Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pelanggan Loyal Sampai Cinta Mati

Daftar Isi [Tampil]

Cara membuat pelanggan loyal sampai cinta mati, bagaimana caranya ? penting bagi semua pebisnis untuk mengetahui cara meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Cara Membuat Pelanggan Loyal Sampai Cinta Mati

“Pelanggan yang telah cinta mati untuk kita akan bersedia menjadi marketing evangelist bagi produk atau jasa kita”

 

Hermawan kartajaya mengatakan hal tersebut karena beliau ingin menekankan betapa pentingnya membuat pelanggan menjadi loyal sampai cinta mati terhadap produk kita. pelanggan yang sudah cinta mati, evangelist, akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis kita.

 

“Janganlah bekerja keras untuk mendapatkan pelanggan, tapi pelangganlah yang seharusnya bekerja keras untuk Anda.” Kutipan ini merupakan gubahan Yuswohady atas perkataan Robet T. kyosaki “Janganlah bekerja keras untuk mendapatkan uang, tapi uanglah yang seharusnya bekerja keras untuk Anda”.

 

Hal ini bukanlah berarti membuat atau bahkan memaksa pelanggan untuk bekerja kepada kita, tapi kita membuat strategi yang bisa membuat pelanggan menjadi terlibat dalam proses marketing kita. Menurut study Neilsen, 91% pelanggan membeli berdasarkan rekomendasi. Ini berarti pelanggan baru terkonversi karena kontribusi pelanggan yang sudah lama.

Tentunya bukan sekedar pelanggan lama, tapi pelanggan lama yang loyal, seorang evangelist. Pelanggan yang sudah menjadi evangelist bagi bisnis kita. Evangelist identik dengan pelanggan yang loyal. Hal yang penting untuk kita ketahui bahwa loyalitas pelanggan tidak terbentuk dalam waktu yang singkat. Proses pencarian informasi dan berdasarkan pengalaman konsumen dari pembelian yang konsisten.

Orang yang setia terhadap merek memiliki ikatan perasaan yang kuat kepada merek yang biasa mereka beli. Maka penting untuk membuat sebuah komunitas yang memfasilitasi para konsumen yang menjadi brand loyalist Anda.

 

Manfaat Membuat Pelanggan Loyal

Pelanggan yang loyal memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda. Pernah dengar pareto principle? Nama lainnya adalah 80/20 rules. Dalam prinsip tersebut disebutkan bahwa 20% dari pelanggan yang loyal, berkontribusi sebesar 80% dari penjualan produk Anda. Jika mereka hilang karena kurang perhatian dari Anda, maka akan berkurang 80% penjualan produk Anda. Hal ini akan menyulitkan bisnis Anda. Benar tidak?

 

Cara Membuat Pelanggan Loyal

Lalu bagaimanakah cara menciptakan loyalitas konsumen tersebut? Dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun loyalitas konsumen?

Pertama, Anda bisa membuat produk yang berkualitas. Strategi paling mendasar agar konsumen setia dengan produk kita adalah produk harus berkualitas. Buatlah produk yang Anda tawarkan adalah sebuah solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Dengan begitu bisnis Anda akan selalu dicari para konsumen.

Kedua, lakukanlah inovasi. Alasan pelanggan beralih salah satunya karena produk kita tidak berkualitas dan tidak ada inovasi. Karena kebutuhan konsumen selalu berubah maka inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan.

Ketiga, buatlah review yang menarik. Konsumen harus tahu tentang review produk dan kelebihan dibanding pesaing, di sinilah marketing sangat penting. Review produk berpengaruh pada keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Keempat, harga yang sesuai. Harga selalu memegang peranan penting untuk menarik perhatian konsumen sebelum melakukan pembelian. Karena itulah, penting bagi Anda untuk menyesuaikan harga produk yang ditawarkan dengan kualitas produk dan target pasar.

Kelima, berikan layanan yang terbaik. Loyalitas konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan. Maka upayakan untuk selalu mengontrol kualitas pelayanan. Anda harus punya pegawai yang benar-benar andal, sopan, dan juga ramah terhadap pelanggannya. Tak jarang terjadi komplain dari para pelanggan apabila pelayanan yang diberikan kurang memuaskan hati konsumen.

Terakhir, buatlah komunitas. Bangun komunitas merek untuk menciptakan customer loyalty di dalam komunitas. Berikan manfaat yang diperlukan oleh mereka. Dengan begitu, konsumen merasa memiliki keterikatan dengan pelaku bisnis.

Ketika kita memiliki komunitas pelanggan yang solid, maka bisnis kita sejatinya mempunyai potensi yang besar untuk menjadikan pelanggan sebagai evangelist. Mereka akan rela tanpa dibayar untuk membicarakan dan merekomendasikan produk kita. Pelanggan yang loyal tersebut adalah salesman sejati Anda.

 

Kenapa mereka, evangelist, mau melakukan hal tersebut? Karena mereka sudah cinta mati, rasional tidak menjadi pertimbangan utama lagi. Akhirnya tinggal perasaanlah yang membawa mereka memutuskan membeli, mempromosikan, bahkan membela sebuah merek yang dicintai.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai cara membuat pelanggan loyal sampai cinta mati. Semoga bisa membantu dan sukses selalu untuk bisnis Anda (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pelanggan Loyal Sampai Cinta Mati"