Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Website Dalam Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]

Mari kita mengenal manfaat website dan blog di dalam menjalankan bisnis online. Dan apakah perlu memprioritaskan membuat website untuk sebuah bisnis online yang dijalankan. Pertanyaan ini akan banyak dijumpai oleh pebisnis online pemula biasanya, masih bingung dan bimbang apakah perlu membuat blog untuk bisnis online yang dimulai. Jawabannya adalah sangat perlu, karena website dan blog akan menjadi senjata yang cukup berpengaruh untuk bisnis online yang dijalakan. 

Seperti halnya memiliki lapak sendiri di pasar. Begitulah gambaran seorang pebisnis online yang memiliki website dan blog sendiri. Anda bisa bebas mempromosikan brand Anda sekuat mungkin tanpa batasan dari orang lain. Anda bisa melakukan perjualan promosi tanpa pesaing dan semuanya dalam kontrol Anda sendiri, ketika Anda memiliki website sendiri.

Numpang bisnis online di website atau ecommerce memang penting. Apalagi ecommerce besar seperti shopee, tokopedia dan lainnya. Tapi mempunyai website sendiri juga lebih penting kalau Anda benar-benar ingin menjadi seorang pebisnis online yang sukses.

Manfaat Website Dan Blog Dalam Bisnis Online

manfaat website


Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id akan menjelaskan apa saja manfaat website dan blog dalam bisnis online, antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatkan branding usaha bisnis online yang dijalankan

Manfaat yang pertama adalah dalam hal branding atau nama dan citra usaha bisnis online yang Anda jalankan. Coba Anda bandingkan lebih cepat terkenal mana antara penjual online yang punya website dan yang tidak punya website. Pastilah yang punya website akan lebih cepat terkenal. Dengan catatan pembuatan website dengan cara yang tepat.

Karena dengan membuat website, dari nama domain dan desain khusus saja sudah mampu menonjolkan branding bisnis yang dijalankan. Kemudian dari logo, tagline dan juga isi website akan membantu mendorong ciri khas sebuah branding semakin terlihat.

Dan ini semua bisa Anda dapatkan jika membuat website sendiri dan tidak hanya sekedar numpang di marketplace atau situs jualan online lainnya. Boleh saja jualan di marketplace, tapi tariklah masa besar dari sana untuk menuju website Anda. Dengan begitu Anda akan berpeluang memiliki brand bisnis yang terkenal.

2. Meningkatkan promosi bisnis online secara maksimal

Selanjutnya adalah dalam hal promosi. Ketika memiliki sebuah website yang teroptimasi dengan baik. Maka promosi akan berjalan dengan maksimal dan luar biasa.

pelajari seo marketing untuk website Anda. Buat website Anda di halaman pertama pencarian google. Dan dari situlah akan ada promosi besar-besaran kepada pengunjung di search engine secara maksimal.

Promosi maksimal yang dimaksud juga dalam hal penargetan calon pelanggan potensial. Jika website Anda tampil di search engine, pastinya akan lebih mudah mendapatkan pelanggan-pelanggan potensial untuk bisnis online yang Anda jalankan.

3. Menunjukkan profesionalisme dalam bisnis online

Selanjutnya adalah dalam hal profesionalisme menjalankan sebuah bisnis online. Ketika Anda punya website khusus tentunya tidak akan dianggap sebagai penjual yang cuma mengandalkan gratisan. Anda akan terlihat profesional dan memiliki bisnis yang terpercaya.

Contoh :

Si A melakukan promosi langsung di media sosial dan tidak melampirkan nama website yang dimiliki. Sedangkan si B melakukan promosi di media sosial dengan melampirkan website bisnis yang dia punya

Dari sini akan terlihat mana yang profesional dan mana amatiran. Dan tentu saja jika produknya sama, akan condong menilih yang mempunyai website.

4. Memiliki kolam pemasaran sendiri dan tidak tercampur dengan kompetitor

Manfaat yang selanjutnya adalah memiliki kolam sendiri tanpa harus bercampur dengan pedagang online lainnya. Anda bebas memasarkan apa saja dalam website milik Anda sendiri dengan kontrol penuh. Sekalinya pengunjung masuk ke website Anda tidak akan jatuh ke penjual lain.

