Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Bisnis makanan online adalah sebuah bisnis yang menjanjikan untuk saat ini. Tidak heran banyak pemula yang tertarik dan berfikir bagaimana memulainya. Selain menjadi sebuah bisnis yang laku setiap hari, bisnis makanan online juga termasuk dalam bisnis untung besar. Karena dari perhitungan modal dan harga jualnya saja bisa sampai berlipat ganda. Namun dengan catatan tahu cara menjalankannya dengan benar. 

Meskipun terdengar mudah, namun kenyataannya tidak semudah itu. Apalagi sekarang ini kompetitor sudah semakin banyak setiap harinya. Hal ini menjadikan bisnis makanan menjadi bisnis yang memiliki persaingan tinggi. Namun bukan berarti tidak mungkin. Selama sobat mau belajar dan terus berusaha. Dikemudian hari pasti sobat berhasil sukses dalam menjalankan bisnis makanan online. 

Ada 2 unsur utama dalam bisnis makanan online yang perlu Anda perhatikan. Yakni dari segi makanan dan dari segi pemasaran dan pelayanan secara online. Perdalam kedua unsur tersebut sebelum Anda jauh melangkah untuk terjun ke dalam bisnis yang satu ini. 

Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

 bisnis makanan online

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan bagaimana cara memulai bisnis makanan online untuk pemula, antara lain sebagai berikut : 

1. Tentukan Menu Makanan Yang Ingin Dijual 

Langkah pertama tentu saja menentukan menu makanan apa saja yang ingin dijual. Karena dengan mengetahui menunya, baru persiapan yang lain bisa dilakulan. 

Untuk menu makanan bisa mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari keahlian memasak Anda, jika Anda ahli masak nasi goreng dengan cita rasa yang lezat. Maka jualan nasi goreng lah yang cocok untuk Anda. 

Kalau keahlian masaknya masih biasa-biasa saja ya berarti Anda harus belajar lagi. Atau membayar karyawan yang khusus memasak. 

Riset pasar juga penting untuk dilakukan. Misalkan saja mencari menu makanan yang belum banyak penjualnya. Dengan begitu Anda akan memiliki pesaing yang lebih sedikit. 

2. Persiapkan Modal Untuk Bisnis Makanan Online 

Setelah memilih menu makanan apa saja yang ingin dijual, Anda bisa mulai menghitung dan mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Tahapan yang kedua ini juga merupakan tahapan yang penting, karena jangan sampai Anda kehabisan modal ditengah jalan. 

Untuk menjalankan bisnis makanan online modal yang dibutuhkan tidak sebesar membuka warung makan offline. Karena Anda bisa menjalankannya dari rumah. Jadi tidak menyewa ruko atau tidak mempunyai warung makan pun bisa menjalankannya. 

Lalu modal tersebut digunakan untuk belanja bahan makanan, alat, dan pembuatan aplikasi serta website online. Namun jika dana Anda terbatas, Anda bisa menjualnya melalui sosial media terlebih dahulu juga tidak masalah. Baru kemudian Anda upgrade layanan dengan membuat aplikasi dan website.

3. Mulai Menciptakan Resep Spesial 

Sebelum melangkah lebih jauh siapkan terlebih dahulu resep Andalan Anda. Jadi ciri-ciri bisnis makanan yang sukses, biasanya di dalamnya ada resep spesial yang tidak di miliki pihak manapun selain mereka. 

Dengan mempunyai resep spesial buatan sendiri Anda akan mampu memiliki cita rasa khusus yang tidak dimiliki oleh restoran lain. Ini penting guna memenangkan persaingan pasar. 

Lalu bagaimana cara menciptakannya? Jawabannya adalah riset, coba ciptakan sendiri cita rasa yang lezat dan unik yang tidak di miliki pihak manapun selain Anda sendiri. Resep tersebut nantinya akan menjadi aset yang sangat berharga untuk usaha Anda.

4. Persiapkan Media Pelayanan Makanan Online 

Setelah semuanya siap maka kita akan lanjut pada pembuatan media pelayanan dari bisnis makanan online milik Anda. 

Fikirkan bagaimana Anda nanti melayani orderan dan melakukan pengantaran makanan. Disinilah perlu diciptakan sebuah media peratara antara usaha Anda dengan pembeli.

