Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Usaha Di Bidang Pariwisata Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

Ide usaha di bidang pariwisata adalah sebuah usaha yang dijalankan beriringan dengan dunia pariwisata atau usaha yang dijalankan di tempat wisata tertentu. Ini adalah sebuah hal yang menarik untuk kita bahas pada kesempatan kali ini. Dan barangkali diantara sobat ada yang sedang merencanakan membukan sebuah usaha yang berkaitan dengan dunia pariwisata. 

Seperti yang kita tahu bersama di Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat wisata yang tersedia. Mungkin jumlahnya ribuan dan tersebar di berbagai tempat. Mulai dari wisata pantai, rekreasi, gunung, dana dan jenis wisata lainnya. Ini menjadikan peluang besar bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari dunia pariwisata tersebut. 

2 Modal utama yang Anda butuhkan sebelum menekuni salah satu bisnis di bidang pariwisata. Yakni pashion dan pengetahuan bisnis. Jika Anda memiliki pashion di dunia pariwisata akan membantu ketertarikan Anda serta membantu Anda untuk lebih senang dalam menjalankan usaha tersebut. Pengetahuan bisnis akan membantu Anda memperhitungkan usaha yang dijalankan dengan tepat. Jika sudah mempunyai keduanya silahkan Anda memilih ide usaha mana yang paling cocok.

Ide Usaha Di Bidang Pariwisata

Usaha Pariwisata

Ide usaha di bidang pariwisata yang menguntungkan di Indonesia antara lain sebagai berikut :

1. Menyewakan Travel Dan Bus Wisata

Menyewakan kendaraan merupakan sebuah bisnis sewa yang menguntungkan. Termasuk dengan memanfaatkan dunia pariwisata yang ada di Indonesia. Yakni dengan menyewakan kendaraan mulai dari motor, mobil pribadi, travel sampai dengan bus pariwisata. 

Jika lokasi Anda berada di dekat tempat wisata maka sewa kendaraan kecil biasanya bisa Anda lakukan. Misalkan saja untuk menuju ke tempat wisata yang hanya bisa dilalui dengan motor dan kendaraan kecil lainnya.

Namun jika Anda ingin menyewakan kedaraan wisata jarak jauh, maka mobil pribadi, travel dan bus adalah armada yang tepat. 

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun bagusnya yang namanya kendaraan cukup sekali beli untuk jangka waktu yang lama. 

Agar lebih maksimal pastikan juga melakukan promosi dengan baik. Karena semakin terkenal jasa sewa Anda, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan banyak penyewa. 

2. Menyediakan Penginapan

Ide usaha di bidang pariwisata yang selanjutnya adalah menyediakan penginapan. Penginapan biasanya dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang dari jauh. Mereka akan mencari penginapan disekitaran yang masih dekat dengan tempat wisata yang di datangi. 

Untuk penginapan sendiri ada banyak jenis kelasnya. Apakah Anda buat home stay kecil atau mendirikan sebuah hotel yang besar. Yang jelas untuk menjalankan bisnis ini membutuhkan tempat yang strategis. Selama Anda bisa mendirikan di tempat yang sangat dekat dengan wisata pastinya akan lebih mudah laku. 

Bisnis penginapan pariwisata ini juga membutuhkan modal yang cukup besar. Minimal bernilai ratusan juta rupiah. Karena Anda tidak boleh setengah-setengah dalam menyediakan fasilitas dan pelayanan agar bisa memenangkan persaingan dengan penginapan yang lain.

3. Berjualan Oleh-oleh 

Berjualan oleh-oleh juga termasuk salah satu jenis peluang usaha di bidang pariwisata. Karena biasanya wisatawan yang berkunjung akan mencari dan membawa oleh-oleh tertentu untuk dibawah pulang. 

Jualan oleh-oleh bisa berupa pernak pernik yang indah. Atau bisa juga berjualan baju khas khusus tempat wisata tersebut. Dengan begitu wisatawan akan memiliki kenang-kenangan khusus setelah berkunjung. 

Atau bisa juga dengan menjual makanan khas daerah tempat wisata tersebut untuk oleh-oleh. Hal ini juga banyak dilakukan di tempat wisata. Sebagai contoh ketika berkunjung ke jogja, biasanya akan ada toko oleh-oleh yang menjual gudeg kering untuk dibawa pulang. 

4. Usaha Kuliner Di Tempat Wisata

Usaha kuliner bisa dijalankan dimana saja, yang penting tempat tersebut ramai dan memiliki propek bagus. Salah satunya adalah di dekat tempat wisata. Karena biasanya para wisatawan juga banyak yang suka berburu kuliner di saat berwisata. 

Agar usaha kuliner Anda sukses usahakan menjual makanan yang unik. Bisa makanan khas daerah tersebut, atau makanan yang berhubungan dengan tempat wisata. 

