan adalah jangka waktu menabung terlebih dahulu. Apakah ingin melakukannya dengan cara harian, mingguan atau bulanan.

Jika ingin melakukannya dengan cara bulanan, maka hitungannya sebagai berikut :

  • Target 10 juta 
  • Menabung bulanan, berarti menabung 6 kali
  • Rp. 10.000.000,- dibagi 6 bulan adalah Rp. 1.670.000,-
  • Maka setiap bulan wajib menabung sebesar Rp.1.670.000,-

Jika ingin melakukannya dengan cara mingguan, maka hintungannya sebagai berikut : 

  • Target 10 juta
  • Menabung mingguan, berarti ada 26 minggu karena dalam satu tahun ada 52 minggu
  • Rp. 10.000.000,- dibagi 26 kali, adalah Rp. 385.000,-
  • Maka setiap minggu wajib menabung sebanyak Rp.385.000,-

Jika ingin melakukannya dengan cara harian, maka perhitungannya sebagai berikut :

  • Target 10 juta
  • Menabung harian, berarti ada 182 hari
  • Maka Rp.10.000.000,- dibagi 182 hari adalah Rp.56.000,-
  • Jadi setiap hari wajib menabung Rp.56.000,-
Sampai disini Anda bisa menentukan memilih menabung dengan sistem yang mana untuk mencapai target 10 juta tersebut. Apakah mingguan, bulanan atau harian. Sesuaikan saja dengan gajian dan penghasilan Anda. Jika gajianmu adalah harian, maka pilihlah harian, jika mingguan maka pilihlah mingguan, atau jika gajianmu bulanan pilihlah menabung bulanan selama 6 bulan.

2. Membiasakan hidup hemat

Langkah penting yang selanjutnya adalah memulai pola hidup yang hemat. Ini berguna untuk mensukseskan proses menabung yang Anda lakukan. Karena kalau Anda boros, sampai kapanpun juga uang akan habis tak bersisa dan tidak bisa menabung.

Berhematlah demi target yang Anda buat tersebut. Karena seberapa sukses Anda dalam menabung, semuanya tergantung pada diri Anda sendiri. 

Kurangi pengeluaran yang tidak penting. Upayakan untuk meminimalisir pengeluaran konsumtif sehari-hari seperti makan, uang pulsa dan yang lainnya. Tekan sekuat mungkin pengeluaran sampai uang Anda banyak tersisa. 

Jangan lupa juga selain berhemat untuk memaksimalkan pendapatan atau pemasukan Anda. Karena semakin besar pendapatan, maka semakin mudah pula untuk menyisihkannya. Sobat bisa menambah jam kerja atau bisa menjalankan bisnis sampingan sehingga pemasukan bertambah. 

3. Konsisten menabung selama 6 bulan

Jika pemasukan sudah stabil dan Anda juga bisa berhemat. Maka selanjutnya tinggal konsistensi Anda dalam menabung. Konsisten lah menabung selama 6 bulan yang sudah Anda programkan diatas. 

Ingat, bahwa menabung akan berhasil atau tidak semuanya tergantung pada konsistensi yang Anda lakukan. 

Selama 6 bulan usahakan selalu tepat waktu sesuai dengan jadwal menabung yang sudah Anda buat. Selama 6 bulan itu pula silahkan sobat berjuang secara disiplin. 

Salah satu cara agar sobat bisa konsisten dalam menabung adalah mengingat target atau tujuan Anda dalam menabung. Dengan mengingat tujuan atau impian tersebut maka sobat akan termotivasi untuk terus menabung. 

4. Dapatkan target 10 juta

Jika Anda bisa konsisten menabung dalam waktu 6 bulan sesuai dengan hitungan diatas. Maka Anda akan berhasil mencapai target 10 juta yang Anda inginkan. 

Target ini sekilas memang terlihat besar, namun coba Anda perhatikan jika dalam sehari bisa menyisihkan 56.000 saja maka 10 juta bisa Anda capai dengan baik.

Selamat berjuang buat Anda yang memiliki hajat menabung yang satu ini. Sekali lagi kesuksesan menabung Anda tergantung pada konsistensi diri Anda sendiri. Jika Anda konsisten, maka target 10 juta bisa Anda capai.

Oke sobat, sekian dulu panduan kali ini mengenai cara menabung 10 juta dalam 6 bulan. Dengan beberapa langkah diatas InsyaAllah akan membantu sobat mewujudkannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung 10 Juta Dalam 6 Bulan Yang Mudah Dilakukan"