Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Yang Perlu Dikembangkan

Daftar Isi [Tampil]

 4 Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Yang Perlu Dikembangkan




Indonesia adalah salah satu negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang nomor dua di dunia. Negara zamrud khatulistiwa ini memiliki banyak potensi bahari yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi nasional.


Potensi Indonesia sebagai negara maritim harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, dirawat dengan penuh kesadaran hingga bisa diwariskan pada generasi penerus bangsa selanjutnya.


Lebih lengkap mengenai potensi ekonomi maritim Indonesia, simak penjelasan berikut:


Terumbu Karang


Kekayaan bawah laut Indonesia salah satunya adalah terumbu karang. Terumbu karang adalah sekumpulan karang yang memiliki fungsi penting sebagai tempat tinggal alami hewan-hewan laut seperti ikan, gurita, cumi-cumi dan masih banyak lagi. Terumbu karang juga menambahkan keanekaragaman bahari bawah laut. 


Dari segi luas, terumbu karang Indonesia memiliki ukuran 39.582 km2. Belum lagi kekayaan yang ada didalamnya, terdapat lebih dari 590 Jenis karang batu hingga ikan. 


Untuk pemanfaatannya, terumbu karang ini selain menjadi habitat hewan laut, bisa untuk mencegah abrasi, sumber obat-obatan dan sebagainya.


Perikanan


Indonesia juga memiliki potensi maritim disektor perikanan. Menurut data Badan Pusat Statistik, rata-rata Indonesia bisa menghasilkan 6,4 Juta Ton Ikan pertahun. Angka bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri dan bisa di ekspor ke luar negeri. Potensi perikanan Indonesia bersifat lestari alias ikan masih beregenerasi dan penangkapannya tidak Berlebihan.


Perikanan Indonesia adalah sektor penting untuk mendongkrak ekonomi masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Banyak orang menggantungkan nasibnya dari sektor perikanan.


Hutan Mangrove


Indonesia memiliki ekosistem hutan mangrove yang perlu dirawat, karena berperan penting untuk menghindarkan masyarakat pesisir resiko abrasi dan gelombang pasang surut. Secara garis besar, hutan mangrove punya 2 kegunaan yaitu sebagai habitat hewan laut, dimana ikan-ikan bisa berlindung dan berkembang biak di sana.


Sementara dari sisi ekonomi-nya, hutan mangrove bermanfaat bagi masyarakat karena bisa diambil kayunya untuk memasak/membuat arang, masyarakat juga bisa mengambil hewan konsumsi yang terdapat di hutan mangrove.


Rumput Laut


Potensi maritim Indonesia juga bisa terlihat dari hasil rumput lautnya yang melimpah ruah, bahkan hasilnya bisa di ekspor hingga luar negeri. Jenis rumput laut anda Indonesia ada 2 macam yaitu Gracilaria dan Eucheuma Cottonii. Dan banyak manfaat yang bisa diambil dari rumput laut ini.


Seperti sebagai supplement untuk meningkatkan antioksidan, menambah imunitas tubuh, untuk bahan kosmetik, mempercepat penyembuhan luka, bahan dessert dan sebagainya.



Posting Komentar untuk "4 Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Yang Perlu Dikembangkan"