Sebagai contoh membuat aplikasi android agar orang bisa memesan makanan dari Anda. Sebenarnya bisa menggunakan facebook atau media sosial lainnya. Namun tetap kurang profesional. Jadi buatlah sebuah aplikasi agar orang-orang nanti bisa memesan aplikasi tersebut. 

Jangan lupa buat sebagus dan semenarik mungkin aplikasi tersebut. Terutama ringan diakses dan user friendly. Sehingga pembeli yang menggunakan aplikasi Anda akan merasa nyaman nantinya.

5. Lakukan Promosi Bisnis Makanan Online

Selanjutnya adalah lakukan promosi. Tahapan ini juga merupakan tahapan penting bagi cepat atau lambatnya perkembangan bisnis Anda. Lakukan promosi secara tepat dan maksimal.

Perhatikan area promosi Anda, misalkan daerah mana saja jangkauan order untuk makanan online Anda tersebut.

Maksimalkan iklan di media sosial secara gratis maupun secara berbayar. Buat semua orang di kota Anda tahu bahwa usaha makanan online Anda ada ditengah mereka semua. 

Semakin banyak orang yang tahu bisnis anda dan aplikasi order makanan dari Anda. Maka semakin cepat pula bisnis Anda bisa berkembang. 

6. Bergabung Dengan Jasa Dilivery Makanan Online 

Jangan lupa juga untuk bergabung dengan jasa dilivery makanan online seperti go food, grab food dan yang lainnya. Aplikasi besar seperti ini harus Anda manfaatkan dengan baik agar promosi Anda semakin maksimal.

Dan ketika ada yang order melalui go food misalkan. Anda promosikan juga kepada pembeli Anda untuk melakukan order menggunakan aplikasi Anda sendiri. Caranya berikan promo khusus, misalkan saja harga lebih rendah jika dibanding melakukan order melalui gofood, grabfood dan yang lainnya. 

7. Berikan Kualitas Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terbaik 

Seberapa kualitas makanan Anda akan menentukan usaha Anda berjalan. Semakin lezat dan berkesan, maka makin cepat pula Anda mendapatkan pelanggan. Selain dari segi rasa, jangan lupa perhatikan segi kebersihan dan segi packing. Karena jika makanan bersih dan rapi maka akan menjadi daya tarik tersendiri.

Selanjutnya kualitas pelayanan Anda juga sangat menentukan. Misalkan saja Anda melayani orderan dengan cepat dan tepat. Pastinya pelanggan akan merasa senang dan puas. Namun jika lambat dan membuat kecewa pelanggan, maka mereka pasti akan kapok untuk melakukan order makanan di tempat Anda lagi.

8. Berikan Harga Dan Promo Makanan 

Masyarakat kita banyak yang suka dengan yang namanya promo dan harga murah. Demi menarik perhatian banyak orang, sesekali berikan harga khusus pada makanan online dari Anda. Dengan begitu akan lebih banyak orang yang tertarik.

Atau Anda siapkan promo spesial di hari-hari tertentu, misalkan saja setiap malam minggu ada potongan harga sebanyak 30 % atau 50%. Cara seperti ini saya yakin cukup efektif untuk menarik lebih banyak order makanan di tempat Anda. Apalagi setelah mereka order merasa puas, sudah pasti mereka bakal jadi pelanggan setia Anda.

9. Terus Membesarkan Brand Bisnis Makanan Online

Yang terakhir adalah terus membesarkan brand bisnis makanan Anda. Fokuskan untuk pengembangan usaha dan pembukaan cabang baru. Ketika Nama brand makanan Anda sudah terkenal, Anda tinggal membuka sistem waralaba. Biasanya akan ada banyak investor yang berminat pada sebuah brand makanan yang terkenal. 

Tentu saja semua hal diatas bukanlah hal yang mudah. Butuh sebuah perjuangan untuk mencapai sukses dalam bisnis makanan online. Maka dari itu dibutuhkan keuletan serta konsistensi yang tinggi. Dan yang paling penting adalah tidak menyerah pada setiap kesulitan yang ditemui. Selama Anda fokus dan terus berproses InsyaAllah usaha makanan online Anda akan sukses di kemudian hari nanti. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. 

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "8 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula"

Berlangganan via Email