Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Pinjaman Online Yang Aman Dalam 5 Langkah

Daftar Isi [Tampil]

pinjaman-online

Cara Memilih Pinjaman Online Yang Aman - Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya meminjam secara online untuk saat ini. Yakni melakukan proses pengajuan pinjaman sampai dengan pencairan semuanya di proses secara online. Dan ini adalah sebuah keuntungan bagi Anda karena keseluruhan prosesnya akan jauh lebih cepat dan lebih mudah.

Akan tetapi yang nemanya melakukan pinjaman online harus benar-benar mempertimbangkan banyak hal. Kalau gak urgent kami sarankan untuk tidak melakukannya. Karena rata-rata bunga pinjaman dalam meminjam online nilainya akan sangat besar. Dan juga tenornya pun juga cukup pendek. Untuk keperluan yang tidak urgent lebih baik tidak melakukan yang namanya pinjaman online.

Lalu dalam meminjam secara online Anda akan dikenalkan dengan yang namanya aplikasi pinjaman online. Disinilah Anda harus mengetahui aplikasi mana saja yang bagus dan mana yang kurang bagus. Sebelum membahas lebih jauh sebenarnya apa itu aplikasi pinjaman online? Dan bagaimana cara kerja atau cara menggunakannya?

Apa Itu Aplikasi Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online adalah sebuah aplikasi yang menyediakan pinjaman tunai secara online. Aplikasi-aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan pembiayaan yang bergerak dalam bidang fintech. Fintech sendiri adalah financial technology, yang artinya adalah layanan keuangan dengan memanfaatkan teknologi terkini, khususnya adalah teknologi internet dan teknologi di bidang perangkat lunak, mulai dari website dan juga aplikasi. 

Bisa diartikan juga bahwa aplikasi pinjaman online adalah sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pinjaman secara online. Caranya Anda hanya perlu mendownload aplikasi tersebut, mendaftarkan data diri ke aplikasi tersebut, mengajukan pinjaman dan memantau segala aktifitas pinjaman Anda melalui aplikasi tersebut. Termasuk dalam hal pembayaran pinjaman yang sudah Anda lakukan.

Mengapa Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online ?

Mungkin Anda juga akan bertanya, kenapa banyak orang mau menggunakan aplikasi pinjaman online? Ada beberapa penyebab kenapa apk pinjol banyak digunakan ditengah masyarakat kita, antara lain : 

  • Menggunakan aplikasi pinjaman online prosesnya lebih cepat
  • Menggunakan aplikasi pinjaman online tidak ribet seperti mengajukan pinjaman offline
  • Sulitnya mendapatkan persetujuan meminjam langsung di offline, baik itu dari koperasi maupun dari bank
  • Faktor kebutuhan yang tidak bisa ditunda lebih lama lagi
  • Ingin melakukan pinjaman dengan privasi tinggi dari orang-orang disekitar

Beberapa alasan diatas saya kira sudah cukup jelas jadi penyebab kenapa banyak orang menggunakan aplikasi pinjaman online. Namun dalam menggunakannya pun harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi pinjaman onlie itu sendiri, karena kalau tidak bisa mengakibatkan kerugian terhadap Anda. 

Apa saja kerugian jika salah memilih aplikasi pinjaman online? Yang pertama pelayanan buruk mungkin bisa Anda dapatkan. Yakni penagihan yang kasar dan sejenisnya. Yang kedua keamanan data Anda bisa terancam. Yakni bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dan dampak buruk yang ketiga adalah Anda akan mendapatkan bunga dan biaya admin yang sangat besar. Makanya agar tidak mengalami hal tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara memilih pinjaman online yang aman.

Cara Memilih Pinjaman Online Yang Aman

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan mengenai cara memilih pinjaman online yang aman untuk Anda, antara lain sebagai berikut : 

1. Perhatikan Perizinan Aplikasi Pinjaman Online

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah perhatikan perizinan dari aplikasi pinjaman online tersebut. Aplikasi yang baik pastinya akan mendaftar dan mendapatkan izin operasi terlebih dahulu. 

Jadi jangan asal menggunakan aplikasi yang tidak berizin resmi, kecuali kalau memang benar-benar darurat.