Sebagai contoh, misalkan membuka usaha kuliner di pantai, maka akan lebih tepat jika Anda berjualan kuliner seafood dan juga es kelapa muda. Atau sesuaikan saja jenis makanan yang kira-kira bisa laku keras di dekat wisata tersebut.

5. Menyewakan Alat-alat Wisata

Sebuah tempat wisata pastinya akan membutuhkan alat-alat atau media tertentu bagi para pengunjung. Sebagai contoh jika itu wisata pantai biasanya dibutuhkan peralatan diving dan juga snorkling. Manfaatkan peluang tersebut untuk Anda menghasilkan uang. 

Yakni dengan menyewakan alat-alat yang dibutuhkan oleh para wisatawan tersebut. Mulai dari peralatan diving, snorklig, boat, alat mancing dan peralatan yang lainnya. Bahkan yang namanya payung dan tikar saja bisa laku untuk di sewakan di tempat wisata. Tergantung bagaimana kreatifitas Anda dalam memanfaatkan peluang tersebut.

6. Menjadi Pemandu Wisata

Menjadi seorang pemandu wisata atau tour guide juga merupakan sebuah ide usaha di bidang pariwisata. Terutama untuk melayani wisatawan yang datang dari jauh. Biasanya mereka akan membutuhkan seorang pemandu yang menemani dan menjelaskan wisata yang didatangi. 

Lebih bagus lagi jika sobat mahir berbahasa inggris, karena biasanya wisatawan mancanegara akan membutuhkan pemandu khusus jika datang ke tempat wisata kita. 

Bangun brand pemandu wisata milik Anda dan promosikan semaksimal mungkin. Karena semakin terkenal Anda, maka semakin mudah untuk mendapatkan klien.

7. Menjadi Fotografer Untuk Wisatawan

Anda juga bisa menjadi seorang fotografer untuk wisatawan. Karena ada banyak sekali para wisatawan yang tidak ingin repot mengambil foto sendiri. Terutama untuk sebuah rombongan, biasanya akan membutuhkan pendamping seorang fotografer sehingga mereka bisa bebas berwisata. 

Ini akan cocok buat Anda yang suka dan hobi dengan dunia fotografi. Kembangkan hobi Anda tersebut jadi lebih profesional dengan menjadi seorang fotografer. 

8. Menjadi Blogeer, Vlogger atau Youtuber Travelling

Peluang bisnis lain yang masih berhubungan dengan pariwisata adalah menjadi influencer untuk niche wisata. Mulai dari menjadi seorang blogger travelling, vlogger atau youtuber. 

Anda bisa melakukan perekaman dan mempublish tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi. Lalu ulaslah dengan bahasan semenarik mungkin.

Jika Anda mendapatkan traffic tinggi dari tempat wisata yang Anda ceritakan, maka peluang penghasilan akan datang. Bisa menghasilkan dari google adsense atau bisa juga dari para pengiklan yang ingin memang iklan tempat wisata. 

Kalau sudah populer biasanya akan ada tempat wisata yang menguhubungi Anda. Untuk mempromosikan tempat wisata mereka tentu saja. Dan selain itu sobat juga memiliki banyak kesempatan untuk jalan-jalan gratis.

9. Mendirikan Event Organizer Bidang Pariwisata

Ide usaha di bidang pariwisata yang selanjutnya adalah mendirikan event organizer. Yakni sebuah team pengelola romongan wisata tertentu. 

EO wisata ini akan menangani sebuah perjalanan wisata, kegiatan selama di tempat wisata sampai dengan selesai berwisata. Ini bisa dilakukan lebih baik apabila mempunyai sebuah team yang paham tentang dunia wisata.

Selain itu EO wisata juga bisa menangani kegiatan outbound sebuah rombongan tertentu. Mulai dari sekolah, kampus, instansi atau perusahaan. Biasanya perusahaan akan lebih suka memakai jasa EO profesional agar kegiatan wisata dan outbound berjalan maksimal. 

10. Menyediakan Lahan Parkir Dekat Tempat Wisata

Ide usaha yang ke 10 adalah menyediakan lahan parkir. Hal ini bisa dilakukan asal Anda memiliki lahan di dekat tempat wisata. Karena dengan begitu Anda bisa menerima parkir dari para pengunjung. 

Lahan parkir merupakan sebuah bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika tempat tersebut ramai kan tingal mengalikan saja dengan jumlah kendaraan yang Ada. Namun Anda juga harus ingat karena menyediakan jasa parkir memiliki tanggunjawab yang besar.

Alangkah lebih baik jika Anda memiliki lahan di dekat wisata, bisa bekerja sama dengan pengelola atau pemerintah setempat. Dengan begitu lahan parkir yang Anda buka adalah secara resmi.

Biklah sobat, diatas adalah 10 point ide usaha di bidang pariwisata yang cukup menguntungkan. Semoga saja dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda menemukan jenis bisnis yang tepat yang berkaitan dengan dunia wisata. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Ide Usaha Di Bidang Pariwisata Yang Menguntungkan"