Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peluang Usaha Bidang Otomotif Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

10 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif - Mungkin dianatara sobat ada yang sangat menyukai atau hobi dalam bisang otomotif. Dari hobi dan minat yang sobat miliki tersebut bisa saja menjadikan pundi-pundi uang. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi jika Anda benar-benar kreatif dan mampu memanfaatkan kesempatan dengan baik. Apalagi yang namanya teknologi di bidang otomotif itu akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Lalu jumlah volume kendaraan yang ada juga semakin tinggi. Ini akan memperbesar peluang usaha untuk Anda di bidang otomotif.

Selanjutnya buat sobat yang sebelumnya mungkin sudah sekolah atau kuliah di bidang otomotif. Setelah lulus sudah seharusnya Anda mengaplikasikannya dalam dunia kerja atau dunia usaha. Ini merupakan kesempatan Anda untuk memanfaatkan apa saja yang sudah Anda pelajari di bangku sekolah untuk saat ini.

Lalu di dalam memilih sebuah peluang usaha yang tepat, sobat juga harus menyesuaikan dengan potensi dan juga pashion yang dimiliki. Meskipun sama-sama di bidang otomotif, namun setiap usaha yang berbeda tentu membutuhkan keahlian dan pashion yang berbeda pula.

10 Peluang Usaha Bidang Otomotif

usaha-di-bidang-otomotif

Baiklah, Bisnisan.id akan coba menjelaskan apa saja yang termasuk ke dalam peluang usaha di bidang otomotif, antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Usaha Bengkel Motor & Mobil

Yang pertama adalah usaha bengkel, baik itu bengkel motor maupun mobil. Jelas ini merupakan sebuah peluang besar di bidang otomotif. Karena di lapangan yang namanya kendaraan bermotor, baik itu roda 2 maupun roda 4 keatas, jumlahnya semakin banyak.

Terkadang dalam sebuah lokasi terdapat banyak bengkel saja bisa ramai pengunjung semua. Ini menandakan bahwa jumlah bengkel dan kendaraan masih sangat tidak seimbang. Jauh masih kurang banyak untuk bengkel yang tersedia.

Lebih bagus lagi apabila Anda membuka sebuah bengkel di sebuah kawasan yang belum banyak pesaingnya. Ini akan mempermudah Anda dalam merebut pasaran bengkel di daerah tersebut.

2. Usaha Steam Motor dan Mobil

Selain bengkel, Anda juga bisa membuka sebuah usaha steam motor dan mobil. Ini harusnya juga sudah Anda ketahui. Bahwa jumlah volume motor dan mobil semakin banyak. Secara otomatis kebutuhan steam atau cuci motor dan mobil juga semakin banyak.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha ini, silahkan mencari lokasi yang strategis. Lokasi yang mudah di jangkau oleh para pelanggan yang nantinya akan  mudah menuju tempat steam milik Anda.

Kelebihan lain mengenai usaha steam motor dan mobil ini termasuk ke dalam jenis usaha modal kecil. Yang penting modal utama cuma sekali saja untuk tempat dan alat. Setelah itu hanya perlu modal kecil untuk sabun dan sejenisnya.

3. Usaha Jualan Spare Part Motor dan Mobil

Peluang usaha di bidang otomotif yang ketiga adalah berjualan spare part motor dan mobil. Ini sebenarnya sering dijalankan bersamaan dengan usaha bengkel. Namun Anda juga bisa menjalankannya secara terpisah.

Yang paling penting jika Anda membuka usaha ini adalah kelengkapan spare part yang Anda jual. Pastikan setiap pembeli yang datang terpuaskan kebutuhan pencarian spare part mereka. 

Ini juga bisa Anda lakukan dengan menjalin kerjasama dengan supplier spare part otomotif besar. Agar barang Anda lengkap dan juga mendapatkan harga yang spesial.

4. Usaha Show Room Sepeda Motor 

Usaha selanjutnya ini mungkin membutuhkan modal yang cukup besar. Yakni membuka sebuah show room penjualan sepeda motor. Hal ini bisa Anda lakukan, yakni melakukan penjualan motor baik baru maupun bekas.

Jika Anda membuka sebuah show room motor baru, lebih baik Anda menjalin waralaba dengan brand sepeda motor tertentu. Misalkan saja menjalin kerjasama waralaba dengan perusahaan honda, yamaha, suzuki, dan brand sepeda motor lainnya.

Karena dengan sistem waralaba tentu akan lebih menghemat modal Anda. Dan bisa mendapatkan update secara terus menerus jika ada keluaran motor terbaru.