Karena aplikasi yang tidak berizin biasanya mereka akan semena-mena karena tidak menganut landasan hukum manapun. Mulai dari penetapan bunga, cara pelayanan, penagihan dan termasuk dalam keamanan data milik Anda

Cara melihat izinnya Anda bisa lihat di dalam aplikasi atau websitenya. Disana sudah ada lambang Otoritas Jasa Keuangan atau OJK atau belum. Kemudian cek di websitenya apakah sudah ada keterangan nomer izinnya atau belum.

Lalu untuk memastikan izinnya itu benar atau tidak, sobat cek pada halaman OJK nya langsung. Apakah benar nomer registrasi atau nomer izin tersebut benar-benar terdaftar atau tidak.

2. Pilih Pinjaman Online Yang Mentaati Aturan OJK

Selanjutnya sobat silahkan memilih pinjaman online yang benar-benar mentaati peraturan dari OJK. Karena ada juga beberapa pinjol yang sudah memiliki izin namun nyatanya masih saja memberikan pelayanan yang buruk.

Makanya selain memperhatikan perizinannya juga melihat apakah layanan pinjol tersebut benar-benar mentaati peraturan OJK atau tidak.

Dalam hal ini pihak Otoritas Jasa Keuangan sudah pernah mengeluarkan aturan tersendiri. Anda bisa menyimaknya di https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Pages/POJK-tentang-Layanan-Pinjam-Meminjam-Uang-Berbasis-Teknologi-Informasi.aspx 

Disitu ada penjelasan lengkap terkait POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

3. Pilih Pinjaman Online Yang Banyak Testimoni Baik

Selanjutnya Anda silahkan memilih aplikasi pinjaman online yang memiliki testimoni yang baik. Hal ini bisa Anda lihat pada komentar dan ulasan dari para pengguna aplikasi pinjol sebelumnya. 

Cara paling mudah adalah melihatnya pada ulasan aplikasi di google playstore. Disana biasanya akan ada banyak komentar dari para pengguna terkait aplikasi tersebut.

Nah, dari situ Anda bisa memilih aplikasi pinjaman online yang banyak mendapatkan komentar baik dari penggunanya. Biasanya aplikasi seperti itu akan memiliki rating rata-rata ulasan yang cukup tinggi.

4. Pilih Pinjaman Online Dengan Syarat Yang Benar

Selanjutnya adalah masalah persyaratan yang diberikan oleh pihak aplikasi pinjol. Syarat apa saja yang mereka minta ini juga menjadi hal penting. 

Hindari persyaratan yang aneh-aneh dan pilih layanan yang mensyaratkan dokumen sewajarnya. Kebanyakan pinjaman online akan meminta beberapa dokumen antara lain : 

  • Foto KTP
  • Foto selfi wajah bersama KTP
  • Verifikasi wajah
  • Foto slip gaji / bukti bekerja lainnya

Jika meminta 4 syarat diatas saya kira masih wajar. Namun jika sudah meminta connect dengan internet banking, meminta pin bank, meminta foto dokumen sertifikat tanah atau persyaratan aneh lainnya, maka lebih baik Anda tinggalkan aplikasi pinjol tersebut.

5. Pahami Ciri-ciri pinjaman online legal dan ilegal

Selanjutnya adalah ketahuilah ciri-ciri pinjaman online yang legal atau resmi dan ilegal atau yang tak berizin. Kita fokuskan pada yang ilegal terlebih dahulu ya, Ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali, antara lain : 

  • Aplikasi ilegal yang terblokir dari google playstore. Dan aplikasinya cuma bisa diunduh melalui format apk file mentah.
  • Sering melakukan spam promosi melalui SMS dan WA yang meminta mendownload Apk file mentah tersebut
  • Menjanjikan pasti disetujui, agar calon nasabah mau mendownload dan melakukan submit data
  • Kalau sudah cair biasanya akan dikenakan potongan sangat tinggi
  • Penagihan kasar dan mengancam nasabah
  • Mengancam menyebarkan data ke semua kontak yang Anda punya

Jangan takut dengan pinjaman online ilegal. Bahkan pihak kominfo sudah pernah menjelaskan kepada pihak cnnindonesia.com waktu itu bahwa "aplikasi ilegal ya tidak usah dibayar".

Artinya memang pemerintah sendiri sudah menghimbau untuk tidak menggunakan aplikasi yang tidak resmi atau ilegal.

Oke sobat, itu tadi penjelasan saya mengenai apa itu aplikasi pinjaman online dan cara memilih pinjaman online yang aman. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih. 

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Pinjaman Online Yang Aman Dalam 5 Langkah"

Berlangganan via Email