Berbeda jika Anda hanya mengandalkan marketplace. Disana sudah berdesak-desakan ribuan penjual. Dan pastinya Anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap pengunjung yang datang. Ketika seseorang datang ke marketplace tidak hanya melihat produk Anda saja.

Apalagi jika website Anda sudah terkenal dan banyak pengujung. Anda tinggal memainkan harga dan keuntungan dalam item-item barang yang dijual dalam website Anda tanpa kuatir dengan saingan.

5. Mempermudah transaksi bisnis online

Fungsi website dalam bisnis online salah satunya adalah memudahkan transaksi dengan konsumen. Anda bisa saja menambahkan metode pembayaran dan pengiriman secara lengkap dalam website Anda.

Kalau perlu Anda tambahkan metode pembayaran otomatis selayaknya perusahaan besar. Dan semuanya ada dalam kontrol penuh Anda sendiri.

Berbeda jika berjualan di marketplace masih harus melewati perantara yang kadang keuntungan Anda harus terpotong dan mengalami delay dalam pembayaran.

6. Meningkatkan omset dari bisnis online

Dari kelima point diatas akan berimbas pada point ke 6 ini. Yakni mampu meningkatkan penjualan Anda. Jelas sekali, mulai dari branding yang semakin kuat, promosi maksimal, pembayaran lebih praktis. Semuanya akan berdampak pada volume penjualan bisnis online.

Apalagi untuk website Anda yang berhasik menduduki pringkat pertama pencarian search engine. Pasti mampu mendongkrak volume penjualan dalam bisnis online yang Anda jalankan.

Apakah semudah itu? tentu saja tidak. Namun jika terus belajar membuat website yang baik, SEO yang baik. Maka dikemudian hari hal itu pasti terjadi kepada Anda.

7. Mudah mendapatkan mitra kerjasama

Manfaat yang selanjutnya adalah memudahkan pebisnis online dalam mendapatkab mitra kerjasama. Kalau website Anda sudah naik dan terkenal. Pasti akan ada pihak-pihak yang menghubungi Anda untuk bekerja sama.

Mulai dari sesama penjual yang ingin menjual produk. Sampai dengan investor yang ingin melakukan investasi. Dan semua ini akan terjadi jika Anda membuat website untuk bisnis online yang Anda jalankan.

8. Memungkinkan munculnya banyak penghasilan lain

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Selain mendapatkan tawaran kerjasama, maka akan memunculkan pula penghasilan-penghasilan lain selain jualan utama Anda.

Misalkan saja ada yang mau pasang iklan. Ada yang mau titip barang dengan memberikan Anda komisi. Ada pihak usaha jasa pengiriman yang siap bekerja sama dan memberikan Anda komisi khusus. Dan banyak lagi penghasilan sampingan lain yang akan muncul.

Hal seperti ini tidak akan Anda dapatkan kalau hanya berjualan di marketplace. Karena disana Anda hanya menjual produk saja. Bukan untuk mengambil peluang-peluang lain yang saya sebutkan tadi.

9. Berpeluang menjadi perusahaan besar

Manfaat website dalam bisnis online yang ke 9 adalah memberikan Anda peluang menjadi perusahaan besar. Pertama dari pengaruh brand khusus dalam website Anda tentunya. Ketika brand semakin terkenal maka semakin besar pula usaha bisnis online Anda.

Hal ini tidak akan terjadi kalau Anda cuma mengandalkan akun facebook saja untuk berjualan.

Namun diantara semua point diatas tidak semudah itu untuk mendapatkannya. Butuh pembelajaran mendalam praktik dan berproses terus menerus. Lakukan promosi dan pengelolaan website secara konsiten. Maka lama kelamaan semua manfaat yang disebut diatas bisa Anda rasakan.

Oke sobat, sekian dahulu artikel kali ini yang membahas mengenai manfaat webstie dalam bisnis online yang Anda jalankan. Dan bisa disimpulkan bahwa website akan berperan penting dalam pengembangan bisnis yang Anda bangun. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Website Dalam Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui"