Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Modal Usaha Kewirausahaan Yang Harus Diketahui

Daftar Isi [Tampil]

Sumber Modal Usaha Kewirausahaan Yang Harus Diketahui - Ketika kita membuat bisnis, ada tiga hal yang harus kita pikirkan terlebih dahulu, yaitu :

·         Bagaimana mendapatkan uang dari hasil penjualan,

·         Apa saja yang diperlukan untuk bisa menghasilkan produk yang bisa dijual, dan

·         Berapa modal yang diperlukan dan dari mana memperolehnya. 

 

Modal usaha menjadi hal yang penting. Apa pun ide usaha dan produknya akan kembali ke permasalahan ketersediaan modal usaha beserta sumbernya. Karena modal adalah fondasi awal sebuah usaha yang akan dibangun dan ini yang menjadi problem kebanyakan calon pengusaha. Besarnya modal yang Anda miliki, mempengaruhi besar kecilnya usaha yang akan dibangun.

 

sumber modal usaha kewirausahaan

Sumber Modal Usaha Kewirausahaan

Lalu dari manakah kita bisa mendapatkan sumber modal usaha kewirausahaan untuk membangun sebuah bisnis? 

 

1. Modal Sendiri

Anda bisa memulai bisnis dengan menggunakan modal sendiri, seperti dari tabungan pribadi, fasilitas pribadi, dan barang pribadi. Modal ini bukan hanya untuk memulai bisnis, tapi juga untuk bertahan hidup sebelum bisnis menghasilkan untuk Anda. Tabungan pribadi merupakan sumber yang sederhana tapi sangat bermanfaat sekali. 

Bila Anda karyawan dan merencanakan untuk menjadi pebisnis dengan menggunakan modal sendiri yang berasal dari tabungan pribadi, maka mulailah menabung sejak dini. Selain mengumpulkan uang untuk modal bisnis, siapkan juga dana untuk bertahan hidup selama 3 sampai 6 bulan. Sebenarnya hal ini tergantung kapankah bisnis Anda bisa membiayai kehidupan sehari-hari? 

Anda harus membuat perencanaan bisnis yang memuat target penjualan, target pendapatan dan lainnya. Selain dari tabungan pribadi Anda juga bisa menjual barang pribadi yang kurang produktif dan yang sudah tidak terpakai bisa kita jual. Hal ini bisa membantu dalam permodalan bisnis yang ingin Anda lakukan. 

Anda juga bisa menggunakan fasilitas pribadi sebagai modal. Beberapa fasilitas pribadi yang bisa digunakan untuk modal adalah rumah, tanah ,kendaraan, dan  garasi. Seperti Microsoft yang dimulai dari garasi, bisnis Anda yang dimulai dari garasi bisa saja menjadi besar seperti Microsoft sekarang ini.

 

2. Partnership

Anda bisa menggunakan partnership sebagai sumber modal usaha kewirausahaan untuk mendanai bisnis. Anda bisa melakukan kerja sama dengan pemilik modal lain. Salah satu contoh partnership seperti modal patungan menyediakan lokasi jualan, lokasi kantor, tenaga penjualan, dan fasilitas lainnya. Bahkan Anda bisa berkerja sama dengan saling tukar data base untuk keperluan bisnis. Partnership juga bisa dilakukan dengan pemerintah dengan mendukung salah satu program mereka.

 

3. Pinjaman Bank

Sumber dari bank adalah sumber yang paling populer. Sumber modal yang berupa pinjaman ini bisa diperoleh dari bank atau BPR, namun ada beberapa prosedur yang harus ditaati dalam mengajukan pinjaman di bank.

Pinjaman di bank juga memiliki beban bunga yang harus kita bayarkan, maka dari itu tidak disarankan bagi bisnis yang belum bisa membayar bunganya. Pebisnis pemula juga sulit mendapatkan pinjaman bank karena masih belum dipercaya oleh bank.

 

4. Investor

Syarat utama agar kita bisa mendapatkan modal dari investor adalah business plan kita harus potensial menguntungkan agar investor tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis Anda. Agar mendapatkan modal dari investor, hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah memperbanyak networking. Modal dari investor relatif lebih baik ketimbang bank, karena kita bisa tentukan sendiri untuk sistem profit sharingnya. 

Investor terutama angel investor adalah orang yang bersedia rugi bersama bisnis. Biasanya mereka juga turut membantu bisnis, paling minim dengan jaringan yang dia punya dan pengalamannya. Beda dengan bank yang cenderung tidak peduli mau untung atau tidak bisnis, tetap harus bayar modal yang mereka berikan berserta bunganya. 

 

5. Lomba Bisnis

Sekarang makin banyak lomba yang memberikan hadiah kepada pengusaha yang baru mulai bisnis, bahkan ada yang memberikan hadiah kepada canvas bisnis model saja yang belum terbentuk bisnisnya. Kesempatan ini bisa digunakan para pengusaha pemula untuk mendapatkan modal bisnis. Syarat mendapatkannya hanya perlu memenangkan lomba tersebut. 

Lomba lebih menyenangkan dari investor karena tidak ada sistem profit sharing, biasanya ini merupakan program hibah, CSR bahkan marketing dari suatu perusahaan. Tapi pengusaha jangan bergantung pada modal dari perlombaan ini, cukup satu atau dua kali ikut lomba setelah itu berjuang bertahan hidup dengan dana tersebut. Jangan sampai bisnis lebih banyak dibiayai dari dana lomba ketimbang keuntungan yang dibuat oleh bisnis. 

 

6. Crowdfunding

Crowdfunding mulai marak beberapa tahun belakangan ini. Konsep ini sama seperti patungan usaha, bedanya hanya diakomodasi dengan sebuah Website yang melakukan publikasi ide dan pengumpulan dana. 

Anda bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan orang pendukung untuk mewujudkan bisnis Anda. Sayangnya masih belum ada regulasi untuk Crowdfunding, sekarang sistem ini masih lebih banyak digunakan untuk tujuan sosial ketimbang komersial, atau sebagai sumber modal usaha kewirausahaan utama.

Tanpa ada regulasi yang jelas, bisa menimbulkan kerancuan pada pola pembagian hasil dan tidak ada proteksi seperti lembaga penjaminan simpanan pada bank. Padahal potensi dana yang terkumpul cukup besar dan ini bisa membuka peluang penipuan.

 

Rahasia Sukses Berbisnis Dengan Modal Sendiri

Kita memulai bisnis dengan menggunakan modal sendiri, seperti dari tabungan pribadi, fasilitas pribadi, dan barang pribadi. Modal ini bukan hanya untuk memulai bisnis, tapi juga untuk bertahan hidup sebelum bisnis menghasilkan untuk Anda.

Tabungan pribadi merupakan sumber modal usaha kewirausahaan yang sederhana tapi sangat bermanfaat sekali.  Pada tahap awal pengembangan bisnis pasti banyak pengeluaran yang diperlukan. Jumlahnya tabungan yang Anda siapkan bisa 6-12 x pengeluaran bulanan.

Keuntungan dari menggunakan modal sendiri adalah tidak adanya beban bunga yang harus kita bayarkan. Kelemahan dari modal sendiri ini adalah sumber yang kita miliki terbatas dan tidak besar tergantung dengan apa yang kita punya. Berikut beberapa kiat untuk sukses berbisnis dengan menggunakan modal sendiri : 

 

Tahu Diri

Anda harus tahu diri saat memulai bisnis dengan modal sendiri. Anda harus mengetahui secara pasti keadaan keuangan pribadi. Hal yang sulit dalam memulai bisnis dengan modal sendiri adalah pada saat-saat awal Anda harus melakukan investasi lagi ke dalam bisnis Anda menggunakan gaji yang Anda terima agar bisnis bisa berkembang dengan cepat.

 

Berpikir Jernih Sebelum Melompat

Sebelum melakukan lompatan bisnis, sebaiknya Anda berpikir jernih untuk menganalisis kesiapan bisnis Anda. Keadaan karyawan, sumber daya dan pengalaman harus Anda pikirkan sebelum melakukan ekspansi bisnis.

 

Hemat

Berpikirlah sebelum membeli. Hemat bukan hanya untuk pribadi, tapi juga untuk bisnis Anda. Kemampuan dan kecermatan membeli barang untuk bisnis Anda sangat dibutuhkan di sini. 

 

Mulailah dari Tempat yang Murah

Biaya sewa kantor dan biaya utilitas kantor adalah salah satu komponen biaya yang sangat besar. Cobalah memulai bisnis di garasi rumah atau tempat yang murah bahkan gratis. Hal ini untuk mengurangi pemakaian modal. Kini dengan berjamurnya co-working space, kantor yang bisa digunakan bersama, mempermudah para pebisnis pemula untuk mengurangi biaya sewa kantor.

 

Barter

Cobalah tawarkan barter produk dengan bisnis lainnya, tentunya yang masih setingkat. Contohnya barter produk dengan tiket seminar Anda. Hal tersebut simpel, tapi berarti banyak untuk menjaga keuangan bisnis Anda.

 

Kreatif

Salah satu kunci untuk menjaga bisnis berbiaya rendah adalah dengan menemukan cara yang terjangkau dan kreatif. Misalnya Anda bisa melakukan sebuah seminar dengan tenaga sendiri tanpa bantuan dari EO, dan sebagainya.

 

Mulailah dengan Produk yang Mudah Dijual

Ketika memulai bisnis dengan modal sendiri, fokus bisnis kita pada penjualan atau produksi produk yang mudah dijual. Hal ini bisa membuat bisnis Anda mendapatkan uang dari keuntungan penjualan dengan cepat. Jika modal sudah terkumpul banyak, barulah Anda merambah ke produk lainnya. 

 

Demikianlah bahasan kami mengenai sumber modal usaha kewirausahaan, serta beberapa tips dalam memulai usaha dengan modal sendiri. Mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Sumber Modal Usaha Kewirausahaan Yang Harus Diketahui "