Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Sukses Bisnis Kuliner

Daftar Isi [Tampil]

 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Sukses Bisnis Kuliner


Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang yang banyak peminatnya dan tidak akan pernah surut, karena merupakan salah satu hajat dasar manusia. Apalagi ditengah heterogenitas masyarakat Indonesia yang sangat luas ini. Pelaku usaha kuliner bisa leluasa menarget pasar mulai dari kelas menengah ke bawah, hingga kelas atas.


Namun sama seperti usaha lainnya, bisnis kuliner juga harus dilakukan secara total. Baik secara modal, tenaga dan pikiran . Ketika hal tersebut harus saling berkesinambungan. Menciptakan produk kuliner kreatif, berkualitas dan bisa bersaing dengan kompetitor.


Untuk lebih detailnya, lakukanlah 5 hal pada artikel ini agar sukses menjalani usaha bisnis kuliner:


Mengutamakan Kebersihan


Jagalah kebersihan makanan dan kios tempat kita Berjualan. Jangan sampai makanan/Tempat kotor karena akan dianggap pelanggan sebagai perilaku yang jorok, mereka menjadi tidak nyaman dan akhirnya memilih makan di tempat lain.


Makanan bisa dibuat dari bahan steril yang selalu di cuci dengan air bersih, begitu juga dengan bahan dan bumbunya pasti masih dalam keadaan segar. Untuk tempat, kita bisa menyapunya jangan sampai sampah menumpuk atau jadi tempat hinggapnya lalat.


Promosi


Usaha kuliner perlu disebarluaskan agar masyarakat tahu. Dari sisi tempat, pilihlah tempat strategis seperti di pinggir jalan raya atau area kampus. Jangan lupa memasang banner, informasi menu masakan apa yang kita jual, harganya dan no kontak yang bisa dihubungi.


Berjualan makanan via online juga bisa dengan mendaftar go food/grab food. Kita tinggal memasukkan foto masakan dan Informasi yang diperlukan, jika ada pesanan, nanti akan dikirimkan oleh ojek online.


Menentukan Tarif


Memang benar tujuan utama berbisnis adalah mendapatkan uang, tapi harus diketahui juga untuk memberikan tarif harga yang pantas untuk pelanggan. Tidak terlalu murah agar usaha tidak rugi namun juga tak terlalu mahal agar pelanggan tidak lari. 


Membuat harga yang kompetitif bisa dilakukan dengan mencari supplier bahan makanan grosir yang memberikan harga khusus untuk pelaku usaha. Tingkatkan lagi kualitas cita rasa dan keunikan dari kuliner, yang penting untuk dijadikan nilai jual pada pelanggan.


Lakukan Riset


Riset yang paling mudah bisa mencari menu kuliner apa yang trending di medsos/ YouTube. Kemudian kita membuat menu dari trend tersebut di tambah dengan beberapa kreasi agar, produk kita berbeda dari kompetitor. 


Sasaran bisnis kuliner kekinian bisa menargetkan golongan Milenial, karena mereka senang akan hal baru, update terhadap trend dan memiliki daya konsumtif rata-rata yang tinggi. Jangan lupa, meng-upload foto kuliner photogenic, bila melakukan pemasaran via medsos.


Beri Pelayanan terbaik


Yang terbaik dari apa yang kita miliki, adalah sesuatu yang harus dilakukan bila ingin memenangkan pasar industri kuliner. Pembeli adalah raja, mereka adalah sumber pendapatan sebuah usaha. Dan tiga kita adalah menjaga mereka. Berikan Menu makanan yang lezat, Tempat makan yang layak, sapaan dan senyuman merupakan bagian dari pelayanan yang diinginkan pelanggan.


Hindari seperti memasang wajah jutek, tidak sabar saat berinteraksi dengan pelanggan. karena kalau mereka tidak nyaman, mereka pasti akan pergi.






Posting Komentar untuk "5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Sukses Bisnis Kuliner"