Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Jualan Nasi di Kantin Sekolah Yang Unik dan Laris Manis

Daftar Isi [Tampil]

 

11 Ide Jualan Nasi di Kantin Sekolah Yang Unik dan Laris Manis

Ide jualan nasi di kantin sekolah bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi pemula. Sebab, Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Dari segi prospek bisnis, jualan nasi memiliki kesempatan yang bagus untuk menarik minat anak-anak sekolah. Jika dibandingkan jajanan, rasanya belum banyak yang mengkreasikan nasi.

Kantin sekolah adalah tempat berkumpulnya siswa-siswi untuk membeli makanan atau jajanan di waktu istirahat. Selain menyukai aneka jajanan ringan, anak-anak juga membutuhkan menu yang bisa membuat perut mereka kenyang.

Oleh sebab itu, ide jualan nasi di kantin sekolah adalah salah satu peluang yang bagus buat meraup keuntungan. Yuk, disimak uraian selengkapnya pada artikel berikut.

Berbagai Macam Ide Jualan Nasi di Kantin Sekolah

1. Nasi Gelas

Ide jualan nasi yang bagus buat Anda coba pertama adalah nasi gelas. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan banyak modal. Selain itu, harga jual nasi gelas juga sangat murah dan menunya tidak membosankan. Per cup bisa Anda jual seharga Rp. 3.000.

Seperti yang kita tahu bersama, tidak semua siswa-siswi bisa sarapan di rumah. Nah, nasi gelas adalah solusi untuk mengisi perut mereka dengan harga yang murah.

Estimasi modal Rp. 20 ribu sudah bisa menghasilkan 10 cup nasi gelas, sehingga laku Rp. 30 ribu. Bagaimana, cukup menguntungkan bukan?

Silakan cari berbagai macam ide kreasi nasi gelas di TikTok, Instagram atau YouTube. Sudah banyak lho yang mengkreasikannya.

2.  Nasi Burger

Nasi burger adalah ide jualan nasi di kantin sekolah SMA dan Kampus yang layak buat dicoba. Sebab, ini memberikan solusi praktis bagi setiap orang yang ingin mengenyangkan perut mereka.

Selain nasinya banyak, seporsi nasi burger juga dilengkapi oseng mie, sayuran dan daging ayam. Sehingga, rasanya sudah pasti lezat dan disukai banyak orang.

Untuk membuat nasi burger sendiri juga tidak yang begitu sulit dan ribet. Siapa pun pasti bisa mengikuti resepnya.

3. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah menu makanan yang sangat mudah dibuat dan praktis. Cukup menambahkan kunyit, santan dan rempah-rempah, nasih putih biasa bisa diubah menjadi hidangan yang lezat. Siapa di sini yang suka sarapan nasi kuning?

Dengan banyaknya peminat nasi kuning, Anda bisa menjualnya di kantin sekolah. Nantinya, nasi kuning dihidangkan dengan orek tempe dan potongan telur.

Mau dijual seribuan atau dua ribu per porsi, tergantung siapa target pasar Anda. Apakah anak-anak SD, SMP atau SMA. Menu nasi ini bisa memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

4. Nasi Goreng Lima Ribuan

Selain nasi kuning, menu nasi-nasian lain yang tidak kalah disukai oleh banyak orang adalah nasi goreng. Nasi goreng sangat cocok menjadi menu sarapan di pagi hari.

Nah, mengapa Anda tidak mencoba menghadirkan nasi goreng di kantin sekolah. Buatlah nasi goreng yang dilengkapi telur, kerupuk dan lalapan.

Dijual dengan harga Rp. 5.000 per bungkus masih cukup untung lho. Siswa-siswi yang tidak sempat sarapan di rumah, bisa membeli nasi goreng ini sebagai solusinya.

5. Nasi Rames Kerucut

Menu nasi lainnya yang bisa dijual seharga Rp. 5.000 per pcs adalah nasi rames kerucut. Yaitu nasi yang dilengkapi oseng mie dan telur orak-arik. Ini sudah cukup mengenyangkan bagi siswa-siswi yang ingin makan siang atau sarapan.

Berbeda dari nasi kuning dan nasi goreng yang lebih spesifik untuk sarapan, nasi rames kerucut lebih fleksibel. Dimakan di semua kondisi juga masih lezat.

Bahan-bahan yang bisa dibeli dengan harga murah, memungkinkan Anda memberi porsi banyak untuk pelanggan. Anak-anak sekolahan yang menyukai jajanan murah, banyak dan mengenyangkan pasti tertarik buat membeli.

