Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Bagi Pelajar

Daftar Isi [Tampil]

Buat sobat yang masih sekolah atau menjadi pelajar dan ingin bisa menabung setiap hari, maka sobat bisa mengikuti beberapa tips yang dibahas pada artikel kali ini. Yang namanya menabung kalau bisa dilakukan setiap hari pastinya akan menjadi banyak di kemudian hari nanti. Jadi bersungguh-sungguh lah dengan niat yang sobat miliki tersebut.

Yang namanya menabung bukan soal seberapa banyak sobat bisa menabung. Tapi seberapa sering menabung menjadi lebih penting. Jadi berapapun jumlahnya yang penting sobat berusaha untuk menabung setiap hari. Paksakan diri Anda, maka lama-lama akan terbiasa dengan sendirinya. Dan ketika sudah terbiasa maka menabung setiap hari menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Untuk Pelajar

tips agar bisa menabung setiap hari bagi pelajarTips menabung via boomerhighway.org

Kali ini bisnisan.id akan menyampaikan beberapa tips agar bisa menabung setiap hari untuk seorang pelajar, antara lain sebagai berikut :

1. Kuatkan Niat Menabung

Pertama-tama sobat silahkan kuatkan niat terlebih dahulu. Ucapkan dengan jelas dalam mulut dan hati sobat bahwa sobat memutuskan untuk menabung setiap hari.

Niatkan untuk tujuan yang jelas dalam menabung yang dilakukan. Entah itu untuk membeli barang tertentu. Atau impian yang sobat miliki.

Kalau perlu buat hitung-hitungan mengenai tujuan menabung yang sobat miliki. Sebagai contoh menabung untuk beli hp. Maka hitunglah harga hp tersebut lalu hari berapa lama sobat menjalani rutinitas menabung setiap hari.

Dengan tujuan menabung yang jelas maka proses menabung akan lebih mudah. Dan tentunya tujuan tersebut bisa sobat gunakan untuk memotivasi diri agar bisa disiplin dan terus bersemangat dalam kegiatan menabung yang dilakukan.

2. Buat Kegiatan Menabung Lebih Menyenangkan

Jangan jadikan kegiatan menabung sebagai beban. Namun jalani saja sebagai rutinitas yang menyenangkan. Dengan begitu sobat akan menjalaninya lebih mudah setiap harinya.

Buat rutinitas menabung menyenangkan dengan tempat menabung yang unik. Misalkan saja membeli dan menggunakan bentuk celengan yang disukai.

Atau bisa juga menabung dengan sistem amplop. Jadi setiap hari sobat memasukkan jumlah uang secara nominal acak ke dalam amplop lalu memasukkannya kedalam kotak.

Atau bisa juga dengan cara sobat sendiri. Yang jelas buatlah rutinitas menabung yang sobat miliki menjadi lebih asik, dan  menyenangkan.

3. Wajib Menabung Sebelum berangkat sekolah

Ada sebuah ide buat sobat yang ingin lancar menabung setiap hari. Yakni menabunglah sebelum berangkat sekolah atau pada saat mendapatkan uang saku atau dapat uang dari sumber lainnya.

Pada saat terima uang langsung ambil sebagian kecil untuk ditabung. Latihlah kebiasaan ini setiap hari. Karena kalau ditunda-tunda nanti malah uangnya bisa kepakai untuk keperluan yang lain. Jadi sebelum berangkat sekolah atau setiap pagi utamakan menabung dulu.

Asalkan sobat terus melatihnya pasti lama-lama akan terbiasa. Dan akan tiba waktunya nanti Anda menabung tanpa Anda sadari.

Melatih kebiasaan seperti ini biasanya butuh 50 sampai 100 kali pengulangan. Asal sobat melakukannya terus menerus selama 100 hari, maka menabung setiap hari akan menjadi kebiasaan yang tidak Anda sadari lagi

4. Kurangi pengeluaran uang jajan

Agar keuangan Anda aman dan bisa terus menabung. Maka solusi nya juga harus berhemat. Karena kalau sobat boros uang akan habis dan bisa menggagalkan kegiatan menabung setiap hari yang sobat lakukan.

Cara berhemat bisa dilakukan dengan banyak hal. Mulai dari membawa bekal ke sekolah. Jika sobat membawa bekal pastinya tidak perlu mengeluarkan uang jajan lagi di sekolah.

Kemudian sobat kurangi kegiatan bersama teman yang memicu pemborosan. Misalkan saja banyak bermain di pulang sekolah. Otomatis akan membuat sobat menjadi lebig boros.

Ada istilah yang namanya prihatin atau menahan diri. Jadi tahan sebaik mungkin agar Anda bisa terus berhemat setiap harinya.

5. Disiplin Dan Mentaati Aturan Menabung Yang Dibuat

Jangan coba-coba untuk melanggar peraturan menabung yang Anda buat sendiri. Misalkan tiap pagi wajib menabung ya harus menabung. Dan jangan sampai ada yang bolong atau sengaja tidak melakukannya.

Kebiasaan seseorang yang melanggar peraturan biasanya akan terulang kembali di kemudian hari. Dan jika diulang-ulang terus maka kegiatan menabung di pastikan akan gagal.

Jadi disiplin lah dengan jadwal dan rencana menabung yang sudah Anda buat di awal. Dengan terus disiplin, maka Anda akan mencapai target yang diinginkan di kemudian hari nanti.

6. Cari Penghasilan Sampingan Agar Menabung Semakin Lancar

Salah satu kunci sukses dalam menabung adalah memperbesar penghasilan sendiri. Jadi lebih bagus lagi jika sobat memiliki sumber penghasilan sampingan sambil sekolah.

Bisnis untuk pelajar jumlahnya ada banyak sekali. Jalankan bisnis tersebut dan raih penghasilan lebih. Dengan begitu menabung setiap hari akan semakin lancar. Selain lancar juga sobat bisa menaikkan jumlah nominal yang ditabung.

Sekain sobat mengenai tips agar bisa menabung setiap hari untuk pelajar. Beberapa point diatas tidak akan bisa berjalan lancar apabila salah satunya ada yang kurang. Jadi pastikan untuk memaksimalkan semua hal terkair agar sukses terbiasa menabung setiap hari. Demikoan yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "6 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Bagi Pelajar"