5. Usaha Show Room Mobil

Selanjutnya Anda juga bisa membuka show room mobil. Yakni melakukan penjualan mobil kepada konsumen secara langsung. Hampir sama untuk sistem usahanya dengan show room sepeda motor. Bedanya produknya adalah mobil, baik itu mobil baru maupun mobil bekas.

Asalkan Anda pandai dalam hal marketing, saya yakin Anda bisa sukses dalam usaha yang satu ini. Karena setiap hari orang semakin maju saja. Anda bisa melihat masyarakat kita juga semakin banyak yang mampu membeli mobil.

Agar lebih maksimal lagi, Anda bisa mencari lokasi di kota yang masih bekembang. Dan carilah celah yang disitu belum banyak penjual mobilnya. Karena di kota yang menuju maju, biasanya akan ada banyak orang yang melakukan upgrade untuk pembelian mobil.

6. Usaha Pengecatan Motor Dan Mobil

Selanjutnya Anda juga bisa membuka sebuah usaha pengecatan motor dan mobil. Hal ini bisa Anda lakukan dengan syarat punya pashion dan keahlian di dalamnya. Jasa yang satu ini juga banyak dibutuhkan di tengah masyarakat kita. 

Biasanya akan ada banyak orang yang mengecatkan bodi maupun mesin motor dan mobil mereka. Untuk sepeda motor dan mobil yang sudah usang dan sejenisnya. Atau biasanya untuk keperluan kontes dan sejenisnya.

Yang jelas jika Anda ingin menjalankan usaha ini. Anda harus bisa bergabung dengan komunitas tertentu. Misalkan komunitas motor atau mobil kontes. Karena dengan begitu jasa Anda akan semakin mudah ditemukan pelanggan yang tepat.

7. Jasa Kepengurusan Surat Kendaraan

Peluang usaha di bidang otomotif yang ketujuh adalah dengan membuka jasa kepengurusan surat kendaraan. Kalau di tengah masyarakat kita dikenal dengan istilah Biro Jasa. Biro jasa sendiri bisa kendaraan sepeda motor maupun kendaraan mobil.

Biro jasa juga termasuk dalam pembahasan kali ini karena memang masih berhubungan dengan motor dan mobil. Caranya Anda harus tahu bagaimana alur pengurusan perpanjangan surat-surat seperti STNK maupun BPKB, mutasi plat nomer dan sejenisnya.

Jasa seperti ini sangat laris ditengah masyarakat kita karena memang banyak orang yang memilih memakai jasa karena tidak sempat bahkan tidak bisa mengurus surat-surat sendiri.

8. Usaha Salon Dan Modifikasi Mobil

Banyak pecinta mobil dalam sebuah club akan melakukan modifikasi dan salon mobil mereka. Hal ini juga menjadikan peluang usaha bagi yang mampu melakukannya. Dan barangkali Anda salah satu orang yang bisa salon dan modifikasi mobil.

Usaha yang satu ini biasanya meliputi pemasangan film kaca mobil, modifikasi body mobil dan juga termasuk dalam pengecatan. Agar Anda bisa sukses dalam usaha ini, usahakan untuk memasarkan di club-club mobil tertentu. Biasanya mereka akan sering melakukan update modifikasi mobil mereka.

9. Usaha Rental Mobil Dan Motor

Selanjutnya masih termasuk dalam bidang otomotif juga, yakni usaha rental sepeda motor dan rental mobil. Ini bisa Anda lakukan juga, asalkan Anda memiliki armada yang hendak disewakan.

Rental sepeda motor biasanya bagus di sewakan di dekat tempat wisata tertentu. Kalau untuk rental mobil bebas, yang penting jasa rental Anda dikenal banyak masyarakat sekitar. 

Banyak hloh yang membutuhkan rental mobil sampai saat ini. Terutama untuk masyarakat yang belum punya mobil. Biasanya untuk berbagai macam keperluan keluarga melakukan carter dan sejenisnya.

10. Jasa Transportasi Atau Jemputan

Yang ke 10 adalah membuka usaha jasa transportasi atau jemputan. Ini juga masih menjadi usaha yang berprospek bagus untuk saat ini. Yang paling penting adalah Anda bisa mengambil jalur transportasi tertentu. 

Untuk jemputan agar lebih maksimal silahkan bekerjasama dengan instansi atau lembaga tertentu. Misalkan saja bekerja sama dengan pabrik, untuk antar jemput karyawannya. Bekerja sama dengan sekolah, untuk antar jemput siswanya dan instansi yang lainnya.

Kesimpulannya ada banyak sekali peluang usaha di bidang otomotif yang bisa Anda ambil. Yang paling penting adalah menyesuaikan keahlian dan juga peluang yang paling memungkinkan yang Anda miliki. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis.


Posting Komentar untuk "10 Peluang Usaha Bidang Otomotif Yang Menguntungkan"