6. Nasi Jamur Crispy Sambal Matah

Ide jualan nasi di kantin sekolah berikutnya adalah nasi jamur crispy sambal matah. Alih-alih dijual di SD sampai SMA, menu ini lebih cocok untuk dijual kepada mahasiswa. Sebab, harga per porsi yang lumayan mahal.

Satu kepal nasi, dicampur dengan jamur Enoki yang dilumuri tepung dan digoreng. Kemudian dilengkapi sambal matah dan irisan timun sebagai pelengkap.

Nasi jamur crispy sambal matah menargetkan orang yang ingin makan lezat. Soal harga, mungkin bisa dibanderol Rp. 10 ribuan.

7. Nasi Ayam Pop Corn Pedas Manis

Jangan khawatir kehabisan ide jualan nasi di kantin sekolah harga Rp. 5 ribuan, karena salah satu pilihan yang cocok buat dicoba adalah nasi ayam pop corn pedas manis. Pasti Anda merasa terlalu murah bukan? Tenang, karena ini masih bisa menghasilkan cuan.

Menu ini terdiri dari seporsi nasi putih, potongan daging ayam dan kentang yang dimasak pedas manis, serta lalapan sayur.

Tinggal menyesuaikan sendiri berapa banyak porsinya dengan harga jual. Yang penting sudah cukup untuk disantap oleh siswa-siswi.

8. Nasi Ayam Suwir Pedas

Jika Anda adalah tipe orang yang menyukai ide-ide anti mainstream, maka bisa menghadirkan makanan pedas buat anak-anak sekolahan. Apalagi kalau makanan pedas tersebut berbahan dasar daging ayam, seolah-olah mereka sudah mendapatkan barang mewah.

Selain cita rasa pedasnya yang bikin nagih, ide jualan nasi di kantin sekolah ini bisa dibanderol seharga Rp. 4.000 per porsi. Ia terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan ayam suwir pedas. Ini sudah menjadi menu yang mantap buat makan siang selama istirahat.

9. Nasi Mika Tahu Pedas

Ide kreatif lainnya untuk menghadirkan menu sarapan lezat dan murah di sekolah adalah nasi mika tahu pedas. Yang menjadi bahan utama di sini adalah tahu.

Tahu dihancurkan sampai lembut, kemudian dimasak dengan bumbu pedas. Nah, tahu inilah yang nantinya dijadikan taburan di atas nasi. Sebagai lauknya, ada telur dadar.

Nantinya, semua bahan tadi ditata di dalam mika. Jangan lupa diberi sedikit sayuran dan saus sachet agar lebih komplit. Dengan isian segini banyaknya, anak-anak pasti merasa tertarik buat membeli.

10. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk betawi adalah menu sarapan yang terdiri dari nasi gurih, potongan telur, kerupuk dan orek tempe atau oseng bihun. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu opsi di kantin sekolah.

Nasi uduk Betawi memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Peminatnya juga sangat banyak, sehingga kemungkinan besar juga laris manis.

11. Nasi Bocil

Sebagai ide jualan nasi di kantin sekolah yang terakhir, ada nasi bocil seharga Rp. 2.000 per porsi. Ya, jajanan ini memang cocok sebagai jajanan murah anak-anak SD.

Nasi dicetak di dalam cup ukuran 50 ml, isi sebanyak 3/4. Siapkan mika ukuran 6A, masukkan selembar sawi, cetakan nasi putih, potongan telur dan oseng mie goreng.

Selain lezat, nasi bocil juga lumayan mengenyangkan bagi anak-anak. Apalagi bentuknya lucu, sehingga menarik perhatian mereka.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai 11 ide jualan nasi di kantin sekolah yang bisa Anda coba. Sebelum memilih menu untuk dijual, selalu perhatikan siapa target pasar Anda. Apakah anak-anak yang memiliki uang saku terbatas, atau mungkin siswa-siswi dengan uang saku yang mencukupi untuk membeli makanan Rp. 5.000 per porsi.

Dengan menyesuaikan harga jual dan siapa yang ingin ditawari, maka kemungkinan besar juga ramai pembeli. Dari sekian banyak menu tersebut, mana yang sekiranya paling menarik buat dicoba? (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "11 Ide Jualan Nasi di Kantin Sekolah Yang Unik dan Laris Manis"